Alfamidi Gandeng AJI Bersihkan Sampah di Pesisir Pantai Manado, Peringati HPSN

Konten Media Partner
27 Februari 2024 20:01 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Kegiatan bersih pantai Alfamidi-AJI Manado di Pantai Karangria, Kota Manado, Sulawesi Utara, dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, Selasa (27/2)
zoom-in-whitePerbesar
Kegiatan bersih pantai Alfamidi-AJI Manado di Pantai Karangria, Kota Manado, Sulawesi Utara, dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, Selasa (27/2)
ADVERTISEMENT
MANADO - Momen peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN), Alfamidi menggandeng Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Manado dan komunitas Mahasiswa Pecinta Alam, untuk melakukan bersih-bersih sampah di pesisir pantai Karangria Manado, Selasa (27/2).
ADVERTISEMENT
Program tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan atau Corporate Social Responsibility (CSR) ini, menunjukkan kepedulian Alfamidi terhadap lingkungan.
Pada kegiatan ini, puluhan karyawan Alfamidi bersama dengan anggota AJI Manado dan mahasiswa, tampak semangat memungut sampah yang ada di sepanjang pesisir pantai tersebut.
Walaupun sempat diguyur hujan, tak membuat semangat para peserta kegiatan menjadi redup. Terbukti ada 429 kilogram sampah yang berhasil diangkat. 7,5 kilogram sampah di antaranya, kemudian dipilah untuk dibawa ke Bank Sampah untuk di daur ulang.
“Hari ini kami meluangkan waktu datang ke sini membersihkan sampah plastik di Pantai Karang Ria, diikuti juga teman-teman media dari AJI dan mahasiswa,” ujar Branch Manager Alfamidi Manado, Achmad Basuki.
Achmad mengatakan, kepedulian terhadap lingkungan tidak hanya menjadi urusan pemerintah tetapi juga lewat kolaborasi bersama dengan semua lapisan masyarakat. Menurutnya, menjaga lingkungan adalah tanggung jawab bersama.
ADVERTISEMENT
Menurutnya, lewat kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi semua kalangan agar lebih peduli terhadap lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
Peserta kegiatan bersih-bersih pantai yang digagas Alfamidi-AJI Manado dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, Selasa (27/2).
“Pantai ini bagus, juga jadi tempat rekreasi. Kalau pantainya bersih masyarakat juga akan dapat manfaatnya,” ujarnya.
Seperti diketahui, tak hanya sebagai tempat tambatan perahu nelayan, pantai Karangria juga menjadi objek wisata yang dekat dengan pusat perekonomian, yang juga dekat dengan jembatan Soekarno yang menjadi salah satu ikon Kota Manado.
“Harapan kami, kegiatan ini bisa menjadi teladan bagi semua kalangan masyarakat bahwa penting sekali menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” kata Achmad kembali.
Kabid PSLB3 Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Manado, Lieke Kembuan, memberikan apresiasi ke kegiatan tersebut. Menurutnya, kegiatan yang digagas Alfamidi dan AJI Manado dalam rangka Hari Peduli Sampah Nasional, diharapkan bisa menjadi contoh bagi pelaku usaha lainnya untuk peduli lingkungan.
ADVERTISEMENT
Lieke mengatakan, tema Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2024 ini adalah 'Atasi Sampah Plastik dengan Cara Produktif', sangat tepat dengan kegiatan yang dilakukan oleh Alfamidi yang punya sense baik untuk lingkungan.
"Sebenarnya sampah ini bernilai, tinggal bagaimana masyarakat melakukan pemilahan dari rumah. Kemudian, diberikan ke Bank sampah terdekat. Untuk kegiatan ini saya berterima kasih untuk Alfamidi dan rekan-rekan wartawan yang tergabung di AJI Manado," ujarnya kembali.
Sementara, Ketua AJI Manado, Fransiskus Marcelino Talokon, mengatakan keterlibatan AJI dalam isu-isu lingkungan sudah lama dilakukan. Menurutnya, jurnalis bukan sekedar menulis, tapi juga bertindak dalam menjaga dan melestarikan lingkungan.
"Melakukan pembersihan sampah di pantai Karangria Manado ini tentunya memiliki dampak yang baik bagi masyarakat sekitar, baik itu dari segi kesehatan dan juga ekonomi," kata Fransiskus.
ADVERTISEMENT
manadobacirita