Satgas COVID-19 Sulut Sarankan Pakai 2 Lapis Masker, Ini Penjelasannya

Konten Media Partner
29 Agustus 2021 11:57 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi pakai masker. (foto: kumparan)
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi pakai masker. (foto: kumparan)
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
MANADO - Satuan Tugas (Satgas) Penanganan COVID-19 Sulawesi Utara (Sulut), menyarankan agar masyarakat tak hanya menggunakan satu masker saja saat beraktivitas di luar rumah. Satgas menganjurkan agar sebaiknya penggunaan masker saat ini harus dua lapis atau masker dobel.
ADVERTISEMENT
Juru bicara Satgas Penanganan COVID-19 Sulut, dr Steaven Dandel, mengatakan jika penggunaan dua lapis masker ini, dikarenakan wilayah Sulut kini telah terkonfirmasi memiliki kasus varian delta, di mana penyebarannya lebih cepat dan sangat mudah menular.
Menurutnya, penggunaan masker dua lapis ini, akan meningkatkan perlindungan kepada penggunanya dari partikel udara yang berpotensi menularkan virus corona.
"Dianjurkan menggunakan masker dua lapis atau dobel, karena akan membuat perlindungan lebih baik, karena celah yang biasanya masih ada saat hanya menggunakan satu masker, bisa tertutupi jika dilapis," ujar Dandel.
Masker yang digunakan, menurut Dandel bisa dikombinasi antara masker medis dan masker kain, tergantung kenyamanan dari pengguna. Menurut Dandel, ada sebagian orang yang mungkin akan mengalami ketidaknyamanan saat menggunakan masker dua lapis, sehingga dianjurkan untuk mencari yang paling aman dan nyaman.
ADVERTISEMENT
Kata Dandel, penggunaan masker dua lapis ini sangat dianjurkan ketika beraktivitas di luar rumah, terutama di tempat kerumunan. Namun, untuk yang memiliki gejala, sebaiknya juga menggunakan masker dua lapis di dalam rumah.
"Ini adalah ikhtiar kita bersama untuk saling menjaga dari virus corona. Mari kita sama-sama ikut memerangi penyebaran virus corona, lewat mematuhi anjuran pemerintah terkait dengan protokol kesehatan 6 M," ujar Dandel kembali.
isa