kumparan
18 Mar 2019 23:12 WIB

Hanya 5 SMP di Manado yang Punya Fasilitas Penunjang UNBK

Simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMP di salah satu sekolah di Batam (foto:istimewa)
KESIAPAN Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kota Manado untuk mengikuti Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), ternyata belum maksimal. Hal ini berdasarkan belum lengkapnya peralatan penunjang UNBK di seluruh sekolah di Kota Manado.
ADVERTISEMENT
Tercatat baru ada 5 sekolah negeri yang secara mandiri melaksanakan UNBK dari 16 SMP dan Madrasah Tsanawiyah Negeri yang ada di Kota Manado.
"Yang melaksanakan secara mandiri adalah SMP Negeri 1, 8, 10, 12 dan 13. Mereka menggunakan gedung dan alat milik sendiri. Sementara yang lain akan bergabung," kata Kepala Bidang Pembinaan SMP Dinas Pendidikan Kota Manado, Jongke Mogontha, Senin (19/3).
Menurutnya, untuk tahun 2019 ini, tidak ada lagi SMP yang tidak mengikuti UNBK, dimana untuk yang tidak memiliki gedung dan fasilitas komputer sendiri, akan bergabung dengan sekolah-sekolah yang telah siap.
"Tahun ajaran 2018/2019 ini adalah tahun pertama seluruh sekolah ikut UNBK. Oleh karena itu, tahun depan kami harap seluruh SMP sudah melaksanakan UNBK secara mandiri di masing-masing sekolah," kata Mogontha kembali.
ADVERTISEMENT
Sementara, jumlah siswa peserta UNBK nanti dari tingkat SMP negeri sebanyak 3.690 orang.
ridwan (kontributor)
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan