kumparan
search-gray
Entertainment30 Maret 2020 15:57

6 Situs Seru Buat Kamu Belajar Skill Baru Selama di Rumah Aja

Konten Redaksi kumparan
6 Situs Seru Buat Kamu Belajar Skill Baru Selama di Rumah Aja (867585)
com-Ilustrasi wanita yang sedang belajar dengan kursus online. Foto: Shutterstock
Sudah mulai bosan dengan rutinitas yang itu-itu terus selama di rumah aja?
ADVERTISEMENT
Dua minggu sudah sejak gerakan social distancing dengan mengurangi aktivitas di luar rumah dilakukan. Wajar jika kamu sudah merasa bosan, mungkin bagi orang yang terbiasa berdiam di rumah aja, physical distancing —yang sebelumnya diberi nama social distancing— tidak berpengaruh apa-apa. Namun apa jadinya bagi kamu yang lebih suka melakukan kegiatan produktif di luar rumah?
Tak perlu khawatir, tulisan ini akan memberikan kamu referensi untuk menemukan hal baru yang tidak hanya menambah wawasan tapi juga bisa melepas rasa bosanmu.
Lho, memang bisa? Yup, berkat bantuan internet, kamu dapat mengakses enam situs seru di bawah ini sebagai media untuk belajar skill baru selama di rumah aja. Apa saja?
6 Situs Seru Buat Kamu Belajar Skill Baru Selama di Rumah Aja (867586)
com-Ilustrasi Universitas Stanford. Foto: Shutterstock
Apakah kamu pernah membayangkan dapat belajar di universitas terkemuka di seluruh dunia, seperti MIT, Stanford, atau Harvard? Jika iya, kini kamu dapat mewujudkannya melalui Class Central.
ADVERTISEMENT
Class Central adalah situs kursus online yang menyediakan ribuan kursus terbaik untuk mengasah skill kamu. Kursus online ini berfokus pada mata pelajaran yang diajarkan di universitas seperti Ilmu Komputer, Bisnis, Humaniora, hingga Seni dan Desain.
Tak perlu khawatir mengenai biaya langganan, sebab Class Central memberikan akses gratis kepada para penggunanya. Wah, menarik sekali ya!
IndonesiaX merupakan situs pendidikan online yang menyediakan kursus dari universitas, institusi, dan praktisi di berbagai bidang. Saat mengikuti kursus di IndonesiaX, kamu akan menonton rekaman video kuliah satu arah yang dilengkapi dengan animasi. Dibawakan dengan bahasa Indonesia, video juga dilengkapi dengan teks terjemahan yang bisa kamu unduh untuk membantumu belajar lebih dalam.
ADVERTISEMENT
Ada banyak kursus yang bisa kamu pilih untuk mengasah skill, seperti Economics and Finance, Humanities, Health, Engineering, dan masih banyak lagi. Bahkan platform ini menyediakan sertifikat yang bisa kamu dapatkan ketika lulus tes dan ujian, lho!
Berbeda dengan Class Central dan IndonesiaX yang lebih berfokus pada kursus mata pelajaran di universitas, Skillshare menawarkan kursus online untuk mengasah kreativitas.
Skillshare adalah komunitas pembelajaran online dengan ribuan kelas kreatif dalam bidang desain, fotografi, videografi, menulis, animasi, musik, dan bisnis. Kamu dapat menemukan dan mengasah berbagai skill baru lewat situs ini.
Tak hanya itu, di Skillshare kamu akan bertemu dengan para anggota lain yang memiliki minat yang sama, sehingga kamu dapat berdiskusi hingga membuat proyek baru bersama mereka.
ADVERTISEMENT
Kalau biasanya kamu mengikuti workshop dengan cara tatap muka, saat di rumah aja kamu bisa mengikuti workshop online di MauBelajarApa.com.
MauBelajarApa.com merupakan platform workshop online terbesar di Indonesia. Menawarkan lebih dari 1.000 workshop setiap tahunnya, kamu bisa mengikuti berbagai kelas workshop di bidang investasi, memasak, fashion, kecantikan, kesehatan, dan masih banyak lagi.
Selain menyediakan workshop online secara gratis, MauBelajarApa.com juga menawarkan workshop berbayar mulai dari Rp250.000 hingga di atas Rp1.000.000. Tapi tenang saja, harga tersebut worth it kok untuk mengasah skill baru kamu!
Di rumah aja adalah saat yang tepat untuk mengasah skill kamu di bidang bahasa. Menyediakan kursus 35 bahasa di dunia secara online, Duolingo dapat menjadi salah satu media pembelajaran yang tepat. Kamu dapat belajar mulai dari kelas pemula hingga ahli lewat situs ini. Yang lebih mengasyikkan lagi, Duolingo menyajikan konten yang mudah diingat dan lebih menyenangkan saat mempelajari bahasa.
ADVERTISEMENT
Saat mengakses Duolingo, kamu dapat memilih tiga cara belajar seperti praktik langsung, cerita interaktif, atau mendengarkan podcast.
Lagi-lagi kamu tak perlu khawatir soal biaya, sebab Duolingo dapat diakses secara gratis sampai kamu mahir berbahasa asing!
Saat di rumah aja, bukan berarti kamu tidak bisa mendapatkan insight dan melakukan brainstorming untuk mengembangkan proyekmu. Sebab, kamu dapat mengakses TED Talk untuk menonton lebih dari 3.300 acara yang akan membangkitkan rasa ingin tahumu.
TED merupakan organisasi non profit yang secara sukses mengumpulkan para tokoh dunia yang inspiratif. Nantinya mereka akan melakukan presentasi untuk menyampaikan berbagai ide dengan berbagai bidang atau latar belakang. Sehingga, kamu dapat menemukan subjek yang menarik untuk kemudian kamu kembangkan lagi.
ADVERTISEMENT
Hal yang paling penting kamu siapkan untuk mengasah skill baru saat di rumah aja adalah kuota internet. Sebab, keenam situs di atas harus diakses secara online. Tapi kamu tak perlu takut kehabisan kuota saat sedang asyik berselancar online jika menggunakan paket AlwaysOn Unlimited dari Tri.
Ya, sebagai salah satu penyedia layanan telekomunikasi selular terkemuka di Indonesia, Tri Indonesia punya AlwaysOn Unlimited dengan kuota utama 6GB dan unlimited akses ke semua aplikasi hanya seharga Rp 55ribu. Kamu bisa bebas akses aplikasi apapun dari jam 01:00-17:00. Pas kan dengan jam produktifmu? Dengan menggunakan kuota unlimited dari Tri, kini kamu bisa terus belajar skill baru walaupun di rumah aja! Untuk informasi lengkapnya, kamu bisa klik di sini.
ADVERTISEMENT
Story ini merupakan bentuk kerja sama dengan Tri Indonesia
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white