Puja Bakti Trisuci Waisak, Umat Buddha di Manado Diajak Hidup Harmonis

Konten Media Partner
24 Mei 2024 4:37 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Suasana ibadah Puja Bakti Hari Suci Waisak 2568 BE di Vihara Dhammadipa Manado, Kamis (23/5).
zoom-in-whitePerbesar
Suasana ibadah Puja Bakti Hari Suci Waisak 2568 BE di Vihara Dhammadipa Manado, Kamis (23/5).
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
MANADO - Acara Puja Bakti hari suci Waisak 2568 BE/2024 di Vihara Dhammadipa Manado, Kamis (23/5), yang diikuti oleh ratusan umat Buddha di ibu kota Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ini berlangsung dengan khidmat.
ADVERTISEMENT
Dalam ibadah itu, Bhante Thitasaddho Thera, menekankan kepada para umat untuk dapat hidup harmonis dalam keberagaman bermasyarakat, seperti tema Waisak Tahun 2024 yaitu Kesadaran Keberagaman Jalan Hidup Luhur, Harmonis dan Bahagia.
Hal yang sama juga diutarakan oleh Romo Rully Wikarta, Ketua Satu Yayasan Vihara Dhammadipa Manado. Katanya pada perayaan Waisak tahun ini, Umat harus meningkatkan kualitas batin dan menjalankan perbuatan baik kepada sesama.
“Dalam momentum Waisak, umat Buddha diajak untuk meningkatkan kualitas batin dengan hidup dalam cinta kasih dan berbuat kebajikan,” sebut Romo.
Romo Rully melanjutkan, Waisak tahun ini perlu dimaknai dengan penuh rasa damai antar sesama masyarakat tanpa memandang latar belakang, yang diwujudkan dalam berbagai program bakti sosial yang telah digelar menjelang hari suci Waisak.
ADVERTISEMENT
Sementara itu, Harke Tulenan, Asisten Tiga Pemerintah Kota Manado, yang juga menghadiri Puja Bakti tersebut menyampaikan apresiasinya kepada seluruh umat Buddha di Kota Manado.
Menurutnya selama ini Umat Buddha selalu bersinergi dengan pemerintah dan berbagai unsur masyarakat dalam mengupayakan terjadinya perdamaian dan persaudaraan.
“Pertama kami menyampaikan selamat merayakan hari Tri Suci Waisak. Kami juga mengapresiasi karena umat Buddha di Manado bersama-sama bersinergi dan menjaga keberagaman,” kata Harke.
SW/manadobacirita