Dinsos Sulut Lakukan Monev Bansos Permakanan untuk Panti Penyandang Disabilitas

Konten Media Partner
16 November 2022 10:20
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Utara saat melakukan wawancara terkait Bansos Permakanan penyandang disabilitas di salah satu panti di Kota Manado.
ADVERTISEMENT
MANADO - Dinas Sosial (Dinsos) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Bantuan Sosial (Bansos) Permakanan penyandang disabilitas dalam panti.
ADVERTISEMENT
Kegiatan ini sendiri merupakan bentuk pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Sulut terhadap program kegiatan di bidang rehabilitasi sosial penyandang disabilitas yang menggunakan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
Sekretaris Dinsos, dr Merry Mawardi yang didampingi Kasie Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas, Muhammad Subhan Langga, dalam kegiatan ini melakukan wawancara dengan para pengurus panti, terkait dengan Bansos Permakanan yang telah diterima beberapa bulan sebelumnya.
Tim dari Dinas Sosial yang melakukan monitoring dan evaluasi
"Ini adalah tanggung jawab dari Dinsos untuk melakukan evaluasi dan monitoring bantuan yang diberikan dari APBD. Kami ingin agar semua sesuai aturan dan tepat sasaran," kata Merry.
Dijelaskan Merry, Bansos Permakanan sendiri merupakan upaya pemenuhan kebutuhan dasar bagi Pemerlu Pelayanan Kesejahteraan Sosial (PPKS) di dalam panti disabilitas.
ADVERTISEMENT
Diungkapkan Merry, pemberian Bansos ini sesuai dengan Peraturan Mensos (Permensos) nomor 9 tahun 2018 tentang standar teknis pelayanan dasar pada standar pelayanan minimal Bidang Sosial di daerah Provinsi dan Kabupaten serta Kota.
Di mana dalam aturan tersebut dijelaskan jika Pemerintah Provinsi berkewajiban dalam pemenuhan kebutuhan dasar penyandang disabilitas di dalam panti atau LKS.
"Tentunya Pemerintah Provinsi ingin mewujudkan amanah dari peraturan tersebut. Untuk itu kami terus melakukan monitoring dan evaluasi penyalurannya. Dan sesuai catatan, Panti yang terdaftar di Dinsos Sulut itu ada 11 panti," kata Merry kembali.
manadobacirita