Opini & Cerita
·
31 Agustus 2020 23:58

5 Spot Mengejar Sunset di Singapura

Konten ini diproduksi oleh Melati Sosrowidjojo
5 Spot Mengejar Sunset di Singapura (39018)
Pemandangan Area Marina Bay pada saat Senja. Sumber Foto: Facebook Enda Wulandari, Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Singapura
Senja adalah waktu favorit saya karena langit berwarna jingga bercampur lembayung sangat memanjakan mata. Biasanya tempat favorit kebanyakan orang untuk melihat dan menikmati senja adalah di pantai.
ADVERTISEMENT
Walaupun Singapura tidak memiliki banyak pantai, tetapi mata saya tetap dimanjakan oleh keindahan matahari terbenam di beberapa lokasi. Biasanya kegiatan “mengejar senja” diawali dengan jalan – jalan atau bersepeda di sore hari untuk menjelajahi lokasi tersebut.
Berikut rekomendasi 5 spot untuk menikmati senja di Singapura dan lokasi tidak terlalu touristy;
1. Punggol Waterway Park
Punggol Waterway adalah salah satu tempat favorit keluarga untuk menghabiskan waktu di sore hari. Lokasinya berada di bagian timur laut Singapura dan merupakan area pemukiman heartland yang sedang naik daun.
5 Spot Mengejar Sunset di Singapura (39019)
Pemandangan Waterway Punggol dari Watertown Apartment. Sumber Foto: Koleksi Pribadi.
Dengan perpaduan pepohonan rindang yang bertemu dengan perairan yang tenang, Punggol Waterway Park adalah tempat yang tepat untuk bersepeda atau sekadar jalan – jalan sore bersama keluarga.
5 Spot Mengejar Sunset di Singapura (39020)
Sunset Strip, Waterway Punggol. Sumber Foto: Koleksi Pribadi.
Sepanjang jalan akan menemui beberapa playground dan spot-spot bagus untuk duduk dan menikmati tenangnya sungai di Punggol Waterway Park. Jalan-jalan sore hari wajib diakhiri di Jewel Bridge (Jembatan Permata) untuk menyaksikan matahari terbenam. Mata kita akan dimanja oleh indahnya senja.
ADVERTISEMENT
2. Coney Island
Tidak banyak yang tahu Coney Island di Singapura. Bahkan orang lokal Singapura sendiri mungkin belum tentu pernah mengunjungi Coney Island. Akses menuju Coney Island adalah melalui Punggol Promenade Nature Walk.
5 Spot Mengejar Sunset di Singapura (39021)
Pemandangan Senja dari pesisir Coney Island. Sumber Foto: Koleksi Pribadi.
Sebuah taman ekologis yang berfokus pada konservasi energi dan air, Coney Island memberikan pemandangan indah pada saat matahari terbenam. Di Coney Island, kita juga bisa belajar tentang keanekaragaman hayati dan sejarah taman, serta mencoba melihat 80 spesies burung berbeda yang ditemukan di sana. Bahkan, kita bisa melihat Johor Bahru, Malaysia dari Coney Island.
5 Spot Mengejar Sunset di Singapura (39022)
Pemandangan Senja dari Coney Island. Sumber Foto: Koleksi Pribadi
Tapi perlu diingat nih, Coney Island tutup jam 7 malam. Jadi setelah melihat senja di Coney Island harus cepat – cepat keluar.
3. Henderson Wave
ADVERTISEMENT
Berdiri dengan ketinggian 36 meter di atas permukaan tanah, jembatan Henderson Waves adalah jembatan penyeberangan tertinggi di Singapura. Strukturnya yang khas seperti ombak menarik banyak pengunjung. Sebelum mencapai Henderson Waves, kita bisa terlebih dahulu jalan – jalan di sepanjang Southern Ridges membentang sepanjang 5 KM dan berhenti di Henderson Waves sesaat sebelum matahari mulai terbenam.
5 Spot Mengejar Sunset di Singapura (39023)
Pemandangan "Golden Hours" dari salah satu sisi Henderson Waves. Sumber Foto: Koleksi Pribadi.
Ada banyak ruang di sepanjang jembatan yang berukuran 274 m untuk menikmati indahnya golden hour (matahari saat berwarna keemasan) yang menyelimuti kota dalam sinarnya. Dan jika itu belum cukup, kita juga dapat menikmati keindahan jembatan Henderson Waves saat lampu LED menyala. Cahaya yang menyilaukan dengan pemandangan kota sebagai latar belakang saat matahari terbenam adalah pemandangan luar biasa.
5 Spot Mengejar Sunset di Singapura (39024)
Pemandangan Jembatan Henderson Wave Saat Lampu LED Dinyalakan. Sumber Foto: www.visitsingapore.com
4. Lower Peirce Reservoir
ADVERTISEMENT
Berada di Lower Peirce bagai berada di dalam sebuah lukisan yang menggambarkan air jernih yang membentang ke arah cakrawala, bebatuan batu loncatan berkumpul di dekat pantai, dan pepohonan bergoyang mengikuti sepoi angin sore. Taman cantik dengan latar belakang hutan yang indah, Waduk Lower Pierce memiliki paviliun kecil di atas air yang sangat ideal untuk menyaksikan matahari terbenam sambil tenggelam dalam ketenangan alam.
5 Spot Mengejar Sunset di Singapura (39025)
Pemandangan Senja Waduk Lower Peirce. Sumber Foto: Koleksi Pribadi
Kita juga bisa menyusuri trek Lower Peirce yang melintasi hutan dan tepi waduk ini. Di sepanjang jalan setapak sepanjang 900 meter yang menawan ini, kita akan disambut dengan pemandangan hutan sekunder yang meregenerasi yang melapisi waduk serta berbagai flora dan fauna menawan. Di akhir trek, pada pintu keluar Causarina, kita bisa berjalan menuju ke salah satu restoran India yang paling terkenal di Singapura untuk menikmati sepiring prata dengan kari dan segelas teh masala.
ADVERTISEMENT
5. Keppel Bay
Tempat ini memang kurang dikenal untuk melihat senja. Tetapi keuntungannya adalah tidak akan banyak orang yang menghalangi dan sibuk berswafoto. Pemandangan senja dari tepi laut menawarkan tempat yang sempurna untuk memandangi perairan yang dipenuhi kapal pesiar hingga warna jingga matahari terbenam.
5 Spot Mengejar Sunset di Singapura (39026)
Senja di Marina, Keppel Bay. Sumber Foto: Koleksi Pribadi
Paling menyenangkan disini bisa menikmati angin sepoi – sepoi saat berjalan menyusuri trotoar serta pandangan megah langit yang berubah menjadi warna jingga – merah yang hangat. Selain suasananya yang indah dan tenang, kita juga bisa menikmati makan malam yang enak setelahnya di salah satu dari banyak restoran terbaik di area ini.