kumparan
23 Juli 2018 16:50

5 Cara Membedakan Nafsu dan Cinta dalam Pacaran Remaja

Ilustrasi pacaran anak SMA (Foto: Aditia Noviansyah/kumparan)
Pernah enggak, sih, kamu merasa nyaman dengan seseorang tanpa alasan? Yap, nyaman dengan seseorang memang bisa bikin kamu lebih senang. Namun kamu perlu berhati-hati, sebab, apa yang kamu rasakan belum tentu beneran cinta, atau malah hanya nafsu sesaat.
ADVERTISEMENT
Enggak sedikit orang masih terkecoh dengan pemahaman mengenai cinta dan nafsu. Wajar, soalnya keduanya memiliki perbedaan yang sangat tipis.
Menurut Psikolog Klinis dan Relationship Expert, Denrich Suryadi, cinta memiliki makna yang luas dan bermuatan emosi yang mendalam.
"Tertuju pada bagaimana memberi dan pemenuhan untuk saling membahagiakan sifatnya," katanya saat dihubungi kumparan beberapa waktu yang lalu.
Sedangkan nafsu, menurutnya hanya lebih menggambarkan dorongan secara fisik saja tanpa memperhatikan unsur emosional seperti keintiman psikologis.
Nah, kalau kamu masih bingung membedakan keduanya, yuk kenali perbedaannya agar kamu enggak terjebak dengan hubungan yang hanya berlandaskan nafsu.
1. Dari cara menatap
University of Chicago pernah melakukan penelitian mengenai perbedaan antara hubungan yang berlandaskan cinta dan nafsu. Penelitian itu dilihat dari pergerakan mata seseorang.
ADVERTISEMENT
Hasil penelitian itu mengungkapkan fakta bahwa seseorang yang menunjukkan ketertarikan secara romantis cenderung akan memandang wajah. Sedangkan yang berlandaskan nafsu, hanya melihat anggota badan lainnya.
2. Dari cara menyentuh
Enggak hanya dari tatapan, ternyata membedakan hubungan yang berlandas nafsu dan cinta juga bisa dibuktikan dari sentuhan. Menurut Mila Mapp, Terapis dan Ahli Percintaan, seseorang yang beneran cinta akan menyentuh orang yang dia sukai dengan sentuhan yang sehat dan persaan yang hangat dan lembut. Sedangkan sentuhan yang berlandaskan nafsu biasanya bersifat memaksa dan enggak menghargai batasan.
3. Dari tipe obrolan
Ilustrasi Diskusi dengan Pasangan (Foto: Pixabay)
Nah, dari tipe obrolan kamu juga bisa membedakan apakah gebetan atau pacar kamu beneran cinta atau sebatas nafsu saja. Caranya cukup mudah, kalau pasangan kamu kerap mengajak ngobrol soal topik-topik yang lebih serius dan menunjukkan ketertarikannya dengan hal-hal sepele seperti mimpi, masa kecil, hingga soal keluarga, berarti dia beneran cinta sama kamu.
ADVERTISEMENT
Sedangkan, kalau topik yang diutarakan hanya sebatas flirting dan topik-topik yang mengarah ke soal seks, berarti dia hanya nafsu.
4. Dari cara menyampaikan pendapat
Kalau cowok kamu hanya mengatakan pendapat yang pengin kita dengar, dan terus mengatakan kata-kata manis yang bikin kita senang, berarti dia mendekati kamu atas dasar nafsu semata.
Berbeda dengan cowok yang beneran cinta, dia akan lebih realistis dan memberikan pendapatnya sejujur mungkin.
5. Memperkenalkan ke orang terdekat
Menurut Founder dan CEO dari oppositeconnect.com, Larry Wilson, saat seseorang memperkenalkan kita ke orang-orang terdekatnya, berarti ia ingin menunjukkan kalau kita adalah orang penting baginya. Berbeda dengan cowok yang hanya mendekati kita dengan alasan nafsu, dia cenderung akan menghindar saat ditanya perihal orang terdekatnya.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan