Konten Media Partner

DPRD Sulut Gelar Rapat Paripurna Peringati HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Utara

30 September 2023 8:02 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua DPRD Sulawesi Utara, Fransiscus Andi Silangen saat memimpin rapat paripurna istimewa HUT ke-59 Provinsi Sulut.
zoom-in-whitePerbesar
Ketua DPRD Sulawesi Utara, Fransiscus Andi Silangen saat memimpin rapat paripurna istimewa HUT ke-59 Provinsi Sulut.
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
MANADO - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Sulawesi Utara (Sulut) menggelar rapat paripurna dalam rangka memperingati HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Utara, Sabtu (23/9).
ADVERTISEMENT
Rapat paripurna dipimpin oleh Ketua DPRD dr. Fransiscus Andi Silangen, Sp.B, KBD., didampingi Wakil Ketua, James Arthur Kojongian dan Billy Lombok. Agenda ini juga dihadiri Gubernur Sulut Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw.
Foto bersama para kepala daerah di Sulawesi Utara selepas Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sulawesi Utara.
Paripurna dibuka dengan ucapan selamat kepada Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, karena telah menerima Gelar Doktor Kehormatan atau Honoris Causa dari Universitas Sam Ratulangi Manado di Bidang Ilmu Manajemen.
Ketua DPRD Sulut, Fransiscus Andi Silangen, juga menyampaikan apresiasi atas penghargaan yang sudah didapat Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulut di bawah kepemimpinan Olly Dondokambey dan Steven Kandouw, seperti BKN Award 2023, Universal Health Coverege oleh Wakil Presiden RI K.H. Ma'ruf Amin, PPKM Award, serta penghargaan lainnya.
"Kinerja paripurna dari pemimpin daerah kita yang luar biasa ini tentunya menginspirasi DPRD untuk terus berkarya bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat Sulawesi Utara tercinta melalui optimalisasi tugas pokok dan fungsi DPRD," kata Fransiscus.
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, memberikan sambutan pada Rapat Paripurna Istimewa DPRD Sulut
Sementara itu, Gubernur dalam sambutannya mengatakan kebersamaan yang solid antara pemerintah dan DPRD telah menjadi kekuatan dalam menjalankan tugas dan menghadapi berbagai tantangan besar untuk mencapai tujuan luhur yang dicita-citakan.
Suasana rapat paripurna DPRD Sulut terkait HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Utara
Menurut Olly, dalam perjalanan Sulut sampai hari ini, pihaknya menyadari bahwa sinergisitas yang sudah terjalin harus mampu menjadi pondasi utama dalam penyelenggaraan pemerintahan, berbagai kegiatan pembangunan, serta dinamika kehidupan bermasyarakat.
ADVERTISEMENT
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey, memberikan sambutan pada rapat paripurna istimewa
"Kebersamaan ini mencerminkan semangat gotong royong dan solidaritas di antara masyarakat, pemimpin, dan seluruh komponen pembangunan di Sulawesi Utara," katanya.
Olly menyampaikan jika pembangunan sejak tahun 2016 menunjukkan progress positif dan selalu lebih baik dari capaian rata-rata nasional, meskipun pernah menghadapi pandemi COVID-19.
Pimpinan DPRD Sulawesi Utara bersama Gubernur dan Wakil Gubernur
“Menurut data BPS tahun 2023 menunjukkan bahwa banyak perbaikan-perbaikan yang selama ini kita hadapi termasuk pertumbuhan ekonomi, inflasi, persentase kemiskinan dapat ditekan, dan semua itu menjadi keberhasilan dari kinerja bersama pemerintah dan masyarakat serta seluruh stakeholder yang ada," ujar Olly.
“Tapi, kita tetap harus lebih waspada dan kita harus lebih aktif dalam rangka menjaga pertumbuhan ekonomi yang ada di Provinsi Sulawesi Utara,” katanya lagi.
Foto bersama selepas Rapat Paripurna Istimewa
Olly kemudian berpesan tentang pertumbuhan ekonomi tersebut bisa dijaga dengan sama-sama bekerja. Olly kemudian menyentil budaya yang sudah ditinggalkan oleh leluhur yaitu budaya mapalus atau gotong royong, dengan meningkatkan kedaulatan pangan lewat program 'mari jo torang ba kobong'.
Suasana rapat paripurna istimewa DPRD Sulut terkait HUT ke-59 Provinsi Sulawesi Utara.
Rapat paripurna ini dihadiri anggota DPR RI dan DPD RI Dapil Sulut, eks Gubernur dan Wakil Gubernur, beberapa Konsulat RI, Forkopimda Sulut, pimpinan KPU dan Bawaslu Sulut, pimpinan perguruan tinggi, para pejabat instansi pusat, Sekprov Steve Kepel dan pejabat eselon Pemprov Sulut, Sekwan Sandra Moniaga, pimpinan daerah tingkat II.
ADVERTISEMENT
ivo/