Pemkab Sitaro Siapkan Penyusunan Dokumen RPJPD 2025-2045

Konten Media Partner
20 Oktober 2023 0:11 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Penjabat Bupati Sitaro, Joi Eltiano B Oroh, foto bersama usai membuka kegiatan orientasi penyusunan RPJPD 2025-2045.
zoom-in-whitePerbesar
Penjabat Bupati Sitaro, Joi Eltiano B Oroh, foto bersama usai membuka kegiatan orientasi penyusunan RPJPD 2025-2045.
ADVERTISEMENT
SITARO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sitaro melalui Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda), menggelar kegiatan orientasi persiapan penyusunan dokumen Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) Tahun 2025-2045.
ADVERTISEMENT
Penjabat Bupati Sitaro, Joi Eltiano B Oroh, mengatakan jika orientasi ini bagian dari upaya untuk menentukan arah dan prioritas pembangunan jangka panjang daerah dalam rangka mewujudkan masyarakat yang maju, mandiri dan sejahtera.
Dijelaskan Joi, dalam penyusunan RPJPD harus melalui beberapa tahapan, diawali dengan penyusunan rancangan awal, kemudian ditindaklanjuti dengan rancangan musrenbang, rancangan akhir, dan penetapan Perda RPJPD.
"Dan tahun ini telah masuk pada tahapan rancangan awal. Oleh karena itu diperlukan beberapa persiapan, penyiapan data dan informasi sehingga tujuan pelaksanaanya dapat terwujud," ucapnya.
Dikatakannya, penyusunan dokumen RPJPD 2025-2045 ini sangat penting, karena di dalamnya memuat visi dan misi Kabupaten Sitaro dan akan dipakai selama 20 tahun ke depan.
Tak hanya itu, dokumen tersebut juga menjadi dasar untuk penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) yang akan digunakan selama 4 periode kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Sitaro.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Kepala Bidang Ekonomi dan SDA Setda Sitaro, Jose Sudirman, menyampaikan tujuan orientasi untuk menyamakan persepsi dan pemahaman seluruh stakeholder terhadap berbagai peraturan perundang-undangan terkait perencanaan pembangunan.
"Jadi seluruh informasi perencanaan pembangunan daerah yang diperlukan dalam penyusunan dokumen pembangunan daerah akan disamakan dalam kegiatan ini," ujar Jose.
franky salindeho