News26 Oktober 2019 14:14

Jerry Sambuaga, Gagal ke Senayan, Kini Jadi Wamendag

Konten Redaksi Manado Bacirita
Jerry Sambuaga, Gagal ke Senayan, Kini Jadi Wamendag (10892)
Jerry Sambuaga
Nama Jerry Sambuaga pertama kali muncul saat heboh Bupati Minahasa Selatan, Christania Eugenia Paruntu atau akrab disapa Tetty Paruntu, terjegal untuk masuk kabinet Presiden Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin.
ADVERTISEMENT
Waktu itu, Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartato, menyebut jika Tetty yang sudah menggunakan baju putih ke istana, justru tak diajukan partainya. Menurut Airlangga, Jerry Sambuaga adalah orang yang diajukan Golkar jika kabinet membutuhkan orang dari Sulawesi Utara.
Benar saja, ketika Presiden Joko Widodo memilih 14 wakil menteri, Jerry Sambuaga didaulat sebagai wakil menteri Perdagangan mendampingi Menteri Agus Suparmanto.
Dilantiknya mantan juru bicara Basuki Tjahaja Purnama saat Pemilihan Gubernur Jakarta ini, sekaligus menghapus kekecewaannya saat Pemilihan Legislatif lalu, ketika harus gagal ke Senayan, di mana perolehan suaranya kalah tipis dari Adrian J Paruntu, anak dari Tetty Paruntu.
Jerry Sambuaga lahir di Jakarta, 2 Juli 1985, merupakan Calon Doktor Politik di Universitas Indonesia. Sebelumnya, Jerry mengenyam pendidikan strata 1 dengan gelar Bachelor of Arts in Politics di University of San Fransisco. Selepas itu, Jerry melanjutkan kuliah masternya dengan mengambil konsentrasi International Affairs in International Security Policy di Columbia University.
ADVERTISEMENT
Kembali ke Tanah Air, Jerry aktif menjadi dosen Politik dan Hubungan Internasional di sejumlah Universitas di Indonesia. Beberapa universitas yang menggunakan jasanya adalah Universitas Sam Ratulangi, Universitas Pelita Harapan, Universitas Paramadina dan menjadi dosen luar biasa di Universitas Indonesia.
Pada Juli 2018, Jerry dilantik sebagai anggota DPR RI Pergantian Antar Waktu masa jabatan 2014-2019 menggantikan Aditya Anugerah Moha yang tersandung kasus suap terhadap jaksa. Jerry duduk di Komisi I.
Walaupun masih berusia muda, Jerry Sambuaga memiliki banyak tulisan tentang politik dan hukum yang telah dimuat di sejumlah media massa. Dirinya pun merangkum tulisannya tersebut menjadi buku berjudul Catatan Jerry Sambuaga.
Keluarga Jerry Sambuaga sendiri bukan orang biasa. Ayahnya, Theo L Sambuaga adalah politisi senior Partai Golkar yang pernah menjabat sebagai Menteri Negara Perumahan Rakyat dan Permukiman dalam kabinet pemerintahan Presiden Soeharto-BJ Habibie.
ADVERTISEMENT
Setelah pecah Reformasi, Theo L Sambuaga kemudian diangkat Presiden BJ Habibie sebagai Menteri Tenaga Kerja, walaupun hanya bertahan selama 3 bulan. Theo kini merupakan Presiden Komisaris PT. Lippo Cikarang.
Jerry Sambuaga sendiri oleh Presiden Joko Widodo diberikan tugas untuk menggunakan jejaringnya yang luas di dunia internasional, agar membantu menyelesaikan perjanjian dagang internasional.
"Beliau akan memberikan back up penuh agar perjanjian perdagangan dengan negara lain bisa diselesaikan," tutur Joko Widodo, Jumat (25/10).
manadobacirita
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white