Food & Travel
·
12 Januari 2021 21:36

Ecomuseum : Pantai Karangsong dan Hutan Mangrove Indramayu

Konten ini diproduksi oleh Mathlaul Kamila
Pantai karangsong merupakan salah satu pantai yang cukup terkenal di kota Indramayu karena letaknya cukup strategis dan dekat dengan perkotaan. Lokasi pantai karangsong berada di kota Indramayu tepatnya disebelah utara kota kecamatan indramayu Desa karangsong. Pantai Karangsong ini asal mulanya berasal dari kata Karang yang berarti “Tanah” dan Song yang berarti “Tak berpenghuni”. Dengan demikian karangsong berarti tanah yang tak berpenghuni. Desa karangsong merupakan pemekaran dari Desa Pabean Udik karena desa tersebut sangat luas dan memiliki tanah timbul (Aanslibbing) sejauh 1 sampai 2 km yang tidak berpenghuni.
ADVERTISEMENT
Ecomuseum : Pantai Karangsong dan Hutan Mangrove Indramayu (289903)
Sumber : nativeindonesia.com
Ecomuseum : Pantai Karangsong dan Hutan Mangrove Indramayu (289904)
Sumber : jabar.inews.id
Pantai karangsong ini sudah sejak dahulunya dijadikan sebagai sumber mata pencaharian warga Indramayu. Karena sebagaian besar wilayah Indramayu adalah lautan maka sebagian besar warga disini bekerja sebagai nelayan. Pantai karangsong sangat potensial untuk dikembangkan sebagai sentra produksi perikanan. Berdasarkan penelitian Ruswandi (2009), bahwa ada dua sektor utama yang menjadi potensi utama wilayah pesisir Indramayu yaitu sektor minyak dan gas bumi (24,6%) dan subsektor perikanan (24,4%). Mulai dari sini banyak sekali budaya yang diperingati setiap tahunnya contohnya seperti upacara nadran dan lainnya. Upacara ini dilakukan oleh para nelayan sebagai ungkapan rasa syukur atas hasil panen yang diperoleh. Selain itu nadran juga bertujuan untuk memohon kepada Tuhan agar selalu mendapatkan perlindungan dari makhluk-makhluk halus yang berada di lautan lepas.
ADVERTISEMENT
Upacara nadran dilakukan di beberapa tempat, yaitu: di rumah pawang atau pemangku kapalan sebagai tempat untuk mempersiapkan dan mendoakan sesajen, di babagan sebagai tempat pemberangkatan kapalan, dan di laut sebagai tempat pelarungan kapalan yang salah satunya adalah pantai karangsong ini.
Ecomuseum : Pantai Karangsong dan Hutan Mangrove Indramayu (289905)
Sumber : infopublik.id
Penampakan pantai karangsong yang sangat indah ditambah kita dapat melihat dan menikmati suasanya pantai yang sejuk dengan lalu lalang kapal para nelayan yang berjejer di pesisir pantai menambahkan kesan yang tidak membosankan saat mengunjungi pantai ini. Selain itu pada pantai karangsong ini mulai tahun 2015 mulai berkembang untuk memberi bisa edukasi pada para wisatawan, terhadap kelestarian lingkungan dengan adanya hutan bakau atau mangrove.
Hutan mangrove ini menjadi primadona untuk berwisata bagi warga Indramayu dan sekitarnya. Konon katanya Hutan mangrove ini pada tahun 80-90an merupakan tempat pembudidayaan udang sehingga masyarakat disekitarnya mendapatkan penghasilan yang melimpah. Namun karena abrasi dari luat tambak warga yang dahulunya menjadi ladang ekonomi, pada waktu itu perlahan tergerus air laut. Dengan adanya hal tersebut warga sekitar mulai membuat penahanan abrasi yaitu dengan cara menanam pohon mangrove di sepanjang kawasan tersebut.
ADVERTISEMENT
Inisiatif warga sekitar akhirya mulai mendapatkan dukungan dengan deberikannya dana oleh Pertamina RU VI Balongan melalui dana CSR-nya membantu untuk penanaman dan pembudidayaan mangrove. Hingga sampai saat ini hutan mangrove mengalami banyak perubahan dan menjadi tempat favoriet untuk berwisata dan belajar
Ecomuseum : Pantai Karangsong dan Hutan Mangrove Indramayu (289906)
Sumber : travelblog.id
Ecomuseum : Pantai Karangsong dan Hutan Mangrove Indramayu (289907)
Sumber : ecaexpress.id
Menurut saya pantai karangsong dan hutan mangrove ini sangat berpotensi sebagai ecomuseum, karena terdapat warisan-warisa budaya didalamnya. Dengan adanya hal tersebut dapat mempertahankan dan melestarikan budaya leluhur yang sudah mulai memudar dimasa sekarang ini. Diharapkan pantai karangsong ini dapat berkembang tidak hanya sebagai ecowisata tetapi juga menjadi ecomuseum agar dapat dijadikan sarana pendidikan dan penelitian sejarah yang edukatif dan inovatif.
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white