PMII Manado Beri Dukungan Moral untuk 7 Kader di Bulukumba yang Ditangkap

Konten Media Partner
24 September 2023 22:55 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ketua PMII Cabang Manado, Riswan Muhammad
ADVERTISEMENT
MANADO - Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Cabang Manado, ikut memberikan dukungan moral untuk tujuh kader PMII Cabang Bulukumba, yang dijadikan tersangka oleh pihak kepolisian dan Kejaksaan Tinggi.
ADVERTISEMENT
Ketujuh kader PMII Cabang Bulukumba tersebut jadi tersangka akibat insiden aksi unjuk rasa yang terjadi pada Februari 2023 lalu, di mana saat terjadi aksi dorong mendorong dengan petugas, pagar gedung pengadilan roboh dan mengenai salah seorang staf di situ.
"Dukungan moral tentu kami berikan untuk sahabat-sahabat kami di bulukumba. Kami berharap agar kasus ini dapat diselesaikan dengan baik dengan prinsip-prinsip keadilan yang transparan," kata Ketua PMII Cabang Manado, Riswan Muhammad.
Diakui oleh Riswan, kasus yang telah terjadi enam bulan lalu tersebut, tiba-tiba langsung pada penetapan tersangka, padahal di waktu yang sama ada upaya untuk melakukan damai oleh pihak PMII Cabang Bulukumba.
"Kami mengikuti perkembangan kasus ini dengan cermat. Prinsip-prinsip keadilan, hak berpendapat, dan penegakan hukum yang adil adalah hal-hal yang harus dijaga dalam masyarakat demokratis. Kami berharap agar pihak berwenang dapat menangani kasus ini secara transparan dan adil," ujar Riswan.
ADVERTISEMENT
Menurut Riswan, aksi yang dilakukan oleh PMII Cabang Manado tersebut adalah kebebasan berpendapat yang dilindungi oleh undang-undang. Ketika terjadi kecelakaan yang tak disengaja, seharusnya upaya-upaya pendekatan juga harus dilakukan pihak berwajib untuk menyelesaikannya.
"Kami sendiri mendukung upaya Ketua Cabang PMII Bulukumba untuk mencari penyelesaian yang damai dalam kasus ini," ujarnya kembali.
manadobacirita