Entertainment
·
20 Februari 2018 13:37

4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pacar Sedang Stres

Konten ini diproduksi oleh kumparan
4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pacar Sedang Stres (8740)
Bekerja di rumah bikin stres. (Foto: Thinkstock)
Setiap orang pasti membutuhkan dukungan dari pasangannya, terutama saat masa sulit datang menghampiri. Namun, enggak semua orang tahu hal apa yang bisa mereka lakukan untuk pasangan. Karenanya, seringkali keadaan justru semakin memburuk.
ADVERTISEMENT
Profesor komunikasi Wake Forest University, Jennifer Priem, mengatakan bahwa komunikasi suportif dengan pasangan sebenarnya bisa mengurangi kadar kortisol dengan menenangkan dan mengurangi tekanan. Lalu, seperti apa bentuk komunikasi suportif yang harus diberikan kepada pasangan? Berikut rangkuman kumparan (kumparan.com) seperti yang dilansir Her World.
1. Akui bahwa dia sedang stres
4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pacar Sedang Stres (8741)
Eye Contact Sebagai Cara Penghilang Stres (Foto: thinkstock)
Jennifer Priem menjelaskan bahwa seseorang akan cenderung memberikan dukungan terbaik saat mereka bisa menafsirkan rasa stres yang dialami seseorang. Kamu harus menyadari bahwa mereka membutuhkan dukungan.
“Saat pasangan merasa stres, dia memerlukan dukungan, hal yang bisa kamu lakukan adalah mengatakan kepadanya untuk enggak khawatir atau coba alihkan perhatian orang tersebut dari topik-topik yang bisa membuatnya stres. Hal ini akan sangat membantu,” tambah Jennifer Priem.
ADVERTISEMENT
2. Menggunakan komunikasi verbal dan non-verbal
4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pacar Sedang Stres (8742)
Komunikasi jadi kunci kebahagiaan. (Foto: thinkstockphotos.com)
Mendengarkan dan mengajukan beberapa pertanyaan, melakukan kontak mata, mengangguk, dan menyentuh pasangan sangat dianjurkan saat dia sedang mengalami stres. Hal ini dapat membantu untuk mengurangi kadar kortisol mereka. Sebab, Jennifer Priem menambahkan bahwa pemulihan stres tercepat berasal dari pesan eksplisit. Ketika pasangan stres, mereka enggak bisa fokus menafsirkan pesan dengan baik, karena itu, kejelasan dan bantuan kontak mata akan sangat menolong.
3. Memahami
4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pacar Sedang Stres (8743)
Memahami maksud dari setiap perkataannya (Foto: Thinkstock)
Coba pahami situasi sulit yang sedang dialami. Dengan mencoba untuk memberi saran, kamu bisa saja mematikan respons emosionalnya.
4. Lakukan pendekatan yang seperlunya
4 Hal yang Bisa Kamu Lakukan Saat Pacar Sedang Stres (8744)
Akhiri masa pendekatan jika sudah tidak serius. (Foto: Thinkstock)
Barangkali kamu berpikir bahwa memberikan dukungan adalah hal baik yang bisa dilakukan, namun, dukungan yang baik bukan berarti kamu harus berlebihan. Lakukan beberapa hal yang sewajarnya seperti memeluknya atau selalu ada saat dia butuh teman cerita.
ADVERTISEMENT