kumparan
27 Juni 2019 8:01

5 Ciri Quarter Life Crisis

Ilustrasi Pegal
Ilustrasi perempuan Foto: Shutterstock
Ketika memasuki pertengahan dan akhir 20-an, seringkali kamu merasa ada sesuatu yang salah dan kurang dari hidupmu. Kamu mulai mempertanyakan semua yang telah kamu lakukan. Selain itu, mulai timbul rasa iri pada orang-orang di sekelilingmu dan ingin menjadi mereka.
ADVERTISEMENT
Jika kamu sedang mengalami hal tersebut, bisa jadi kamu sedang dalam fase quarter life crisis.
Lalu, apa sih, ciri-ciri dari quarter life crisis itu? Dilansir Life Hack, kalau kamu mengalami beberapa tanda di bawah ini, mungkin kamu sedang berada dalam fase tersebut. Yuk, disimak!
1. Kamu ingin keluar dari rutinitasmu
Ciri-ciri yang pertama ini adalah yang paling mudah ditemui ketika pada orang-orang usia produktif untuk bekerja. Kamu merasa dipenjara dengan rutinitas, kamu merasa gajimu enggak cukup buat bulanan, kamu merasa hidup begitu-begitu saja, dan bosan.
2. Kamu cemas ketika melihat temanmu sudah menikah atau bahkan punya anak
Lagi asyik scrolling Instagram, eh, enggak sengaja melihat Instastory temanmu yang lagi pre-wedding, lanjut dengan ngelihat temanmu yang lain sedang menggendong bayinya yang baru lahir. Sedangkan kamu, pacar saja enggak punya.
ADVERTISEMENT
Rasa cemas atau panik ketika melihat postingan temanmu itu wajar, asalkan kamu enggak membandingkan kehidupanmu dengan mereka. Tenang, semua orang punya timeline-nya masing-masing, kok.
3. Kamu ingin mencoba sesuatu yang baru tapi enggak punya waktu
Pengin banget coba ikut kelas yoga atau backpacker-an, tapi jatah cuti dari kantor enggak banyak. Selamat datang di masa: 'uang punya, tenaga punya, tapi waktu enggak ada'. Kamu jadi sadar betul kalau waktu itu sangat berharga.
4. Kamu merasa ada yang kurang
Mungkin sekarang kamu sudsh menjalani hidup yang sesuai dengan cita-citamu dulu. Tapi, tetap saja ada yang terasa kurang dan kamu berharap bisa melakukan lebih.
ADVERTISEMENT
Namanya manusia, memang enggak pernah puas, ya, guys. Tapi, coba untuk bersyukur dan berterima kasih pada dirimu sendiri atas sekecil apapun pengorbanan yang telah kamu lakukan.
5. Kamu enggak menyadari beberapa hal
Ada beberapa hal yang terkadang luput mulai dari kesehatan, perubahan fisik sampai sadar masalah keuangan.
Contohnya, saking sibuknya kerja, kamu mulai enggak sadar bahwa ada kerutan di ujung matamu. Kamu juga mulai menyadari bahwa mencari uang itu enggak gampang dan mulai menghargai kerja keras orang tua yang menghidupimu dulu.
Tenang, kamu enggak sendiri, kok, dalam melewati fase kehidupan yang satu ini. Semua ada waktunya, yang terpenting, jangan terlalu memaksakan kehendak dan percaya akan kemampuan dirimu sendiri.
ADVERTISEMENT
Penulis: Stefanny Tjayadi
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan