Entertainment12 Mei 2019 17:24

5 Alasan Kenapa Self Love Penting Dilakukan

Konten Redaksi kumparan
5 Alasan Kenapa Self Love Penting Dilakukan (228647)
Ilustrasi perempuan bahagia. Foto: Shutterstock
Akhir-akhir ini, kampanye soal self love atau mencintai diri sendiri marak terdengar berkenaan dengan isu kesehatan mental yang juga banyak menjadi perhatian.
ADVERTISEMENT
Banyak orang merasa insecure terhadap dirinya sendiri dan terus membandingkan hidupnya dengan orang lain. Padahal, kebiasaan seperti ini enggak baik, lho, karena hanya akan fokus pada kekurangan dan apa yang enggak kamu miliki saja.
Ada baiknya kamu coba praktekkan self love. Mulai dari menerima segala kekurangan, berdamai dengan diri sendiri, manjakan diri, lakukan hobi dan berhenti memikirkan kata-kata negatif dari orang lain.
Dilansir Her Campus, setidaknya ada lima alasan mengapa kamu harus melakukan self love.
1. Kamu patut bangga atas pencapaianmu sekarang
Beri penghargaan pada dirimu sekecil apapun mulai dari sekarang. Ingat, kamu sudah menempuh jalan yang enggak mudah dan mungkin masih akan panjang ke depannya.
Kamu mungkin pernah bersusah payah mengejar keinginan, jatuh bangun menghadapi ketakutan, dan masalah-masalah lain dalam hidup. Kemajuan-kemajuan sekecil apapun patut kamu syukuri!
ADVERTISEMENT
2. Kekuranganmu bukan jadi hambatan
Semua orang pasti punya kekurangan dan pernah melakukan kesalahan. Segala kekurangan dan kesalahanmu itu, enggak seharusnya menutup segala kemungkinan yang ada.
Daripada kamu menyesali dan terjebak pada kekurangan dan kesalahan, lebih baik kamu fokus untuk terus mengembangkan diri. Ingat, kamu juga berhak bahagia.
3. Kamu lebih kuat dari yang kamu kira
Beberapa dari kalian mungkin pernah ada yang melewati malam-malam melelahkan. Enggak bisa tidur, menangis, dan merasa beban yang kamu rasa terlalu berat.
Siapa sangka, ternyata kamu justru mampu melewatinya dengan baik dan kamu melakukannya berkali-kali!
Hal itu membuktikan bahwa kamu lebih kuat dari yang kamu kira. Masalah-masalah yang pernah datang mendera akan membentuk pribadimu jadi lebih bijak dan kuat lagi.
ADVERTISEMENT
4. Kamu akan lebih bahagia
Ketika kamu menyadari seberapa jauh 'jarak' yang kamu tempuh hingga menjadi dirimu yang sekarang dan menghargai setiap prosesnya, kamu tentu akan lebih lega dan bahagia.
Karena, kamu telah berhasil melewati masa-masa melelahkan yang menguras energi dan pikiranmu.
5. Kamu berhak dapat yang terbaik
Mungkin saat ini bukan masa terbaikmu, tapi bertahanlah. Kamu berhak mewujudkan satu persatu tujuan dan daftar keinginanmu dalam bucket list!
Biarkan hidup membawamu ke kejutan-kejutan menyenangkan lainnya. Santai saja!
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-whitesosmed-facebook-whitesosmed-twitter-whitesosmed-line-white