kumparan
7 Maret 2019 10:28

Pergerakan Magma di Gunung Karangetang Masih Tinggi

Gunung Karangetang di Kabupaten Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara selepas erupsi yang terjadi awal Februari 2019 lalu. Gunung ini menjadi salah gunung berapi teraktif di Indonesia
POS Pengamatan Gunung Api (PGA) Gunung Karangetang di Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro (Sitaro), Sulawesi Utara, mencatat jika pergerakan Magma di dalam salah gunung api teraktif di Indonesia ini masih tinggi.
ADVERTISEMENT
Kepala Bidang Mitigasi Gunung Berapi PVMBG Hendra Gunawan, Kamis (7/3) mengatakan, pergerakan magma cukup aktif dari bawah menuju puncak seperti yang terekam alat yang digunakan pihaknya.
"Secara visual memang agak sulit untuk terlihat, yang ada hanya kepulan asap putih. Namun itu (magma) bisa termonitor melalui alat yang ada," kata Gunawan.
Menurut Hendra, masih adanya aktifitas tersebut, hal tersebut merupakan penanda bahwa gunung masih aktif, sehingga rekomendasi pihak PVMBG harus tetap diikuti.
Menurutnya, masyarakat dan pengunjung atau wisatawan sampai saat ini agar tidak mendekat. Dilarang juga melakukan pendakian dan tidak beraktifitas di dalam zona bahaya yaitu radius 2,5 kilometer dari puncak Kawah Dua (Kawah Utara) dan Kawah Utama (selatan).
ADVERTISEMENT
"Area perluasan sektoral dari Kawah Dua ke arah Barat-Barat laut juga harus dihindari sejauh 3 kilometer dan ke arah Barat laut-Utara sejauh 4 kilometer," kata Gunawan kembali.
Franky Salindeho
Tulisan ini adalah kiriman dari publisher, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab publisher. Laporkan tulisan