kumparan
29 Oktober 2017 10:38

BRI Sediakan Kartu Pekerja Khusus untuk TKI di Taiwan

MoU antara BRI dan KDEI di Taiwan
MoU antara BRI dan KDEI di Taiwan. (Foto: Angga Sukmawijaya/kumparan)
PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk memberikan layanan khusus bagi para tenaga kerja Indonesia di Taiwan. Bank milik BUMN tersebut meluncurkan Kartu Pekerja Indonesia yang beragam pemanfaatan jasa perbankan untuk para pekerja migran.
ADVERTISEMENT
Dalam peluncuran produk tersebut, BRI menggandeng Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) Taiwan dengan penandatangan nota kesepahaman MoU antara Direktur Institution Bank BRI Sis Apik Wijayanto dengan Kepala KDEI Taipei Robert James Bintaryo, disaksikan oleh Direktur Utama Bank BRI Suprajarto.
“Ini merupakan layanan BRI untuk memberikan akses perbankan yang maksimal bagi para pahlawan debisa negara,” kata Suprajarto dalam sambutannya di Hotel Grand Hyatt, Taiwan, Sabtu malam (28/10).
Para TKI Taiwan Saat MoU antara BRI dan KDEI
Para TKI Taiwan Saat MoU antara BRI dan KDEI. (Foto: Angga Sukmawijaya/kumparan)
Dalam penandatangan kerja sama tersebut, turut hadir perwakilan dari Kementerian Perdagangan, Kementerian Tenaga Kerja, dan BNP2TKI.
Kartu KPI merupakan kartu khusus bagi para pekerja migran Indonesia. Selain bisa digunakan sebagai debet BRI, kartu ini juga berfungsi sebagai kartu identitas TKI dan berisi informasi terkait ketenagakerjaan.
ADVERTISEMENT
Selain itu, para pekerja juga bisa menggunakan kartu KIP untuk melakukan transaksi pengiriman uang valas (remittance) dan pemegang kartu bisa memanfaatkan kartu KIP sebagai rekening induk pengelolaan dana pensiun lemabaga keuangan (DPLK).
“Hal ini dilakukan dalam upaya memberikan rasa aman, perlindungan, dan pemberian nilai tambah untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja migran Indonesia,” katanya.
KPI BRI dilengkapi dengan QR code yang dapat diakses untuk kepentingan imigrasi oleh pekerja migran maupun perwakilan pemerintah RI di luar negeri untuk mengakses data komprehensif TKI melalui aplikasi BRI KPI di Play Store (android).
BRI menilai Taiwan sangat potensial karena merupakan negara dengan jumlah TKI terbesar setelah Malaysia. Dari data BNP2TKI, penempatan TKI periode Januari-September 2017 adalah 181.740 TKI, 49.597 di antaranya berada di Taiwan. Total jumlah TKI di Taiwan saat ini mencapai 256.592 orang.
ADVERTISEMENT
Hingga 31 Agustus 2017, jumlah transaksi remittance TKI dari Taiwan ke tanah air yang dilakukan melalui BRI sebanyak 578 ribu transaksi dengan nilai Rp 3,5 triliun. Sebelumnya, Bank BRI sudah menandatangani MoU kerja sama dengan KBRI Malaysia terkait KPI bagi TKI.
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan