News
·
21 Januari 2021 11:20

KPU Resmi Tetapkan Olly Dondokambey-Steven Kandouw Pemenang Pilkada Sulut

Konten ini diproduksi oleh Manado Bacirita
KPU Resmi Tetapkan Olly Dondokambey-Steven Kandouw Pemenang Pilkada Sulut (122182)
Ketua KPU Sulawesi Utara, Ardiles Mewoh menyerahkan berkas acara Pleno Penetapan pemenang Pilkada Sulut 2020 kepada perwakilan Calon
MANADO - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulawesi Utara (Sulut), dalam rapat pleno, Kamis (21/1) hari ini, resmi menetapkan Olly Dondokambey dan Steven O Kandouw sebagai pemenang pada Pemilihan Kepala Daerah Sulawesi Utara (Pilkada Sulut) 2020.
ADVERTISEMENT
Pasangan calon petahana yang diusung PDI Perjuangan dan didukung Partai Gerindra, PKB, Perindo, PPP dan PSI ini, dinyatakan menang dengan perolehan 821.503 suara.
“Menetapkan Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur yang memperoleh suara terbanyak dalam pemilihan tahun 2020, pasangan calon nomor urut 3 atas nama Olly Dondokambey dan Steven Kandouw dengan perolehan suara 821.503 sebagai pasangan terpilih,” ujar Komisioner KPU Sulut Yessy Momongan saat membacakan berita acara pleno.
KPU sendiri, usai menetapkan pemenang Pilkada Sulut 2020, disaksikan oleh Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), langsung menyerahkan berita acara untuk pasangan calon nomor urut 1, nomor urut 2, dan nomor urut 3 dengan didampingi partai pengusung.
Penetapan pasangan calon terpilih ini sendiri langsung disambut sukacita oleh para pendukung calon petahana ini. Mereka menganggap jika Pilkada 2020 ini mengajarkan tentang bagaimana persaingan diakhiri dengan saling menerima hasil.
ADVERTISEMENT
"Pilkada tahun ini, kita ditunjukan bagaimana politik itu bisa santun. Kami berterima kasih untuk pasangan calon Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar dan Vonnie Anneke Panambunan-Hendry Runtuwene yang mengajarkan menerima kekalahan dengan legowo tanpa ada gugatan yang dilakukan," ujar Rommy Waworuntu, seorang pendukung Olly Dondokambey dan Steven O Kandouw pasca penetapan pemenang oleh KPU Sulut.
oktaviana mundung