Cerita Basarnas Saat Pencarian Pemuda yang Diterkam Buaya di Perairan Bolsel

Konten Media Partner
25 Maret 2023 11:01 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Petugas basarnas saat melakukan pencarian korban pemuda diterkam buaya di muara sungai Pinolosian, Kabupaten Bolsel, Sulawesi Utara.
zoom-in-whitePerbesar
Petugas basarnas saat melakukan pencarian korban pemuda diterkam buaya di muara sungai Pinolosian, Kabupaten Bolsel, Sulawesi Utara.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
BOLSEL - Seorang pemuda bernama Ilham Bonde (20) asal Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel), Sulawesi Utara (Sulut), meninggal dunia diterkam buaya saat sedang mencari ikan di muara sungai Pinolosian, Kamis (23/3) malam hari.
ADVERTISEMENT
Pencarian pun dilakukan oleh tim Basarnas bersama dengan sejumlah potensi SAR, di mana akhirnya Jumat (24/3) sekitar pukul 10.00 Wita berhasil ditemukan tidak jauh dari lokasi kejadian.
Korban pada waktu ditemukan, posisinya masih di dalam air, tepatnya di tengah-tengah antara dasar dan permukaan air.
Sementara, diceritakan oleh Koordinator Basarnas Pos Kotamobagu, Sisko, saat pencarian tersebut tim harus menghadapi kenyataan jika di lokasi korban dipenuhi dengan buaya.
"Pada saat pencarian mengalami kendala, karena banyaknya buaya yang berkeliaran di sekitar lokasi kejadian. Jadi kami merasa was-was, baik itu tim SAR gabungan dan masyarakat yang ikut mencari," kata Sisko.
Menurut Sisko, akhirnya mereka bersepakat agar pada saat pencarian dengan cara penyelaman, ada satu orang yang khusus ditugaskan untuk melihat di sekeliling lokasi apakah ada buaya yang datang atau tidak. Hal ini penting agar mewaspadai dini jika ada serangan buaya.
ADVERTISEMENT
"Apabila ada kemunculan buaya, satu orang yang ditugaskan ini harus secepatnya memberi tahu agar semua aktivitas dihentikan. Ini juga demi keselamatan orang yang bertugas menyelam," kata Sisko.
Beruntung, akhirnya setelah tiga jam pencarian pada Jumat (24/3) atau tepatnya pukul 10.00 Wita, korban berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal dunia terkena gigitan buaya.
"Korban langsung dievakuasi dan dibawa ke rumah duka untuk disemayamkan," kata Sisko kembali.
manadobacirita