Memahami Arti First To File dari Sengketa Merek Solaria Vs Solaris

Kontrak Hukum
Layanan legal terpercaya, termudah, dan terjangkau untuk semua kebutuhan bisnis Anda
Konten dari Pengguna
9 April 2024 14:39 WIB
·
waktu baca 2 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Kontrak Hukum tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Dianggap Niru Merek! Solaria Gugat Kompetitor Bernama Solaris
zoom-in-whitePerbesar
Dianggap Niru Merek! Solaria Gugat Kompetitor Bernama Solaris
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Sengketa merek merupakan salah satu permasalahan yang dapat terjadi pada para pelaku usaha, terlebih pada merek yang terkenal. Salah satu contoh sengketa merek terkenal yang sempat mencuri perhatian ialah sengketa merek restoran Solaria.
ADVERTISEMENT
Beberapa waktu lalu, bisnis yang bergerak di bidang bisnis usaha jaringan restoran dengan menu andalan hidangan Asia ini melayangkan gugatan kepada merek Solaris karena dinilai sangat mirip.
Wah, dilihat dari namanya memang sangat mirip sih. Lantas, apa yang terjadi dan bagaimana kelanjutan dari sengketa merek tersebut? Simak kronologi selengkapnya pada artikel berikut ini: Dianggap Niru Merek! Solaria Gugat Kompetitor Bernama Solaris
Begini Prosedur Perubahan Nama Pemilik Pada Merek Terdaftar
Seperti yang diketahui, merek memiliki peranan penting dalam menjalankan bisnis. Perlu diingat, selain perlu dimiliki, merek juga harus didaftarkan secara resmi ke Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (DJKI) Kemenkumham RI. Dengan begitu, pebisnis memiliki kebebasan untuk menggunakan merek tersebut untuk tujuan komersial, dan berhak melarang pihak lain untuk menggunakan merek tersebut.
ADVERTISEMENT
Namun dalam pengajuan pendaftaran merek, akan ada data penting yang harus diajukan oleh pebisnis atau pemohon, salah satunya nama pemohon atau pemilik merek.
Lantas, bagaimana jika saat di tengah proses pendaftaran merek, pemilik atau pemohon tersebut berubah pikiran untuk mengganti nama baru (mengalihkan ke orang lain)? Simak jawabannya pada artikel berikut ini: Begini Prosedur Perubahan Nama Pemilik Pada Merek Terdaftar
5 Tips Jitu Bawa Merek Bisnismu Jadi Global Brand
Sobat KH, sebagai pelaku usaha, siapa yang tak ingin merek bisnisnya menjadi global brand?Beberapa contoh produk lokal yang sudah menembus pasar global adalah mie instan merek Indomie dari PT Indofood Sukses Makmur Tbk (Indofood) dan permen kopi merek Kopiko dari PT Mayora Indah Tbk (Mayora).
Hal tersebut menunjukkan bahwa Indofood dan Mayora telah sukses melakukan ekspansi bisnis melalui global brand yang mereka miliki. Jadi, apakah Sobat KH juga tertarik untuk memperluas ekspansi merek bisnismu hingga kancah internasional? Pada artikel kali ini, berikut kami rangkumkan sederet tips untuk menjadi global brand: 5 Tips Jitu Bawa Merek Bisnismu Jadi Global Brand
ADVERTISEMENT
Nah, bagi Sobat KH yang masih memiliki pertanyaan atau ingin berkonsultasi masalah bisnis, perdagangan, atau membutuhkan jasa legal mulai dari pendirian PT, merek, kontrak/perjanjian, serta notaris dan seputar bisnis lainnya jangan segan menghubungi kami, Kontrak Hukum. Bingung gimana caranya? Bisa klik link ini ya Linktree kontrak Hukum.