Konten Media Partner

Manado Disebut Zona Hitam Corona, Ini Penjelasan Satgas COVID-19 Sulawesi Utara

14 Desember 2020 22:30 WIB
comment
1
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel
zoom-in-whitePerbesar
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
MANADO - Hoax tentang Kota Manado, Sulawesi Utara, telah ditetapkan sebagai zona hitam penyebaran corona, beredar luas lewat pesan whatsapp dan juga facebook.
ADVERTISEMENT
Pesan tersebut menjelaskan jika berdasarkan rapat evaluasi dengan tim penanggulangan COVID-19 Sulawesi Utara, Kota Manado telah menjadi zona hitam karena semua rumah sakit rujukan sudah full. Tak hanya itu, disebutkan jika Rumah Sakit Wolter Mongisidi telah ditutup karena adanya 28 tim medis yang terjangkit COVID-19.
Juru bicara Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara, dr Steaven Dandel mengatakan, pesan berantai tersebut sudah bisa dipastikan adalah hoax.
Dikatakan Dandel, dalam zonasi penyebaran virus corona, tidak ada istilah zona hitam. Menurutnya, zonasi hanya ada empat yakni, hijau, kuning, orange dan merah, sehingga narasi yang menyebutkan adanya zona hitam adalah salah.
"Mohon teman-teman wartawan untuk menginformasikan ke masyarakat, jika wilayah resiko COVID-19 tidak ada yang namanya zona hitam. Sekali lagi tidak pernah ada istilah hotam dalam zonasi," kata Dandel.
ADVERTISEMENT
Lanjut menurut Dandel, untuk kabar yang menyebutkan jika rumah sakit Wolter Mongisidi di Teling telah ditutup, hal itu juga tidak benar mengingat hingga saat ini semua pelayanan di rumah sakit tersebut tetap berlangsung.
"Tidak benar rumah sakit ditutup. Sampai sekarang rumah sakit Teling tetap merawat pasien," kata Dandel kembali.
Berikut isi hoax berantai yang disebar lewat whatsapp dan facebook:
Utk teman teman... saya baru selesai rpt evaluasi dengan team penanggulangan COVID 19 Propinsi Sulut.. hasilnya Manado saat ini zona hitam, semua Rumah sakit rujukan COVID 19 FULL... utk itu dihimbau agar taati prosudur kesehatan, pake masker cuci tangan, jaga jarak.. jgn pandang enteng kasiang, cm kota Manado hari2 50 sampai 60 pasien covid 19...KUATKAN IMAN DAN IMUN agar kita AMAN...Gbu..
ADVERTISEMENT
Rumah sakit Teling ( tentara ) untuk sementara di tutup..28 para medis terkena Covid..jadi torang musti lebih hati hati..taati aturan Protokol Kesehatan..
manadobacirita