kumparan
21 Oktober 2019 15:54

5 Tips Atasi Grogi di Hari Pertama Kerja

perempuan, toxic, rekan kerja
Ilustrasi grogi di kantor Foto: Shutterstock
Merasa grogi di hari pertama kerja adalah hal yang wajar. Kamu belum mengenal siapapun, dan masih enggak tahu harus bersikap seperti apa.
ADVERTISEMENT
Hati-hati, lho, karena merasa grogi justru bisa membuat kamu mendapat kesan yang buruk dari rekan lainnya. Bisa aja mereka berpikir kamu enggak mampu mengatasi emosi diri sendiri.
Makanya, kamu mesti tahu, nih, caranya mengatasi rasa grogi di lingkungan baru. Dilansir laman The Muse, ada beberapa tips yang bisa kamu coba untuk menghilangkan rasa grogi saat bekerja di lingkungan baru. Simak, ya!
1. Santai
Enggak ada yang perlu dikhawatirkan, kok, selagi kamu bersikap santai dan yakin dengan dirimu sendiri, semua akan berjalan dengan baik.
Tunjukkan kalau kamu senang berada di tempat yang baru, sehingga karyawan lain menganggap kamu nyaman untuk bergabung menjadi bagian dalam perusahaan tersebut.
2. Ingat alasan perusahaan merekrutmu
ADVERTISEMENT
Setiap perusahaan enggak akan sembarangan untuk merekrut karyawannya. Enggak mungkin, 'kan, kalau kamu diterima bekerja hanya karena alasan kasihan atau iseng, saja?
Maka dari itu, kalau kamu merasa grogi di hari pertama kerja, ingat lagi bahwa alasan perusahaan merekrutmu karena layak bekerja di tempat tersebut.
3. Anggap pekerja lain sebagai teman
Salah satu alasan kamu grogi, mungkin karena merasa enggak percaya diri dengan kemampuan bekerjamu. Secara sadar atau enggak, kamu suka membandingkannya dengan pekerja lain, dan merasa mereka lebih baik.
Hush, coba hapus pikiran kayak gini, gaes. Anggaplah mereka sebagai teman, bukan lawan. Kalau kerjanya lebih baik, minta aja untuk mengajarkan supaya kamu juga bisa meningkatkan performa kerja.
4. Percaya sama proses
ADVERTISEMENT
Hari pertama kerja adalah bagian dari proses dalam kariermu. Enggak perlu jadikan hal tersebut sebagai suatu tekanan, karena suatu proses enggak akan pernah mengkhianati hasil, kok.
Nikmatin aja prosesnya. Siapa tahu hari pertama kerjamu akan memberi kesan yang positif bagi teman kerja dan atasan? Misal, karena semangatmu tinggi, teman yang lain merasa senang bekerja denganmu.
5. Grogi hal yang normal
Ketika kamu diselimuti oleh rasa panik, takut, grogi, dan deg-degan, percayalah kalau itu hal yang normal. Masa cuma karena rasa grogi sudah menyerah?
Ingat, percaya diri itu penting. Yakinlah kalau kamu bisa melewati masa-masa sulit tersebut. Semangat, gaes!
Reporter: Aulania Silviananda
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan