kumparan
31 Mei 2019 17:52 WIB

Calon Ibu, Sudahkah Nutrisi Anda dan Janin Tercukupi?

Masa kehamilan merupakan suatu masa yang dinantikan oleh banyak wanita setelah menikah. Begitu mengetahui diri mereka tengah mengandung buah cinta dengan suami, biasanya para calon ibu akan sangat menjaga dan mencari banyak info agar dapat memberikan yang terbaik bagi si calon bayi.
ADVERTISEMENT
Sumber: pixabay.com
Meski bukan kehamilan pertama, saya cukup senang dan beruntung bisa diundang ke acara gathering Kumparan Mom x Prenagen di Kalcare Lotte Shopping Avenue. Kenapa? Karena cukup banyak info yang bisa menambah atau sekedar menyegarkan pengetahuan seputar kehamilan dan menyusui. Selain sharing informasi tentang produk PRENAGEN dan thermal bag Gabag sebagai salah satu sponsor, ada juga sesi belajar teknik pernapasan bagi calon ibu yang ingin melahirkan normal bersama bidan Lisma Meliana Slitonga, AmKeb dari RS Bunda dan juga sesi talk show seputar kualitas ASI bersama dokter kandungan dr. N.B. Donny. A.M., SpOG. Acara yang bertema "Lengkapi Nutrisi untuk InvestASI" ini juga digawangi oleh dr. Anita Suryani dan diakhiri dengan acara buka puasa bersama.
ADVERTISEMENT
Apa saja sih informasi yang saya dapat dari acara ini?
Kumparan Mom gathering bersama PRENAGEN

