kumparan
21 Sep 2019 15:11 WIB

5 Tipe Dosen Killer yang Biasa Dihadapi Mahasiswa

Ilustrasi dosen Pria. Foto: Shutter Stock
Baik dosen dan mahasiswa, keduanya punya kaitan yang saling membutuhkan. Enggak ada dosen, mahasiswa enggak bisa belajar. Begitu juga sebaliknya kalau enggak ada mahasiswa, dosen mau mengajar siapa, dong?
ADVERTISEMENT
Dosen buat para mahasiswa udah seperti orang tua kedua yang harus dihormati, jadi enggak heran kalau seorang mahasiswa sampai bisa sangat dekat dan hafal karakter dari tiap dosennya. Sampai-sampai, mereka ini bisa membedakan mana dosen yang friendly, santai, sampai dosen yang killer.
Berbicara mengenai dosen killer, di setiap kampus tentu akan kamu temui beberapa dosen killer dengan cara mengajar yang berbeda-beda seperti beberapa dosen berikut ini.
1. Tepat waktu
Buat dosen yang satu ini, waktu adalah uang. Jadi, jangan sia-siakan waktu yang ada, ya, karena enggak ada toleransi waktu dari dosen ini. Jadi, buat mengikuti kelas yang dosen ini pimpin, jangan sampai telat satu menit pun, ya.
ADVERTISEMENT
Kalau kamu mau tetap dianggap kehadirannya, cobalah datang tepat waktu. Biasanya, dalam satu mata kuliah yang diajar dosen, hanya ada jatah tiga kali absensi untuk setiap mahasiswa.
2. Jangan pernah ngobrol saat dosen mengajar!
Memasuki ruang kelas dengan dosen seperti ini, waktu mungkin akan terasa lama, kenapa? Soalnya, di kelas ini kamu enggak diperkenankan buat memainkan gadget ataupun ngobrol dengan temanmu. Kalau kamu berani melanggarnya, kamu akan jadi sasaran empuk buat dosen yang satu ini.
Nama kamu akan selalu diingat dan disebut di dalam kelas, atau bisa saja sewaktu-waktu kamu disuruh menjelaskan ulang penjelasan yang udah dijelaskannya.
3. Memberikan tugas dengan deadline mepet
Dosen yang satu ini bisa secara tiba-tiba akan memberikan kamu beberapa soal yang rumit dan harus segera diselesaikan dalam tempo sesingkat-singkatnya.
ADVERTISEMENT
Positive thinking aja, siapa tau dosen ini memiliki niat yang baik supaya kita terbiasa untuk mengerjakan sesuatu dengan sigap dan tepat waktu. Hal itu sangat baik, kok, lagi pula walau kamu mengeluh sedemikian rupa, kamu tetap harus mengerjakannya kalau ingin mendapat nilai dari si dosen.
4. Pelit nilai
Ilustrasi dosen Pria. Foto: Shutter Stock
Sekeras apapun kamu belajar dan rajin mengikuti perkuliahannya, nilai yang kamu dapatkan enggak jauh-jauh dari B,C,atau D. Tipe dosen killer ini, mempunyai standar yang tinggi ketika memberikan nilai kepada mahasiswanya.
Dapat nilai B atau C saja sudah bersyukur, enggak perlu muluk-muluk dengan dosen ini. Kamu hanya mengikuti kelasnya dengan baik dan enggak bersikap buruk, jaga baik-baik mood-nya kalau enggak mau mengulang kelas di semester berikutnya.
ADVERTISEMENT
5. Bahan ujian berbeda dengan bahan materi di kelas
com-Ilustrasi Ujian Foto: Shutterstock
Dosen killer yang satu ini akan memberikanmu kisi-kisi menjelang ujian, namun sayangnya bahan yang mereka berikan sungguh berbeda dengan soal ujiannya. Para mahasiswa udah belajar dengan sungguh-sungguh, tapi saat ujian harus menghadapi materi nya sangat berbeda. Alhasil, mengarang bebas pun dimulai.
Hal ini yang membuat kebanyakan mahasiswa sulit untuk mendapatkan nilai maksimal. Maka dari itu, tips untuk kamu yang menghadapi dosen tipe ini adalah pelajari semua materi di luar kisi-kisi yang diberikan dosen, ya.
Adakah salah satu dari tipe dosen killer di atas yang pernah atau sedang kamu hadapi?
Reporter: Aulania Silviananda
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan