Parent Coaching dengan Metode ABA bersama BCBA & Parent Coach

Maria Ardianingtyas, S.H., LL.M, Advokat dan Pemerhati Hukum di Indonesia www.malawfirm.net
Konten dari Pengguna
25 Januari 2020 18:29
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari Maria Ardianingtyas tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
ADVERTISEMENT
Bapak dan Ibu Orangtua Anak Berkebutuhan Khusus ("ABK") yang baik,
ADVERTISEMENT
Melanjuti tulisan saya yang dimuat di Kumparan .com berjudul "Belajar Terapi ABA versi Orangtua Anak dengan Autisme"
https://kumparan.com/maria-ardianingtyas/belajar-terapi-aba-versi-orang-tua-anak-dengan-autisme-1rfbqx2Q68J
Selama ini saya hadir melalui sosial media YouTube, Instagram, Podcast, FB Page Special Learning with Abhi yang dapat diakses melalui website https://speciallearningwithabhi.com
Juga Online Workshop dan Online Coaching dengan Metode Applied Behavior Analysis atau yang populer disebut ABA yang sudah membantu banyak orangtua ABK di berbagai kota di Indonesia seperti Pare-pare, Manado, Padang, Rembang, Soppeng, Makasar, dsb.
Untuk kesempatan kali ini saya bersama seorang BCBA yang berdomisili di Jakarta Indonesia, Jennifer Khumarga, BS, MS, BCBA, mengundang Bapak & Ibu orangtua ABK untuk menghadiri dan mengikuti sesi Parent Coaching: Melatih Kemampuan Baru ABK dengan Metode ABA, yang akan diselenggarakan pada hari Sabtu, 7 Maret 2020 di Morrissey Hotel Menteng Jakarta Pusat.
ADVERTISEMENT
Kami berdua akan membawakan materi Parent Coaching dengan Metode ABA, tidak hanya sekedar teori tapi juga untuk praktik sehari-hari dalam penerapan Metode ABA yang dibutuhkan orangtua ABK sesuai dengan standar BACB Internasional.
Sesi Parent Coaching ini adalah kolaborasi PERTAMA Parent Coach & BCBA di Indonesia. Diharapkan setelah mengikuti sesi ini, peserta orangtua bisa langsung praktek penerapan Metode ABA yang benar dan tepat pada ABKnya dengan baik. Perlu saya informasikan bahwa Metode ABA dapat diterapkan pada ABK dengan beragam kondisi. Metode ABA sudah terbukti secara ilmiah dapat membantu ABK dalam mencapai kemampuan baru, mengurangi dan membentuk masalah perilaku serta mengejar ketinggalan tumbuh kembangnya.
Sebagaimana dikutip dari website Asosiasi Terapis Perilaku Indonesia (ATePI) http://atepi.org/blog/2019/11/02/analisis-perilaku-terapan/ , ABA adalah jenis terapi yang berfokus pada peningkatan perilaku spesifik, seperti keterampilan sosial, komunikasi, membaca, dan akademisi serta keterampilan belajar adaptif, seperti ketangkasan motorik halus, kebersihan, perawatan, kemampuan domestik, ketepatan waktu dan kompetensi kerja.
ADVERTISEMENT
ABA efektif untuk anak-anak dan orang dewasa dengan gangguan psikologis di berbagai pengaturan, termasuk sekolah, tempat kerja, rumah, dan klinik. Juga telah ditunjukkan bahwa ABA yang konsisten dapat secara signifikan meningkatkan perilaku keterampilan dan mengurangi kebutuhan akan layanan khusus.
Di Indonesia, BPJS baru memberikan pertanggungan untuk Terapi Wicara dan Terapi Okupasi. Namun, untuk penanganan individu penyandang autisme yang hasilnya efektif, penanganan dengan Terapi Wicara dan Terapi Okupasi belumlah cukup. Hal ini disebabkan karena pada umumnya penyandang autisme mengalami masalah perilaku (problem behavior) sesuai dengan level autismenya. Untuk membentuk perilaku penyandang autisme agar mampu beradaptasi dengan lingkungan masyarakat sekitarnya, diperlukan juga Terapi Perilaku dengan Metode ABA. Mengenai pelaksanaan terapi dengan Metode ABA, yang ilmunya diakui secara ilmiah di seluruh dunia ini, ada di bawah pengaturan dan pengawasan organisasi the Behavior Analyst Certification Board, Inc. (BACB).
ADVERTISEMENT
Terapi Perilaku untuk ABK dengan Metode ABA ini telah ditanggung oleh asuransi di 44 negara bagian di Amerika Serikat. Memang amat disayangkan bahwa terapi dengan Metode ABA atau terapi perilaku ini belum ditanggung oleh BPJS. Padahal penanganan ABK dengan Metode ABA membutuhkan durasi waktu yang panjang jika ingin mencapai progress yang baik. Maka dari itu, orangtua ABK diharapkan memiliki pengetahuan yang baik mengenai Metode ABA dan mampu menerapkan pada ABK di dalam kehidupan sehari-hari (Generalisasi/Natural Environment Teaching), tidak hanya untuk menghemat biaya terapi perilaku tapi juga demi efektifitas penerapan Metode ABA pada ABK. Tidak perlu bingung dengan antrian ABA therapy center yang begitu panjang, orangtua ABK sudah bisa menerapkan Metode ABA pada ABKnya tanpa takut salah.
ADVERTISEMENT
Untuk efektifitas sesi ini, jumlah peserta dibatasi maksimal hanya 30 peserta. Bagi yang berminat ikut sesi Parent Coaching ini, silakan mendaftar melalui e-mail [email protected] dan/atau WA dengan Ibu Anna +6281394207555 .
Terima kasih atas perhatiannya dan kami tunggu kehadirannya di sesi Parent Coaching: Melatih Kemampuan Baru ABK dengan Metode ABA ini.
Salam,
Maria Ardianingtyas (Parent Coach)
Parent Coaching dengan Metode ABA bersama BCBA & Parent Coach (100033)
zoom-in-whitePerbesar
Parent Coaching dengan Metode ABA bersama BCBA & Parent Coach (100034)
zoom-in-whitePerbesar
Parent Coaching dengan Metode ABA bersama BCBA & Parent Coach (100035)
zoom-in-whitePerbesar
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020