Entertainment
·
16 November 2020 21:39

5 Alasan Keliru dalam Memulai Hubungan Baru: Kesepian sampai Ingin Cepat Move On

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Alasan Keliru dalam Memulai Hubungan Baru: Kesepian sampai Ingin Cepat Move On (482241)
Ilustrasi Sebaiknya Jangan Pacaran Hanya karena Alasan Ini Foto: Freepik
Saat baru putus cinta, rasa sedih, kecewa, dan sakit hati enggak bisa dihindari. Mungkin kamu menganggap mencari gebetan atau pacar baru bisa cepat menghilangkan rasa sakit hati karena hubungan yang sebelumnya. Padahal dalam kenyataannya belum tentu, lho.
ADVERTISEMENT
Sebaiknya jangan mulai pacaran karena alasan-alasan di bawah ini, seperti dikutip dari Bright Side.

1. Pacaran karena Merasa Kesepian

Sebelum kamu memutuskan untuk memulai hubungan baru, coba tanyakan pada diri sendiri apa tujuannya. Ketika jawabannya karena kesepian, berarti kamu harus mempertimbangkan lagi keputusan ini. Jangan nantinya melukai perasaan orang lain. Cobalah belajar menikmati waktu sendirian.
Kamu enggak membutuhkan pacar buat merasa bahagia, kok. Gunakan waktu buat melakukan hobi atau mencoba hal-hal baru. Dengan begitu, kamu juga bisa bertemu orang-orang baru dan enggak kesepian lagi.

2. Ingin Dicintai Seseorang

Enggak ada yang bisa mencintai kamu lebih dari diri sendiri. Bukannya egois atau tinggi hati, tetapi ini artinya kamu menerima dan mencintai diri sendiri apa adanya.
ADVERTISEMENT
Ketika sudah berhasil mencintai diri sendiri, kamu bakal bertemu orang yang tepat di saat yang tepat juga. Nah, di situ kamu bisa memulai hubungan di saat diri kamu juga sudah siap. Jangan terburu-buru dan nikmati aja prosesnya, ya.

3. Ingin Merasa Nyaman

Setelah putus, mungkin kamu pengin merasa nyaman seperti saat pacaran dulu. Kamu jadi senang berada di sekitar orang yang sekiranya bisa menggantikan posisi mantan pacar.
Misalnya, kamu jadi membayangkan bisa menumpahkan kegelisahan ke seseorang. Akhirnya kamu berpikir untuk segera memulai hubungan baru, deh. Padahal, sebenarnya hal itu enggak benar.
Sebaiknya jauhkan pikiran itu apabila belum sepenuhnya move on dari mantan. Jangan membuat orang lain sakit hati karena hal ini. Coba luangkan waktu untuk hal yang bisa membuat kamu merasa lebih baik. Dengan begitu, kamu juga bisa lebih bijak memikirkan kapan harus memulai hubungan yang baru.
ADVERTISEMENT

4. Ingin Cepat Move On

Move on bukan berarti harus langsung memulai hubungan baru, tetapi maksudnya harus menerima hubungan yang telah usai.
Kamu harus mulai melakukan sesuatu buat diri sendiri. Tujuannya supaya bisa lebih percaya diri dan merasa bahagia. Jangan buru-buru memulai hubungan baru di saat belum berhasil melupakan mantan.

5. Tekanan Sosial

Mungkin kamu sudah merasa bahagia sendirian. Namun, tekanan sosial bikin kamu jadi merasa enggak nyaman. Rasanya seperti melewatkan sesuatu ketika sahabat kamu menikah, misalnya. Kejadian seperti ini bisa memicu untuk buru-buru memulai hubungan baru.
Nah, sebaiknya kamu hindari pikiran seperti ini. Ingat, jangan bandingkan hidup kamu dengan orang lain. Fokuslah ke hidup sendiri. Jangan memulai hubungan baru hanya karena merasa iri atau ketinggalan sesuatu. Siapkan aja diri kamu buat menyambut orang baru di saat yang tepat nantinya.
ADVERTISEMENT
Laporan: Alexa Birgitta