Buzz
·
5 September 2019 7:00

5 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Orang yang Tepat Waktu

Konten ini diproduksi oleh kumparan
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Orang yang Tepat Waktu (181065)
Ilustrasi mengatur waktu. Foto: Shutter stock
Karena kebiasaan telat sudah jadi hal yang wajar, maka tindakan preventifnya adalah kita seringkali menggandakan waktu meet up satu jam lebih awal. Hal ini rasanya sudah jadi rahasia umum terutama buat para pekerja yang punya mobilitas tinggi.
ADVERTISEMENT
Namun, tetap saja, ngaret masih sering terjadi. Ngaret bisa terjadi karena berbagai macam hal, salah satu alasan yang paling klise adalah macet. Memang, waktu di perjalanan kerap kali enggak bisa diprediksi. Tapi, apakah macet memang selalu menjadi alasan? Atau memang ngaret sudah menjadi sebuah kebiasaan?
Tentu saja, kebiasaan datang terlambat enggak baik dan merugikan pihak lain yang datang on time. Sampai kapan, sih, kamu mau terus melakukan kebiasaan itu dan enggak berusaha untuk mengubahnya?
Nah, berikut kumparan beberkan alasan dan manfaat kenapa kamu harus datang tepat waktu. Simak, ya!
1. Dapat memanfaatkan kesempatan dengan sebaik-baiknya
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Orang yang Tepat Waktu (181066)
Ilustrasi waktu Foto: Thinkstock
Mungkin beberapa dari kalian ada yang tahu kutipan “kesempatan tidak datang dua kali”. Hal ini membuat kita sadar akan berharganya waktu, kalau kita datang on time tentu bisa mengerjakan pekerjaan yang lain.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu datang telat pasti jadwal kegiatanmu akan sia-sia dan enggak bisa memanfaatkan kesempatan yang ada.
2. Mendisiplinkan diri
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Orang yang Tepat Waktu (181067)
Disiplin waktu. Foto: Unsplash
Apa yang terjadi, kalau bos tahu kamu adalah si tukang ngaret? Syukur kalau kamu enggak dimarahi, tapi imbas lainnya adalah, dia jadi kurang percaya padamu. Maka dari itu, kamu harus membiasakan diri untuk lebih disiplin.
Salah satu cara untuk mendisplinkan diri adalah dengan datang tepat waktu, dengan cara sederhana ini kamu akan terbiasa untuk berperilaku disiplin.
3. Lebih produktif dengan dapat menyelesaikan lebih banyak hal
5 Alasan Kenapa Kamu Harus Jadi Orang yang Tepat Waktu (181068)
Ilustrasi Tetap Produktif Saat Harus Bekerja di Rumah Foto: Unsplash
Kalau kamu bukan si tukang ngaret, hari-hari yang kamu jalani pasti enggak akan terbuang dengan sia-sia. Dan mungkin saja, akan banyak hal yang dapat diselesaikan lebih cepat daripada jika kamu datang telat.
ADVERTISEMENT
4. Belajar untuk menghargai seseorang
Pernahkah kamu merasa jengkel, kalau menunggu temanmu dalam waktu yang lama? Enggak enak, bukan? Datang tepat waktu merupakan bagian dari cara kita untuk menghargai orang lain, temanmu akan merasa dihargai, kalau kamu bisa menepati janji.
5. Mendapat citra yang baik
Datang tepat waktu dapat menunjukkan bahwa kamu adalah orang yang dapat diandalkan, dipercaya dan berusaha untuk berkomitmen atas apa yang kamu janjikan, lho. Bukan hanya itu, kamu juga menunjukkan bahwa kamu orang yang berintegritas.
Alasan-alasan yang sering dilontarkan ketika datang terlambat sudah enggak relevan lagi, saat ini ngaret bukan lagi disebabkan karena hal-hal ketidaksengajaan tapi sudah menjadi sebuah kebiasaan yang melekat.
ADVERTISEMENT
Jadi, teruntuk kamu si tukang ngaret masih mau membuang waktumu dengan sia-sia?