Buzz
·
7 Juni 2021 11:46
·
waktu baca 3 menit

Tips Pelaksanaan KKN saat Pandemi

Konten ini diproduksi oleh Miftah Farid
Tips Pelaksanaan KKN saat Pandemi (457136)
Proses perizinan (sumber: galeri pribadi)
Pandemi COVID-19 yang merupakan ancaman bagi kesehatan masyarakat global tentunya memiliki dampak bagi dunia pendidikan, khususnya teman-teman Mahasiswa. Bagaimanapun, sebagai agen perubahan tentunya Mahasiswa harus bisa beradaptasi dengan keadaan dan tetap menjalankan aktivitas yang mampu memberikan harapan bagi masyarakat.
ADVERTISEMENT
Salah satu kegiatan tersebut, adalah KKN Online. Banyak dari Perguruan Tinggi Negeri yang mengadakan program KKN-DR (Dari Rumah) sebagai alternatif KKN pada umumnya. Meskipun begitu, KKN-DR ini tetap mampu memberikan dampak positif dan harapan bagi masyarakat sekitar.
Tips Pelaksanaan KKN saat Pandemi (457137)
Proses perizinan (sumber: galeri pribadi)
Untuk teman-teman yang akan melaksanakan KKN-DR, kira-kira apa saja yang perlu dipersiapkan? Yuk lihat tips berikut:

1. Diskusi Kelompok dan Konsultasi

Hal pertama yang perlu dipersiapkan, tentunya diskusi dengan teman kelompok mengenai program apa yang sekiranya dapat dilaksanakan dan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan konsultasi dan mendengarkan arahan dari dosen pembimbing agar program dapat terlaksana sesuai dengan aturan yang ada.

2. Kelengkapan berkas

Setelah melakukan tahap komunikasi dan koordinasi, hal yang selanjutnya kalian lakukan ialah menyiapkan surat pengantar dari Universitas kalian. Surat pengantar dan kelengkapan berkas ini akan mempermudah kalian untuk diterima oleh perangkat daerah untuk melakukan program KKN-DR.
ADVERTISEMENT

3. Survei tempat kegiatan dan meminta perizinan

Pandemi yang ada saat ini kerap memunculkan keresahan bagi warga untuk melakukan aktivitas. Maka dari itu, dalam menjalankan kegiatan KKN-DR tentunya kalian harus meminta izin terlebih dahulu kepada kepala desa atau lurah setempat dalam pelaksanaanya. Setelah mendapatkan perizinan langkah selanjutnya yang harus kalian lakukan adalah melakukan survei wilayah dan mengisi data monografi desa sebagai kelengkapan data dan acuan dalam menyusun program kerja apa saja yang cocok dan bermanfaat untuk dilaksanakan.

4. Menyusun Program kerja yang sesuai

KKN yang merupakan kegiatan pengabdian diri ke masyarakat ini tentunya harus memberikan manfaat dan harapan untuk masyarakat dalam jangka waktu panjang. Dengan mengacu pada hasil survei dan data yang telah kalian kumpulkan, tentunya akan mempermudah kalian dalam menyusun program kerja apa saja yang akan laksanakan. Program yang bermanfaat untuk waktu jangka panjang akan meninggalkan kesan bagi masyarakat, sehingga KKN-DR yang teman-teman jalankan mampu membawa perubahan bagi masyarakat.
ADVERTISEMENT

5. Pelaksanaan kegiatan

Pelaksanaan KKN harus terstruktur dengan baik sesuai dengan penjadwalan yang telah kalian buat untuk setiap program yang akan dilaksanakan. Selain itu, kalian juga harus mensosialisasikan berbagai protocol kesehatan kepada masyarakat. Jangan lupa untuk membuat catatan terhadap setiap kegiatan yang dilaksanakan untuk kelengkapan data dalam pembuatan laporan kalian.
Nah, itulah ke lima tips untuk kalian para mahasiswa yang akan melakukan persiapan kegiatan KKN-DR. Melalui persiapan ini kalian harus teliti dan cermati dalam melaksanakan tahapan seusai dengan jadwal dan selalu mencatat berbagai hal yang telah dilaksanakan guna menunjang kelengkapan data dalam penyusunan laporan kegiatan kalian. Tidak perlu bingung lagi terkait apa saja yang harus kalian lakukan dan persiapkan untuk pelaksanaan KKN-DR.
ADVERTISEMENT
Semoga informasi yang saya berikan dapat bermanfaat bagi kalian yang ingin melaksanakan KKN-DR. Semangat dan terus produktif.