Pentingnya nutrisi makro dan mikro untuk kesehatan janin

Setiap calon ibu pastinya ingin melahirkan bayi dalam kondisi sehat sempurna, cukup bulan dan dengan berat badan normal. Biasanya para calon ibu akan sangat memperhatikan pola makan dan asupan gizi yang masuk ke dalam tubuh. Namun pada faktanya, asupan gizi dari makanan sehari-hari tidaklah cukup. Ibu hamil dan menyusui perlu mengonsumsi nutrisi tambahan yang meliputi nutrisi makro dan mikro yang harusnya sudah dimulai sejak masa perencanaan kehamilan, masa kehamilan, hingga masa menyusui.
Nutrisi makro merupakan nutrisi yang terkandung dalam makanan berkarbohidrat, protein, dan lemak. Nutrisi makro dibutuhkan untuk membentuk sel dan organ pada janin. Tubuh memerlukan nutrisi makro dalam jumlah besar untuk memberikan tenaga secara langsung. Sementara itu, nutrisi mikro terdapat dalam makanan yang mengandung vitamin dan mineral. Nutrisi mikro biasanya hanya diperlukan tubuh dalam jumlah kecil, tapi berperan untuk menunjang pertumbuhan janin. Proses penyerapan nutrisi mikro di dalam tubuh sendiri juga memerlukan nutrisi makro.
ADVERTISEMENT
Lalu, kenapa makanan sehari-hari tidaklah cukup memenuhi kebutuhan nutrisi makro dan mikro?
Banyak faktor mempengaruhi. Utamanya dari proses pengolahan atau cara masak yang dapat memperkecil jumlah nutrisi dari makanan tersebut. Oleh karena itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil dan menyusui agar dapat menambah jumlah asupan nutrisi makro dan mikro dari makanan pendamping, seperti misalnya dengan mengonsumsi susu PRENAGEN.
Varian produk PRENAGEN, tidak hanya tersedia susu bubuk dan susu UHT tapi juga tersedia snack dalam bentuk jus siap minum
Kenapa harus susu PRENAGEN? Bukankah dengan minum susu segar dan suplemen dari dokter sudah bisa membantu memenuhi nutrisi?
Susu segar dan suplemen yang dianjurkan dokter pastinya juga memiliki kebaikan, tapi tidaklah lengkap kandungan nutrisinya. Pada suplemen atau multivitamin tidak terdapat nutrisi makro, hanya mengandung nutrisi mikro dan tidak bisa diperlakukan sebagai makanan tambahan. Sementara itu untuk susu segar, meski bisa dikategorikan sebagai makanan tambahan, kandungan nutrisi makro dan mikro-nya tidak sesuai untuk ibu hamil & menyusui.
ADVERTISEMENT
Lain halnya dengan susu PRENAGEN dimana selain kandungan nutrisi makro dan mikro sudah disesuaikan dengan kebutuhan ibu hamil & menyusui, ia juga dapat dianggap sebagai makanan tambahan. Dalam 1 gelas PRENAGEN sudah mengandung protein yang setara 70gr daging sapi, asam folat setara 450gr bayam, kalsium setara 900gr brokoli, DHA setara 5gr daging salmon, zat besi setara 500gr bayam, inulin setara 600gr pisang, dan vitamin D setara 200gr ikan cod.
Produk susu PRENAGEN juga tidak hanya memperhatikan kebutuhan nutrisi untuk ibu hamil & menyusui, tapi juga para calon ibu/ wanita yang sedang meerencanakan program kehamilan. Tengok saja beberapa produk PRENAGEN sebagai berikut:
Ditujukan untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian para wanita yang sedang mempersiapkan kehamilan. Pada PRENAGEN Esensis sudah dilengkapi kandungan nutrisi yang tinggi asam folat & zat besi, zink, kalsium, sumber vitamin D3, dan rendah lemak.
ADVERTISEMENT
Ditujukan untuk para ibu di masa kehamilan dengan mual muntah. PRENAGEN EMESIS sendiri sudah terbukti secara klinis mengurangi mual dan muntah hingga 90% karena kaya akan kandungan protein dan vitamin B6. Selain itu, PRENAGEN EMESIS juga mengandung asam folat & zat besi, tinggi kalsium & vitamin D3, omega 3 (asam alpha linoleat), dan tinggi iodium.
Setelah positif hamil, saatnya benar-benar menjaga nutrisi ibu dan janin. PRENAGEN Mommy mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan, seperti misalnya asam folat, mikroenkapsulasi zat besi, protein, kalsium, vitamin D, magnesium, fosfor, omega 3 dan 6, serta inulin. Khusus PRENAGEN Mommy, tidak hanya tersedia dalam bentuk susu bubuk, tapi juga susu UHT ready to drink yang sangat praktis dan bisa dikonsumsi kapanpun, dimanapun.
ADVERTISEMENT
Usai melahirkan, perjuangan ibu masih berlanjut dengan memberikan ASI untuk buah hati. PRENAGEN juga tidak lupa untuk melengkapi gizi ibu menyusui karena ASI merupakan makanan terbaik bagi bayi. Jumlah ASI yang dihasilkan ibu harus berbanding lurus dengan jumlah kandungan gizi seperti AA dan DHA. ASI dengan kualitas baik akan berpengaruh pada kesehatan dan kecerdasan bayi. Kandungan dalam PRENAGEN Lactamom meliputi vitamin B2 dan B12 untuk membantu produksi ASI serta Omega 3 dan DHA untuk kecerdasan otak buah hati.
Sebagai makanan tambahan, produk PRENAGEN menyarankan agar dapat dikonsumsi sebanyak 2x sehari untuk pemenuhan nutrisi. Nah, bagi calon ibu yang mungkin kegiatannya cukup padat sehari-hari dan khawatir menu makanannya belum lengkap, bisa mencoba menambah PRENAGEN sebagai tambahan nutrisi. Namun, tetap ingin untuk menjaga pola makanan sehat dan bergizi serta kebugaran tubuh ya, moms! Have a happy healthy pregnancy!
ADVERTISEMENT
Foto bersama peserta dan pengisi acara Kumparan Mom x Prenagen
Tulisan ini adalah kiriman dari user, isi tulisan ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan