Entertainment
·
14 Januari 2021 5:52

Roleplayer Korea dan Beberapa Istilah yang Sering Digunakan

Konten ini diproduksi oleh Melinda Theodora
Roleplayer Korea dan Beberapa Istilah yang Sering Digunakan (247110)
Media sosial, tempat bermain para roleplayer. Sumber : pexels.com/MagnusMueller
Korean Pop atau yang biasa disebut dengan K-Pop, telah masuk ke negara Indonesia bertahun-tahun yang lalu, dan dengan meningkatnya teknologi maka meningkat pula minat masyarakat Indonesia terhadap K-Pop. K-Popers pun memiliki banyak cara untuk menunjukkan rasa cinta mereka pada idola mereka, yaitu dengan bermain roleplayer. Roleplayer atau biasa disebut RP ini sebenernya sudah lama ada, namun peminatnya meningkat pesat setelah banyak K-Popers yang masuk ke dalamnya. Mungkin kamu adalah salah satunya?
ADVERTISEMENT
Roleplayer sendiri memiliki arti "bermain peran", dimana seorang penggemar memainkan suatu peran menjadi idolanya, atau tokoh terkenal lainnya. Seseorang yang ingin bermain roleplayer ini pun harus memiliki sebuah akun media sosial, seperti Twitter, Facebook, atau Instagram untuk dapat melakukan kegiatan roleplay tersebut. Dengan menjadi seorang roleplayer, mereka bisa mempromosikan idola mereka kepada orang lain yang mungkin belum mengetahui tentang idolanya. Karena ranah roleplayer semakin meluas, maka kemungkinan besar banyak orang ingin mencoba masuk ke dalamnya, walaupun di sisi lain mereka belum mengetahui istilah-istilah yang seringkali digunakan oleh anak-anak RP setiap harinya.
Inilah beberapa contoh istilahnya :
  1. Faceclaim atau character
Jika ingin bermain roleplayer, maka diwajibkan untuk memilih terlebih dulu faceclaim yang akan digunakan. Contohnya jika saya memilih faceclaim atau character Taeyeon SNSD, maka saya pun harus bertingkahlaku seperti layaknya Taeyeon yang asli, karena disini saya memerankan orang lain dan menggunakan wajahnya, jadi saya tidak boleh mencemarkan nama baiknya.
ADVERTISEMENT
  1. Bilingual RP
Merupakan salah satu jenis roleplayer yang saat ini banyak diminati, yaitu roleplayer yang menggunakan dua bahasa sekaligus dalam kegiatan sehari-harinya, contohnya seperti bahasa Korea dan bahasa Inggris. Bahasa yang digunakan bilingual RP cenderung lebih tertata dan rapi dibandingkan RP pada umumnya.
  1. Open Agency
Istilah agency ini sudah ada dari sejak roleplayer muncul ke permukaan. Agency disini dibuat dengan tujuan untuk menjadi "rumah" bagi para roleplayer, dan tiap agency pun memiliki aturan-aturan yang wajib dipatuhi oleh semua anggotanya. Di agency ini para roleplayer bisa menjalin hubungan yang lebih dekat dan intim dengan roleplayer lainnya.
  1. Event
Ya, benar sekali. Event dalam roleplayer memiliki arti yang sama dengan event yang ada di dunia nyata, yaitu kegiatan terencana yang dilakukan untuk suatu tujuan. Event RP biasanya diselenggarakan oleh agency yang menginginkan keseruan bagi semua anggotanya dan agar hubungan tiap anggota juga semakin dekat. Karena kekreatifan dari para anak RP, sekarang event pun jadi makin beragam konsepnya. Contoh event yang pernah dilakukan di dunia roleplayer adalah event berkonsep Harry Potter, detektif, ala betawi, dan masih banyak lagi.
ADVERTISEMENT
  1. Hiatus, Rest, Leave
Jika seorang RP ingin memberhentikan sementara kegiatan bermain roleplayernya karena suatu alasan, maka orang tersebut bisa melakukan yang disebut sebagai hiatus. Dan jika butuh jangka waktu yang lebih panjang lagi, maka bisa melakukan apa yang namanya rest. Sedangkan jika seseorang ingin berhenti secara sepenuhnya dari dunia roleplayer, maka pilihan yang tepat adalah leave, atau yang artinya orang itu meninggalkan roleplayer secara seutuhnya dan selamanya.
  1. Upchar
Upchar merupakan singkatan dari update chara yang artinya pemilik akun roleplayer harus rajin update tentang kegiatan-kegiatan apa saja yang telah dilakukan character RP mereka. Misalnya RP Lucas NCT memposting tentang salah satu merk kopi terkenal yang sedang diendorse oleh Lucas asli. Fungsinya disini adalah untuk membuat character atau faceclaim yang mereka perankan jadi semakin dikenal banyak orang.
ADVERTISEMENT
Memang masih banyak lagi istilah-istilah di roleplayer yang belum disebutkan di atas, tapi beberapa istilah yang sudah disebutkan adalah istilah yang sangat sering digunakan oleh anak-anak RP jaman now. Seiring berjalannya waktu, istilah dalam roleplayer pun akan bertambah mengingat ketertarikan orang-orang terhadap K-Pop dan dunia RP terus meningkat.