Jepara dan Pesonanya

Mila Yuliana
Journalism Student at Politeknik Negeri Jakarta
Konten dari Pengguna
11 Juni 2024 7:07 WIB
·
waktu baca 3 menit
comment
0
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Tulisan dari Mila Yuliana tidak mewakili pandangan dari redaksi kumparan
Foto diambil dari KompasPedia, diabadikan oleh Antonius Purwanto
zoom-in-whitePerbesar
Foto diambil dari KompasPedia, diabadikan oleh Antonius Purwanto
ADVERTISEMENT
sosmed-whatsapp-green
kumparan Hadir di WhatsApp Channel
Follow
Pernahkah kamu ke Jepara?
Jepara yang mendapat julukan kota ukir seakan tak pernah mendapat atensi dari masyarakat. Kamu mungkin cenderung akan memilih kota-kota besar untuk dikunjungi di waktu libur. Padahal, banyak sekali destinasi wisata yang bisa kamu datangi apabila berkunjung ke Jepara.
ADVERTISEMENT
Bayangkan pagi hari yang tenang di Pantai Kartini, di mana pasir putihnya menghampar luas dan ombak kecil menyapu lembut kakimu. Matahari terbit di cakrawala, memberikan cahaya keemasan yang memantul di atas air laut yang jernih. Di kejauhan, perahu-perahu nelayan berlayar perlahan, menambah suasana damai yang sulit ditemukan di kota-kota besar.
Tak jauh dari situ, Karimunjawa menanti dengan keindahan bawah lautnya yang memukau. Pulau-pulau kecil yang tersebar bak permata di tengah lautan, menawarkan pesona tersendiri bagi para pecinta snorkeling dan diving. Terumbu karang yang berwarna-warni, ikan-ikan eksotis yang berenang bebas, dan air laut yang sejernih kristal membuatmu merasa seperti berada di surga dunia. Di sini, kamu bisa merasakan keajaiban alam yang masih asli dan belum banyak tersentuh tangan manusia.
ADVERTISEMENT
Jepara juga memiliki hutan-hutan tropis yang rimbun, seperti Hutan Keling. Saat kamu berjalan menyusuri jalur-jalur setapak di bawah kanopi hijau, suara kicauan burung dan gemericik air dari sungai kecil menemanimu. Udara segar yang dihirup di tengah pepohonan yang menjulang tinggi akan mengembalikan energimu yang terkuras oleh rutinitas kota. Kamu bisa berhenti sejenak di tepi air terjun Songgo Langit, merasakan kesegaran air yang jatuh deras dari ketinggian, menciptakan butiran-butiran air yang menyejukkan wajahmu.
Selain itu, Jepara menyimpan pesona sejarah dan budaya yang kaya. Di Desa Mantingan, kamu bisa mengunjungi Masjid dan Makam Mantingan yang penuh dengan ukiran-ukiran indah, warisan seni yang memperlihatkan keterampilan tangan para pengrajin Jepara. Setiap ukiran di sana bercerita tentang kejayaan masa lampau dan warisan budaya yang terus dijaga hingga kini.
ADVERTISEMENT
Dan tentu saja, Jepara tidak bisa dilepaskan dari pesona seni ukirnya. Mengunjungi workshop pengrajin di desa-desa seperti Mulyoharjo, kamu bisa menyaksikan langsung proses pembuatan ukiran kayu yang rumit dan detail. Aroma kayu segar yang diukir, suara pahat yang bertemu kayu, dan senyum ramah para pengrajin memberikan pengalaman tersendiri. Di sini, kamu tidak hanya melihat hasil seni, tetapi juga memahami dedikasi dan keahlian yang diperlukan untuk menciptakan karya-karya tersebut.
Jadi, jika kamu mencari liburan yang berbeda, dengan sentuhan alam, sejarah, dan budaya yang kaya, Jepara adalah destinasi yang sempurna. Setiap sudutnya menawarkan keindahan dan ketenangan yang bisa menjadi pelarian ideal dari hiruk pikuk kota. Cobalah luangkan waktu untuk mengunjungi Jepara, dan biarkan pesona alam dan budayanya menyegarkan jiwa dan ragamu.
ADVERTISEMENT