Mom
·
11 September 2021 20:03
·
waktu baca 3 menit

Tanda Janin Stres, Perhatikan Beberapa Gejala Ini

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Tanda Janin Stres, Perhatikan Beberapa Gejala Ini (77942)
searchPerbesar
Ilustrasi tanda janin stres (Sumber: Unsplash)
Buat Mama-Mama yang kini sedang mengandung, apakah kamu sudah mengetahui tanda janin stres? Pasalnya hal ini menandakan adanya kondisi kehamilan yang kurang baik loh!
ADVERTISEMENT
Mama kirain hanya orang dewasa aja yang bisa stres. Eh rupanya bayi dalam kandungan juga mengalami stres. Mama ingat, hal ini disampaikan oleh dokter kandungan Mama pada saat Mama mengandung.
Mama-Mama yang sedang mengandung tentunya mengharapkan kehamilan yang sehat dong sampai waktunya melahirkan kelak. Akan tetapi kadang segala sesuatunya bisa berjalan tidak sesuai dengan harapan. Salah satunya janin yang stres dalam rahim ini.
Lantas apa saja sih tanda janin stres? Berikut beberapa gejalanya yang bisa kamu kenali Ma. Simak selengkapnya di sini ya yang telah Mama rangkum dari laman HIE Help Center.

Tanda Janin Stres yang Perlu Diwaspadai

1. Gerakan Janin Menurun
Tanda Janin Stres, Perhatikan Beberapa Gejala Ini (77943)
searchPerbesar
Ilustrasi tanda janin stres (Sumber: Unsplash)
Gerakan janin merupakan salah satu tanda penting bahwa janin dalam keadaan sehat. Umumnya gerakan pada janin ini mulai terasa sekitar minggu ke 20 kehamilan.
ADVERTISEMENT
Ketika janin yang biasanya aktif bergerak, lalu mendadak ada penurunan frekuensi, perlu kamu waspadai nih. Pasalnya gerakan perubahan pada janin ini dapat mengindikasikan kondisi yang tidak baik dalam kandungan.
Cobalah untuk menghitung pergerakan janin untuk memastikan kondisinya. Jika sampai 6 jam berikutnya gerakan janin terus menurun. Jangan ragu untuk segera menghubungi dokter ya Ma!
2. Kram yang Berlangsung Terus Menerus
Kram memang merupakan hal yang wajah terjadi selama kehamilan. Namun apabila kram ini terjadi terus menerus dan sering ditambah dengan adanya nyeri punggung. Saatnya kamu berhati-hati nih Ma! Bisa jadi ini merupakan tanda bahwa janin sedang stres.
Tak masalah untuk melakukan konsultasi dengan dokter apabila dirasa ada kondisi abnormal pada janin. Dengan melakukan deteksi sejak dini membuat penanganan buat bumil dan janin bisa dilakukan secara efektif.
ADVERTISEMENT
3. Terjadinya Pendarahan
Pendarahan pada saat awal kehamilan merupakan hal yang wajar. Pendarahan pada vagina ini bisa berkaitan dengan kondisi plasenta previa dan vasa previa. Akan tetapi jika pendarahan ini dialami saat usia kehamilan tua, bisa jadi ini salah satu tanda janin stres.
4. Detak Jantung Janin Menurun
Penurunan detak jantung juga bisa jadi pertanda janin sedang stres. Kamu bisa memonitor detak jantung bayi ini pada saat pemeriksaan USG.
Biasanya hitungan detak jantung yang normal antara 160 per menit. Apabila didapati angka detak jantung yang lebih tinggi maupun lebih rendah, biasanya dokter akan melakukan observasi untuk penanganan lebih lanjut.
5. Mengalami Kenaikan Berat Badan yang Berlebih saat Hamil
Tanda Janin Stres, Perhatikan Beberapa Gejala Ini (77944)
searchPerbesar
Ilustrasi tanda janin stres (Sumber: Unsplash)
Ibu hamil pastinya akan mengalami kenaikan berat badan selama mengandung. Penambahan bobot badan yang wajar pada saat kehamilan adalah sekitar 18 kilogram.
ADVERTISEMENT
Namun apabila bumil mengalami penambahan berat badan yang berlebihan, bisa menjadi pertanda munculnya komplikasi kehamilan bagimu. Komplikasi saat kehamilan ini bisa berdampak buruk dan berisiko membuat kondisi janin menjadi stres.
6. Air Ketuban Tiba-tiba Merembes
Cairan ketuban yang mendadak merembes dan keluar sebelum waktunya kontraksi dimulai, bisa mengindikasikan janin dalam keadaan stres. Kamu boleh segera mendatangi dokter kandungan terdekat untuk memeriksakan kondisi seperti ini.
7. Tekanan Darah Tinggi
Coba cek apakah kamu mengalami tekanan darah tinggi saat mengandung? Jika iya, kondisi seperti ini patut diwaspadai nih. Pasalnya hal ini bisa menandakan janin yang stres dalam kandungan.
Hal ini harus segera ditangani agar tidak terjadi preeklamsia. Seperti yang diketahui, kondisi preeklamsia bisa menyebabkan janin kekurangan oksigen dan sangat berbahaya bagimu serta bayi di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Demikianlah beberapa tanda janin stres yang perlu kamu ketahui. Kalau kamu mengalami beberapa gejala di atas, jangan tunda untuk segera memeriksakannya ke dokter kandungan ya!
Apa itu preeklamsia?
chevron-down
Kapan janin biasanya mulai aktif bergerak?
chevron-down
Berapa penambahan berat badan rata-rata pada ibu hamil?
chevron-down
(AN)
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white