Mom
·
14 September 2021 11:06
·
waktu baca 4 menit

Tahap Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Mulai Lancar Bicara hingga Makin Mandiri

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Tahap Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Mulai Lancar Bicara hingga Makin Mandiri (71049)
searchPerbesar
Ilustrasi anak usia 2 tahun bermain bersama. Foto: Freepik
Kali ini, Mama akan berbagi informasi seputar tahap perkembangan anak usia 2 tahun setelah berdiskusi dadakan dengan salah satu teman lama Mama.
ADVERTISEMENT
Hari Minggu kemarin, berawal dari mengucapkan terima kasih atas bingkisan ulang tahun kedua dari anak bungsunya, obrolan kami juga berlanjut dengan pembahasan seputar keajaiban apa saja yang akan ditemukan saat anak mulai memasuki tahun kedua kehidupannya itu.
Nah, biar lebih bermanfaat, khususnya bagi kamu yang juga memiliki anak berusia 2 tahun, yuk sama-sama kita bahas hal-hal menakjubkan dalam tahap perkembangan anak tersebut.
Pembahasan ini Mama kutip langsung dari laman Kids Health dan Centers of Disease Control and Prevention.

Tahap Perkembangan Anak Usia 2 Tahun

Tahap Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Mulai Lancar Bicara hingga Makin Mandiri (71050)
searchPerbesar
Anak usia 2 tahun mencoba makan sendiri. Foto: Pixabay
1. Keterampilan Komunikasi dan Bahasa
Saat memasuki usia 2 tahun, anak akan mengalami perkembangan pesat dari sisi keterampilan komunikasi dan berbahasanya nih, Ma. Mereka mulai dapat mengatakan lebih dari 50 kata.
ADVERTISEMENT
Selain itu, kalimat yang mereka ucapkan juga mulai terdiri dari 2 hingga 4 kata, nih. Yang biasanya cuma manggil “Mama”, saat memasuki usia ini, mereka bisa saja mengatakan “Mama mau makan!”
Menakjubkannya lagi, perkembangan kata-kata itu juga semakin baku, seperti mengatakan “Makan”, alih-alih menyebutnya dengan kata khusus, yaitu “Mamam.”
Si kecil juga akan semakin mengenal nama-nama orang di sekitarnya, bahkan mengikuti instruksi sederhana yang diberikan kepada mereka. Kalau Mama rajin membacakan buku bersama anak, ia akan mulai mampu menunjuk dan menyebutkan apa yang dilihatnya di buku itu.
2. Makin Lancar Berjalan
Tahap Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Mulai Lancar Bicara hingga Makin Mandiri (71051)
searchPerbesar
Ilustrasi anak usia 2 tahun berlari bersama saudaranya. Foto: Pixabay
Anak di usia 2 tahun akan semakin lancar berjalan hingga mampu berjinjit, Ma. Bahkan, kaki-kaki mungil itu sudah bisa belajar menaiki dan menuruni satu per satu anak tangga. Mainan bola yang dimiliki pun akan sudah dapat ditendang, lho.
ADVERTISEMENT
Kita juga bisa mulai mengembangkan kreativitas mereka dalam menggambar karena tangan si kecil di usia ini sudah dapat menorehkan garis ataupun coretan melingkar.
Lebih menakjubkannya lagi, mereka juga sudah mulai bisa makan sendiri karena kontrol tangan dan mulutnya mulai optimal.
3. Perkembangan Sosial dan Emosional
Anak di usia 2 tahun juga akan mengalami perkembangan sosial dan emosional yang signifikan, lho. Mereka akan semakin senang bermain bersama anak-anak lain, meniru orang-orang di sekitarnya, bahkan mulai menggoda para orang tua dengan melakukan hal yang dilarang.
Tahap Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Mulai Lancar Bicara hingga Makin Mandiri (71052)
searchPerbesar
Ilustrasi anak laki-laki bermain bersama. Foto: Freepik
Jadi, bersabar saja yah Ma kalau Mama menyuruh mereka untuk makan dengan sendok, tetapi mereka justru makan menggunakan tangan.
Selain itu, anak-anak kita juga akan menunjukkan kemandirian. Kamu mungkin akan merasa susah menyuapinya karena mereka mulai merasa tertantang untuk melakukan semuanya sendiri, begitu pula saat menyikat gigi ataupun membasahi badan saat mandi.
ADVERTISEMENT
4. Keterampilan Kognitif (Berpikir dan Belajar)
Keterampilan di poin keempat ini enggak terlepas dari beberapa keterampilan sebelumnya, Ma. Di saat kemampuan komunikasi dan bahasanya telah meningkat, anak usia 2 tahun menjadi bisa menyebutkan banyak hal di sekitarnya.
Perintah-perintah yang berisikan 2 langkah bahkan sudah dapat dipahami oleh mereka. Contohnya, “Nak tolong ambil bolanya ya, lalu letakkan di atas keranjang penyimpanan.” Selain itu, mereka juga semakin fasih menyebutkan anggota tubuh dari ujung kepala hingga ujung kaki.
Tahap Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Mulai Lancar Bicara hingga Makin Mandiri (71053)
searchPerbesar
Ilustrasi anak usia 2 tahun pintar bemain balok susun. Foto: Freepik
Waktu bermain yang menyenangkan juga ikut berkembang sehingga Mama-Mama mulai bisa menyajikan pilihan permainan yang lebih edukatif, seperti pemecahan masalah melalui puzzle, balok susun, ataupun permainan peran, seperti berpura-pura menjadi dokter.
Kita juga bisa mulai memperkenalkan buku anak untuk belajar membaca dan menulis karena di tahun keduanya ini mereka telah berkemampuan melengkapi kalimat-kalimat sederhana yang akrab dengan kesehariannya.
ADVERTISEMENT
Itu dia Ma, tahapan perkembangan anak usia 2 tahun yang semakin menakjubkan dan semakin memperlihatkan kemandirian. Tapi perlu diingat ya, setiap anak itu berkembang dengan kecepatannya masing-masing.
Lalu, meskipun berbeda di antara satu sama lain, ada beberapa hal yang harus kita waspadai nih, Ma. Bila kamu menemukan beberapa ciri di bawah ini, jangan sungkan untuk segera berkunjung dan berkonsultasi kepada dokter, ya.
Tahap Perkembangan Anak Usia 2 Tahun, Mulai Lancar Bicara hingga Makin Mandiri (71054)
searchPerbesar
Ilustrasi anak usia 2 tahun makan sendiri. Foto: Freepik
  • Anak tidak berjalan dengan mantap atau selalu berjalan dengan ujung jari kaki.
  • Anak tidak berbicara atau hanya membuat suara vokal tanpa konsonan dan kata-kata yang jelas.
  • Anak tidak mengekspresikan emosi dalam menanggapi orang lain atau lingkungan.
  • Anak tidak terlibat dalam permainan peran atau permainan berpura-pura.
  • Anak membuat kontak mata terbatas.
  • Anak tidak mengikuti instruksi sederhana.
ADVERTISEMENT
Ciri-ciri di atas penting untuk diamati dalam memastikan keadaan anak kita, entah mereka mengalami keterlambatan perkembangan atau masalah-masalah lain yang mengkhawatirkan.
Namun, semoga saja enggak ada hal yang semengkhawatirkan itu, ya. Mama doakan semoga si kecil selalu tumbuh dan berkembang dengan sehat!
(TMA)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white