Penggunaan e-Money Sebagai Alat Transaksi Untuk Transportasi

Mahasiswa Universitas Jendral Soedirman
Konten dari Pengguna
1 November 2020 19:58
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mevlana Faza Ayeztama tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
sumber : Google pict
zoom-in-whitePerbesar
sumber : Google pict
Saat ini kita memasuki era yang penuh dengan teknologi dan di jaman yang semakin maju saat ini, teknologi berkembang dengan sangat pesat dan banyak membantu kehidupan manusia. Seperti contohnya adanya e-money atau uang elektronik. E-money merupakan salah satu bentuk uang digital, di mana e-money berfungsi untuk memindahkan data saldo uang yang terkandung pada kartu kita ke komputer atau sistem informasi penjualan, sehingga barang yang kita inginkan terbeli tanpa mengeluarkan tambahan uang tunai.
Bank merupakan salah satu institusi yang mengeluarkan e-money, di mana e-money dari bank selalu berbentuk kartu. Selain bank, ternyata ada juga beberapa perusahaan yang mengeluarkan uang virtual yang terintegrasi dengan teknologi informasi ini. Di antara banyaknya bank di Indonesia, Bank Mandiri adalah institusi yang paling banyak mengeluarkan e-money. Tidak hanya itu, ada juga BNI dengan Tap BNI dan BCA dengan kartu Flazz yang berdesain beragam dan unik untuk para remaja.
E-money akan memberikan banyak manfaat yang bisa dirasakan oleh pengguna nya. Pertama ada banyak promo menarik, satu kelebihan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia yaitu promo, dengan menggunakan kartu e-money tentunya Anda akan mendapatkan banyak sekali penawaran promo seperti diskon atau cashback dari penerbit. Kedua bisa menghemat waktu pembayaran, anda tidak perlu menunggu kasir untuk memberikan uang kembalian. Baik di minimarket, maupun di toll sehingga penggunaan kartu e-money sangat membantu karena mengurangi jumlah antrian yang terjadi jika melakukan transaksi menggunakan uang tunai. Ketiga mengurangi membawa uang tunai dan pembayaran menjadi akurat.
Dalam bidang transportasi, e-money sering kita gunakan baik ketika menggunakan kendaraan pribadi ataupun transportasi umum. Saat menggunakan kendaraan pribadi ataupun umum sering kita gunakan sehingga pembayaran lebih mudah karena kartu pembayaran e-money ini bisa anda gunakan secara otomatis tanpa syarat registrasi khusus di beragam gerai jasa pembayaran seperti retail, jalan bebas hambatan (tol), parkir dan layanan transportasi.
Terlebih di kota besar seperti Jakarta sistem pembayaran transportasi umum seperti Angkot, TransJakarta, Commuter line, MRT dan LRT sudah cashless menggunakan e-money sehingga anda sebagai pengguna transportasi tidak perlu antre lama-lama di loket tiket untuk mendapatkan tiket angkutan karena hanya tinggal tap kartu e-money pada mesin reader di pintu masuk dan keluar loket atau ketika penggunaan kendaraan pribadi di pintu masuk toll untuk mengurangi tingkat kepadatan saat mengantre di gerbang pintu toll.
Tidak hanya dari sisi konsumen, ternyata dari sisi operator jasa pun jelas keberadaan kartu ini membuat kinerja perusahaan khususnya dalam sektor transportasi lebih akuntabel. Bila akuntabel tentu akan sangat memudahkan bagi penyedia jasa layanan untuk menghitung performa perusahaan. Contoh yang paling signifikan merasakan fungsi kartu elektronik ini adalah moda Commuterline.
Dapat dikatakan penggunaan e-money saat ini memiliki banyak dampak positif dalam penerapannya sehingga menciptakan kenyamanan pengguna transportasi karena menjadi lebih efektif dan nyaman selain itu kemudahan untuk top up saldo e-money sangat mudah bisa di atm ataupun minimarket terdekat menjadikan alat ini cukup efisien digunakan terutama di kondisi pandemi saat ini yang di sarankan menghindari penggunaan uang fisik.
Sekian artikel opini saya semoga bermanfaat untuk pembaca dan pengguna moda transportasi pribadi ataupun umum. Terima kasih.