Ini Rekomendasi yang Diperoleh dari DKU Wilayah Timur yang Digelar KuPP

Konten Media Partner
24 September 2023 22:13 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Pelaksanaan Dengar Keterangan Umum (DKU) wilayah timur yang digelar di Kota Manado, Sulawesi Utara.
ADVERTISEMENT
MANADO - Dengar Keterangan Umum (DKU) pencegahan penyiksaan dan perlakuan atau penghukuman lain yang kejam, tidak manusiawi atau merendahkan martabat manusia wilayah Timur yang digelar oleh Kerja sama untuk Pencegahan Penyiksaan (KuPP), berhasil membuat sejumlah rekomendasi.
ADVERTISEMENT
Rekomendasi ini merupakan hasil tim komisioner Inkuiri DKU wilayah Timur meliputi Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Sulawesi Selatan (Sulsel), Sulawesi Tengah (Sulteng), Maluku Barat Daya dan Papua, selama menggelar DKU di Kota Manado, 19-21 September 2023.
Komisioner Inkuiri DKU Wilayah Timur, Rainy Hutabarat, mengatakan ada lima rekomendasi yang dihasilkan, setelah mereka mendengarkan dan menggali delapan kasus dugaan penyiksaan (torture) dan perlakuan buruk (ill-treatment) yang mencakup kasus dugaan penyiksaan dan atau termasuk penyiksaan berbasis gender dan pelanggaran HAM berat masa lalu serta pelanggaran hak-hak lainnya.
"DKU wilayah Timur mencatat secara khusus, hambatan pemeriksaan kepada korban berusia anak dengan disabilitas ganda fisik dan intelektual untuk penanganan secara hukum dan pemenuhan hak setara di hadapan hukum bagi korban," ujar Rainy.
ADVERTISEMENT
Selain itu, juga ditemukan hambatan yang dialami korban dan keluarganya dalam mengakses informasi terkait hasil visum, otopsi, dan penghentian penanganan kasus.
"Umumnya hak atas pemulihan komprehensif (fisik maupun psikis) bagi para korban usia dewasa, anak, penyandang disabilitas dan keluarga terdampak tidak dipenuhi," katanya.
Adapun 5 rekomendasi yang didapat pada DKU wilayah timur ini adalah:
ADVERTISEMENT
manadobacirita