Operasi Patuh Samrat Dimulai, Polisi Bidik Pelanggar Aturan Lalu Lintas

Konten Media Partner
11 Juli 2023 7:47 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Personel Polisi Lalu Lintas Polda Sulawesi Utara yang akan bertugas pada Operasi Patuh Samrat 2023.
zoom-in-whitePerbesar
Personel Polisi Lalu Lintas Polda Sulawesi Utara yang akan bertugas pada Operasi Patuh Samrat 2023.
ADVERTISEMENT
MANADO - Operasi Patuh Samrat 2023 di lingkungan Polda Sulawesi Utara (Sulut) dan jajarannya telah dimulai. Operasi ini akan berlangsung selama 14 hari, dimulai Senin (10/7) dan akan berakhir Minggu (23/7).
ADVERTISEMENT
Kegiatan Operasi Patuh Samrat 2023 ini sendiri difokuskan pada bidang lalu lintas, dengan mengedepankan kegiatan preemtif, preventif dan penegakan hukum secara proporsional.
Kapolda Sulut, Irjen Pol Setyo Budiyanto, menjelaskan jika saat ini situasi keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas memang harus menjadi perhatian. Hal ini dikarenakan angka kecelakaan lalu lintas selang tiga bulan terakhir alami peningkatan signifikan.
“Angka kecelakaan lalu lintas selama tiga bulan terakhir mengalami kenaikan yang signifikan yaitu sebesar 87,25 persen, dari 226 kecelakaan di bulan Maret menjadi 231 kecelakaan di bulan April, dan 259 kecelakaan di bulan Mei," kata Setyo.
Selain itu, Setyo juga menyoroti angka korban meninggal dunia akibat kecelakaan lalu lintas yang juga mengalami kenaikan hingga 70 persen.
ADVERTISEMENT
Untuk itu dia berharap dengan pelaksanaan operasi ini, masyarakat bisa semakin tertib di jalan raya dan lebih memperhatikan aspek keamanan dan keselamatan, bukan hanya terhadap diri sendiri tetapi terhadap orang lain juga.
"Operasi ini juga bisa menjadi sosialisasi dan literasi kepada masyarakat bahwa keamanan dan keselamatan berlalu lintas itu sangat penting dan tidak boleh dikesampingkan," ujarnya kembali.
Sementara itu, sebelumnya Polda Sulut telah menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Kewilayahan ‘Patuh Samrat’ 2023, yang dilaksanakan di lapangan basket kawasan Megamas Manado, Senin (10/7).
Apel dipimpin oleh Kapolda Sulut, Irjen Pol Setyo Budiyanto, dan diikuti oleh gabungan personel Polda Sulut, Polresta Manado, TNI, instansi terkait lainnya, serta dihadiri oleh Wakapolda Sulut Brigjen Pol Jan de Fretes, para PJU Polda Sulut, dan pejabat terkait dari TNI, Pemda, Dinas Perhubungan, Jasa Raharja.
ADVERTISEMENT
manadobacirita