Kenali Penyebab Karies Gigi pada Anak

Mahasiswi Keperawatan UIN Syarif Hidayatullah Jakara
Konten dari Pengguna
21 November 2022 22:06
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Tulisan dari MELIANA SAPITRI tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Sumber : Pixabay
zoom-in-whitePerbesar
Sumber : Pixabay
ADVERTISEMENT
Tahukah bunda? Menjaga kesehatan gigi pada anak sedari kecil sangatlah penting karena kesehatan gigi dan mulut dapat menunjang tumbuh kembang anak dengan baik dan terbebas dari gangguan kesehatan gigi, yaitu karies.
ADVERTISEMENT
Gigi berlubang atau dalam istilah medis dikenal dengan karies gigi adalah terkikisnya lapisan luar gigi karena adanya aktivitas dari bakteri. Hingga saat ini, karies gigi sering terjadi terutama pada anak kecil. Biasanya, penyebab umum yang sering terjadi adalah kebiasaan buruk tidak menyikat gigi setelah memakan sesuatu yang manis sehingga akan menyebabkan perkembangbiakan bakteri pada gigi anak.
Oleh karena itu, kesehatan gigi dan mulut pada anak patut untuk menjadi perhatian bagi para orang tua. Karena hal tersebut akan berdampak pada kesehatan gigi anak saat kelak tumbuh dewasa. Namun, sayangnya, kebanyakan orang tua masih menganggap bahwa karies gigi pada anak bukanlah hal yang perlu dianggap serius. Sehingga tanpa disadari dapat berdampak pada kesehatan dan menimbulkan rasa nyeri ketika mengunyah makanan. Untuk itu, mari kita ketahui penyebab karies gigi pada anak.
ADVERTISEMENT
Penyebab karies gigi pada anak
1. Kebiasaan minum susu botol sampai tertidur di malam hari. Kandungan gula yang menggenang terlalu lama dirongga mulut akan menyebabkan bakteri menumpuk.
2. Makanan manis seperti permen dan cokelat yang memiliki kadar gula yang tinggi akan menyebabkan karies pada anak lebih mudah terjadi. Jika hal tersebut tidak dapat dihindarkan, bunda bisa memberikan air putih untuk menetralisasi sisa-sisa makanan yang ada pada mulut dan gigi anak.
3. Tidak membiasakan anak untuk sikat gigi
Kebiasaan ini dapat meningkatkan risiko karies gigi pada anak. Karena biasanya sisa-sisa makanan tidak dapat dibersihkan hanya dengan berkumur saja. Tetapi, lebih dianjurkan untuk menyikat giginya agar lebih bersih sempurna.
Karies gigi ini juga menjadi kekhawatiran banyak orang tua di rumah Namun, ada beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mencegah terjadinya karies gigi pada anak.
ADVERTISEMENT
Tips mencegah karies gigi pada anak
1. Membiasakan anak untuk sikat gigi sejak dini.
Membiasakan anak untuk menyikat gigi bukanlah hal yang mudah. Namun, hal tersebut harus mendapatkan perhatian serius dari para orang tua. Karena keterlambatan dalam membiasakan anak untuk menyikat giginya sejak dini dapat menyebabkan kerusakan gigi salah satunya ialah terjadinya karies gigi pada anak.
2. Rutin cek ke dokter gigi, ketika gigi anak sudah mulai tumbuh.
Tidak ada salahnya jika pemeriksaan gigi dilakukan sejak dini, ada atau tidaknya keluhan gigi pada anak sebaiknya tetap rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali tujuannya agar terhindar dari gangguan kesehatan dan penyakit yang menyerang gigi dan mulut pada anak.
ADVERTISEMENT
3. Tidak membiasakan anak minum susu dengan botol saat tidur.
Tahukah bunda, membiasakan tidur dengan keadaan botol susu masih di dalam mulutnya itu sangat tidak dianjurkan. Karena memiliki banyak risiko mulai dari tersedak hingga dapat menyebabkan karies gigi pada anak.
4. Setelah makan, bersihkan atau sikat gigi anak dengan pasta gigi yang mengandung flouride.
5. Kenalkan anak dengan makanan yang sehat.
Sebetulnya tidak masalah jika bunda ingin memberikan si buah hati makanan atau minuman yang manis, akan tetapi harus tetap diimbangi dengan makanan yang sehat. Juga tidak lupa membiasakan sikat gigi minimal 2 kali sehari agar tidak terjadi penumpukan sisa makanan pada gigi.
Sekarang kita sudah tahu betapa pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut pada anak sejak dini mengingat efek jangka panjang yang akan dialami oleh anak ketika kesehatan gigi mereka tidak dijaga sejak dini. Karena kesehatan gigi pada orang dewasa tergantung pada kesehatan gigi mereka waktu masih kanak-kanak, terlebih lagi ketika sudah dewasa kesehatan gigi merupakan salah satu penunjang rasa percaya diri seseorang terutama pada saat remaja. Untuk itu, mari kita sebagai orang tua untuk lebih memperhatikan kesehatan gigi si buah hati agar terhindar dari penyakit karies gigi yang akan mengganggu proses makan serta dapat menghambat tumbuh kembang anak.
ADVERTISEMENT
Sumber Referensi :
Wijaya,H.2021.Karies gigi pada anak : penyebab, pencegahan dan cara mengatasinya.https://bunda.co.id/artikel/kesehatan/anak/karies-gigi-pada-anak-penyebab-pencegahan-dan-cara-mengatasinya/
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020