kumparan
15 Des 2017 21:11 WIB

7 Fakta Unik Tentang Supreme yang Wajib Kamu Tahu

Supreme Store (Foto: Dok. Hypebeast)
Bisa dibilang, Supreme adalah salah satu merek yang lagi digandrungi para remaja, enggak cuma di Indonesia, tapi juga di dunia. Ada banyak alasan kenapa Supreme laku banget di dunia, salah satunya karena Supreme sering banget berinovasi lewat produk-produk terbarunya.
ADVERTISEMENT
Selain itu, apa yang membuat brand ini begitu populer? Berikut kumparan (kumparan.com) rangkum tujuh fakta unik tentang brand Supreme.
1. Didirikan oleh James Jebbia
James Jebbia (Foto: Dok. Hypebeast)
Supreme merupakan sebuah brand fashion streetwear asal Amerika Serikat. Dilansir dari Highsnobiety, brand ini didirikan oleh James Jebbia pada tahun 1994. Jebbia adalah orang Inggris yang lahir di Amerika Serikat, yang sejak awal tahun 1990-an sudah berusaha keras untuk membuat brand-nya dapat diterima oleh masyarakat luas. Hingga akhirnya, ia mendirikan toko pertamanya di Lafayette Street, New York.
2. Dibutuhkan uang sebesar 12 ribu dollar AS untuk membuka toko
Toko Supreme di Lafayette Street, New York (Foto: Instagram @matthewmke)
Sejak dibuka tahun 1994, Supreme telah menjadi fenomena global. Tapi, tahukah kamu berapa total uang yang dibutuhkan Jebbia untuk membuka toko pertamanya itu? Menurut Jebbia, ia hanya membutuhkan uang sebesar 12 ribu dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 160 juta untuk membuka toko pertama Supreme yang beralamat di Lafayette Street, New York.
ADVERTISEMENT
3. Selalu ada antrean panjang ketika Supreme merilis produk
Antrean di toko Supreme (Foto: Instagram @stuey2006)
Brand yang terinspirasi dari gaya khas berpakaian kaum muda urban Amerika ini, memang terkenal sebagai brand yang selalu berhasil menjual habis produknya.
Bahkan setiap kali Supreme merilis produk baru, selalu saja ada antrean panjang yang menunggu produk-produknya. Enggak hanya itu, ada juga beberapa pembeli yang rela menunggu sejak satu hari sebelum toko dibuka. Alhasil, lalu lintas di sekitar toko Supreme selalu terganggu akibat antrean sepanjang dua blok ini. Widih!
4. Supreme menciptakan brand image ekslusif dengan strategi kelangkaan
Supreme x Louis Vuitton. (Foto: Dok. Louis Vuitton)
Kamu pasti heran, kan, kenapa produk Supreme selalu mahal? Ternyata, Jebbia sang pendiri memiliki strategi khusus dalam menjual produknya. Strategi tersebut adalah membuat produknya ‘langka’ atau eksklusif.
ADVERTISEMENT
“Jika kami bisa menjualnya 600 buah, kami akan memproduksinya 400 buah, begitulah cara kami,” tutur James Jebbia.
Enggak hanya itu, Supreme juga memposisikan dirinya untuk sulit didapat. Meskipun terdapat permintaan yang besar, Supreme tetap konsisten untuk memproduksi produknya dalam jumlah yang terbatas. Jadi, satu buah desain dari satu produk itu hanya akan diproduksi dan dijual dalam satu kali rilis.
Karena produk Supreme sulit didapat, secara enggak langsung kesan ekslusif juga muncul pada brand tersebut.
5. Supreme pernah menjual batu bata
Loading Instagram...
Enggak hanya fashion item seperti t-shirt, jaket, sepatu, celana dalam, dan kaus kaki, Supreme juga pernah menjual barang-barang yang cukup aneh, beberapa di antaranya adalah palu, sampai linggis.
Bahkan, beberapa waktu yang lalu Supreme pernah menggegerkan publik karena menjual batu bata dengan harga 30 dollar Amerika Serikat atau sekitar Rp 400 ribu. Faktanya, banyak banget orang yang rela merogoh kocek sebesar itu dan menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi. Jika kamu menengok halaman eBay, kamu pasti bisa melihat harga jual tertinggi batu bata Supreme yang mencapai angka 1.000 dollar Amerika Serikat atau setara dengan Rp 13 juta. Wow!
ADVERTISEMENT
6. Dipakai selebriti dunia
North West memakai kaos Supreme (Foto: Dok. kimkardashianwest.com)
Alasan lain yang membuat brand ini begitu populer adalah banyaknya selebriti-selebriti dunia yang memakai produk-produk Supreme. Kalau kamu perhatikan saat ajang Paris Fashion Week terakhir, Kanye West tampak memakai jaket hijau bermotif loreng dari Supreme.
Enggak mau kalah dari ayahnya, North West, putri Kanye West dan Kim Kardashian juga kepergok pernah tampil gaya dengan t-shirt dari Supreme.
7. Sering berkolaborasi dengan merek terkenal
Loading Instagram...
Enggak hanya memproduksi item sendiri, Supreme juga sering berkolaborsi dengan merek-merek terkenal seperti Nike, Clarks, dan Vans. Enggak ketinggalan, Supreme juga pernah berkolaborasi dengan merek terkenal Commes des Garcos untuk jaket dan A.P.C untuk celana jeans. Keren, ya!
Itulah tujuh fakta unik tentang brand Supreme. Sekarang kamu sudah tahu, kan, kenapa brand ini begitu populer? Selain dari ke tujuh fakta di atas, ternyata popularitas Supreme juga didukung dari publikasi berbagai media fashion terkemuka, lho. Misalnya, majalah GQ Style yang pernah menobatkan Supreme sebagai “streetwear brand paling keren di dunia saat ini”.
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan