Bisnis
·
9 Juni 2021 17:29
·
waktu baca 1 menit

4 Alasan Kamu Harus Pilih Brand Lokal sebagai Produk Favorit

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Alasan Kamu Harus Pilih Brand Lokal sebagai Produk Favorit (165053)
searchPerbesar
Ayo, dukung brand lokal Indonesia! Foto: Shutterstock.
Tren belanja online yang terus meningkat di masa pandemi. Tak hanya produsen atau brand global yang berlomba-lomba melancarkan strategi penjualannya, brand lokal juga ikut bersaing mempromosikan produk atau jasanya agar kian tersohor.
Kehadiran marketplace dan e-commerce pun membuat peluang brand lokal semakin luas untuk mengenalkan keunggulannya. Bahkan beberapa di antaranya berhasil menembus pasar internasional.
Sampai saat ini, brand lokal juga sudah menjamah dunia fesyen, perawatan kulit alias skin care, kerajinan tangan, perabotan rumah, dan masih banyak lagi. Keterjangkauan ini membuktikan bahwa brand lokal juga layak menjadi pilihan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.
Sayangnya, tak sedikit orang yang memandang brand lokal sebelah mata. Masih banyak yang menganggap produk lokal tidak berkualitas dan mudah rusak, ada juga yang sering enggan menggunakannya karena menganggap norak dan dituding memplagiat brand besar.
Padahal brand lokal juga tidak kalah berkualitas, lho. Sebelum cepat-cepat menghakimi, kali ini kumparan ingin mengulas 4 kelebihan yang bisa kamu dapatkan ketika membeli brand lokal. Apa saja?

1. Desain yang unik dan autentik

4 Alasan Kamu Harus Pilih Brand Lokal sebagai Produk Favorit (165054)
searchPerbesar
Ilustrasi desainer lokal yang sedang merancang desain unik dan autentik untuk produk brand lokalnya. Foto: Shutterstock.
Tak hanya hadir dengan harga terjangkau, membeli produk dari brand lokal juga akan memberikan kesan “limited edition” dan eksklusif. Sebab, tak jarang brand lokal menyuguhkan desain yang unik dan autentik dalam produknya.
Biasanya brand lokal juga tidak lupa untuk menyisipkan ornamen atau ciri khas dari budaya Indonesia, seperti penamaan produk yang diambil dari bahasa daerah, ilustrasi batik dalam desain, atau kain tenun sebagai ornamen sebuah busana. Tentunya sangat menarik, bukan?

2. Harga produk dan ongkos kirim yang murah

4 Alasan Kamu Harus Pilih Brand Lokal sebagai Produk Favorit (165055)
searchPerbesar
Karena jarak yang lebih pendek, harga produk dan ongkos kirimnya pasti akan lebih murah. Foto: Shutterstock.
Alih-alih mendapatkan serbuan pesanan, brand lokal sering mendapat banyak pertanyaan soal kualitas karena dijual dengan harga yang lebih murah. Padahal, harga yang cenderung lebih rendah tersebut datang dari budget produksi yang lebih hemat.
Produksi brand lokal dilakukan dari dalam negeri dan tidak memerlukan biaya impor, sehingga harga produk pun terkadang menjadi lebih murah dari harga produk sejenis di pasaran. Tak hanya itu, beberapa marketplace dan e-commerce juga memberikan potongan untuk biaya pengiriman karena jarak antar yang lebih dekat.

3. Mendukung optimalisasi penggunaan sumber daya Nusantara

4 Alasan Kamu Harus Pilih Brand Lokal sebagai Produk Favorit (165056)
searchPerbesar
Dengan mendukung brand lokal, kamu juga turut mendukung optimalisasi penggunaan sumber daya alam dan manusia di Nusantara. Foto: Shutterstock.
Baik pegiat bisnis kecil, menengah, atau raksasa; semuanya merasakan dampak pandemi COVID-19 yang membuat keadaan finansial semakin lemah. Dengan keadaan ekonomi yang melemah, produksi suatu barang pasti terhambat. Hal ini tentunya berimbas pada optimalisasi sumber daya; dari material sampai tenaga kerja.
Dengan membeli brand lokal, kamu turut mendukung penggunaan sumber daya alam dari Nusantara agar dimanfaatkan secara maksimal. Produksi berkelanjutan membuat material atau bahan mentah tidak hanya menjadi stok mati yang akhirnya rusak.
Selain itu, produksi yang ramai juga berarti membutuhkan tenaga yang lebih banyak; tentunya hal ini akan mengurangi angka pengangguran.

4. Mudah dijangkau dan ditemukan

4 Alasan Kamu Harus Pilih Brand Lokal sebagai Produk Favorit (165057)
searchPerbesar
Ilustrasi akses mudah karena brand lokal kini dapat ditemukan pada berbagai marketplace sejak online. Foto: Shutterstock.
Sejak awal pandemi, brand lokal semakin terkenal dan menjadi pusat perhatian masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, brand lokal kini tidak lagi hanya dapat ditemukan pada bazar atau stan-stan kecil di pameran dan mal. Kini, berbelanja produk brand lokal dapat dilakukan dalam genggaman smartphone.
Ya, kamu dapat melakukan perbandingan rating atau riset terlebih dahulu sebelum membeli produk brand lokal. Dengan melihat tingkat kepuasan pembeli sebelumnya, kamu tak perlu khawatir saat akan memutuskan untuk membeli.
Jadi, masih ragu dengan brand lokal yang lebih affordable dan tak kalah kualitasnya? Tak perlu tunggu nanti, segera akses LazMall dari aplikasi Lazada. Sebagai marketplace dari ribuan brand lokal tepercaya di Indonesia, LazMall hadir menjadi mal virtual yang menyuguhkan deretan produk bergaransi yang berkualitas tinggi.
Salah satu brand lokal yang telah menjadi seller resmi LazMall adalah VONA. Di balik 96 persen penilaian positif yang diberikan oleh konsumen VONA, terdapat kerja keras dari pengrajin Indonesia yang menciptakan produk-produk berkualitas untuk dikirim dan dijual ke pasar global.
Melihat VONA sebagai contoh nyata keberhasilan brand lokal Indonesia, Lazada berkomitmen untuk terus mendukung produksi dalam negeri dengan memberikan brand lokal pengakuan dan peluang berjualan di LazMall. Dengan ini, bisnis lokal dapat terus berkembang sambil membantu tenaga kerja di Indonesia untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi.
Ada lebih dari 18.000 brand nasional dan internasional menunggu di LazMall. Segera unggah aplikasi Lazada di App Store dan Play Store.
Tak hanya untuk konsumen, bagi para pemilik brand lokal yang ingin mengekspansi bisnis bersama Lazada, ini saat yang tepat untuk membuat produkmu dilirik 8 juta pengguna aktif setiap harinya. Segera lihat caranya di sini!
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Lazada
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020