Mom
·
9 Juni 2021 9:16
·
waktu baca 3 menit

Vitamin untuk Ibu Hamil 1 Bulan, Apa Saja?

Konten ini diproduksi oleh Mama Rempong
Vitamin untuk Ibu Hamil 1 Bulan, Apa Saja?  (161875)
llustrasi Vitamin untuk Ibu Hamil 1 Bulan. Foto: Freepik
Vitamin untuk ibu hamil 1 bulan jadi salah satu pertanyaan yang Mama tanyakan saat memeriksakan kandungan. Tentunya, hal itu Mama tanyakan karena ingin memberikan asupan terbaik untuk anak di dalam kandungan. Mama mau dia tumbuh sehat dan mengoptimalkan kecerdasannya sejak di dalam kandungan.
ADVERTISEMENT
Mama-Mama juga mengingkan hal yang sama, kan?
Waktu itu, Mama bertanya ke dokter terkait kebutuhan vitamin yang diperlukan selama kehamilan yang menginjak usia 1 bulan. Dokter kandungan Mama menyebutkan bahwa vitamin-vitamin yang sebaiknya rajin Mama konsumsi adalah vitamin C, Vitamin B6, Vitamin B12, Vitamin D, dan Vitamin E.
Biar lebih jelas, Mama akan memberikan uraian selengkapnya di bawah ini, Ma.

5 Vitamin untuk Ibu Hamil 1 Bulan yang Wajib Dikonsumsi

1. Vitamin C
Vitamin untuk Ibu Hamil 1 Bulan, Apa Saja?  (161876)
Ilustrasi Sumber Vitamin C. Foto: Freepik
Asupan vitamin C untuk ibu hamil bisa didapat dari banyak jenis makanan Ma, khususnya sayur dan buah. Beberapa di antaranya yang mudah untuk ditemukan adalah jeruk, stroberi, tomat, kentang, dan masih banyak lagi yang lainnya, Ma.
Melalui vitamin C ini, kekebalan tubuh Mama-Mama di kehamilan 1 bulan akan terjaga. Selain itu, juga ikut membantu pembentukan kolagen dalam tubuh Mama dan bayi di kandungan. Sebaliknya jika asupan vitamin C enggak tercukupi, tubuh Mama-Mama saat sedang hamil akan cenderung lemas dan mudah lelah.
ADVERTISEMENT
2. Vitamin B6
Vitamin satu ini enggak kalah punya banyak manfaat untuk ibu hamil, Ma. Salah satu yang paling menonjol adalah peran vitamin B6 untuk menunjang produksi sel darah merah dan juga menjaga kesehatan otak dan saraf.
Dalam tubuh ibu hamil, vitamin ini berperan dalam membentuk organ tubuh janin. Selain itu, vitamin B6 juga penting banget dalam menjaga kesehatan tumbuh kembang janin. Ia juga akan mencegah penyakit anemia menyerang ibu hamil dan meredakan mual.
Vitamin untuk Ibu Hamil 1 Bulan, Apa Saja?  (161877)
Ilustrasi Sumber Vitamin B6. Foto: Freepik
Vitamin B6 bisa Mama-Mama peroleh dari makanan, seperti kacang-kacangan, ikan, daging, buah-buahan, serta sayur-sayuran. Buah yang memiliki banyak kandungan vitamin B6 di antaranya adalah pisang, alpukat, dan semangka. Sementara sayuran, di antaranya adalah kentang, bawang, dan sayur hijau seperti bayam.
ADVERTISEMENT
3. Vitamin B12
Hampir mirip dengan vitamin B6, vitamin B12 juga enggak kalah penting Ma untuk pembentukan sel darah dan menjaga tumbuh kembang janin saat usia kehamilan Mama-Mama memasuki usia 1 bulan. Vitamin B12 ini dapat berperan dalam pembentukan DNA.
Vitamin untuk Ibu Hamil 1 Bulan, Apa Saja?  (161878)
Ilustrasi Sumber Vitamin B12. Foto: Freepik
Mama-Mama bisa memperoleh vitamin B12 dari banyak jenis makanan. Bisa dari daging sapi, hati, serta makanan laut, seperti kerang dan ikan. Telur serta produk olahan susu juga menjadi salah satu jenis makanan yang kaya vitamin B12, Ma.
4. Vitamin D
Vitamin D dikenal dengan vitamin yang bermanfaat banyak buat ibu hamil nih, Ma. Vitamin D dapat membantu pertumbuhan gigi dan tulang bayi. Ia dapat mengatur jumlah kalsium dan fosfat yang ada di dalam tubuh Mama-Mama yang sedang hamil. Selain itu, vitamin D juga bisa menurunkan risiko beberapa penyakit menyerang tubuh Mama-Mama, seperti diabetes gestasional dan tekanan darah tinggi.
Vitamin untuk Ibu Hamil 1 Bulan, Apa Saja?  (161879)
Ilustrasi Sumber Vitamin D. Foto: Freepik
Vitamin D dapat diperoleh dari mengonsumsi makanan, seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan tongkol, ikan tenggiri, susu, dan keju.
ADVERTISEMENT
5. Vitamin E
Vitamin selanjutnya yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil 1 bulan adalah vitamin E. Vitamin ini bisa Mama-Mama dapatkan dari alpukat, kacang-kacangan, minyak kelapa, minyak zaitun, sayur-sayuran, dan makanan hasil olahan gandum utuh.
Vitamin E berperan di dalam tubuh ibu hamil untuk meningkatkan kekebalan tubuh, memperlancar sirkulasi darah, menjaga kesehatan jantung dan mata, serta juga berperan penting dalam menjaga gula darah.
Vitamin untuk Ibu Hamil 1 Bulan, Apa Saja?  (161880)
Ilustrasi Sumber Vitamin E. Foto: Freepik
Itu dia Ma, informasi seputar vitamin-vitamin yang penting untuk dikonsumsi selama kehamilan, khususnya untuk usia kehamilan 1 bulan. Pembentukan janin di dalam tubuh ibu hamil memerlukan asupan yang mengandung vitamin-vitamin tersebut.
Mama-mama bisa mendapatkan vitamin-vitamin tersebut dari mengonsumsi makanan. Tapi, bisa juga dokter meresepkan vitamin-vitamin di atas bila dirasa Anda membutuhkannya.
ADVERTISEMENT
(TMA)