kumparan
KONTEN PUBLISHER
21 Februari 2019 9:38

Manado Hasilkan 409 Ton Sampah Setiap Hari

anak buang sampah.jpg
Seorang siswa SD di Kota Manado, membuang sampah botol plastik ke tempat sampah yang tersedia di jalan Samratulangi Manado
SEBANYAK 409,7 ton sampah dihasilkan masyarakat Kota Manado setiap harinya. Angka ini belum termasuk sampah yang masih di buang secara sembarangan di daerah aliran sungai dan lokasi lainnya selain tempat pembuangan sampah.
ADVERTISEMENT
Kepala Bidang Pengelolaan Sampah dan Limbah B3, Badan Lingkungan Hidup Kota Manado, Audy Kalumata mengatakan, angka 409,7 ton produksi sampah berasal dari asumsi jumlah penduduk yang ada di Kota Manado dan data terakhir pada bulan Desember 2018 lalu.
"Kami mengasumsikan setiap warga itu menghasilkan 0,65 ton sampah per hari," kata Kalumata.
Menurut Kalumata, pihaknya kini tengah melakukan upaya untuk mengurangi produksi sampah dengan terus melakukan pelatihan-pelatihan pengelolaan sampah sebelum benar-benar menjadi limbah yang akan dibawa ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).
"Untuk sampah organik itu dijadikan pupuk dan untuk yang non organik seperti plastik bisa diolah kembali. Memang, tidak semua bisa diolah, tetapi mudah-mudahan dengan ini bisa melakukan penekanan jumlah sampah yang akan di buang ke TPA," ujar Kalumata.
ADVERTISEMENT
Lanjut menurutnya, untuk mendukung upaya pengendalian sampah itu, sebanyak 24 Bank Sampah disediakan di beberapa kelurahan.
"Kami juga memiliki 2 TPS Reuse, Reduce dan Recycle di Kelurahan Winangun dan Malendeng. Tapi sekali lagi, kami masih membangun kesadaran masyarakat akan hal itu," tutur Kalumata kembali.
isa anshar jusuf
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan