Buzz
·
2 Maret 2021 12:51

Apa Bedanya CV, Resume, dan Portofolio?

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Apa Bedanya CV, Resume, dan Portofolio? (56967)
Ilustrasi CV. Foto: Pixabay
Ketika ingin melamar pekerjaan, perusahaan menginginkan kamu untuk mengirimkan CV, resume, portofolio, atau ketiganya sekaligus.
ADVERTISEMENT
Tapi, kamu udah tahu belum perbedaan dari ketiganya? Coba simak dulu, yuk, seperti dikutip dari Instagram Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di bawah ini!

Curriculum Vitae (CV)

Apa Bedanya CV, Resume, dan Portofolio? (56968)
Ilustrasi CV Foto: Shutterstock
CV berasal dari bahasa Latin yang berarti jalan hidup seseorang. Makanya berisi riwayat hidup mulai dari data diri sampai informasi-informasi secara inci.
Selain buat melamar pekerjaan, CV juga bisa digunakan untuk keperluan akademis.
Meski bisa didesain secara kreatif dan berwarna, CV tetap harus menyertakan foto formal, gaes. Di bawah foto, bisa berisikan informasi tentang dirimu dalam bentuk deskripsi dan dilengkapi pengalaman bekerja.
CV juga berisikan riwayat akademik, kemampuan yang kamu miliki, pengalaman organisasi, dan kualifikasi diri.

Resume

Apa Bedanya CV, Resume, dan Portofolio? (56969)
com-Ilustrasi seseorang sedang menggunakan laptop Foto: Shutterstock
Berasal dari bahasa Prancis yang artinya meringkas. Resume ini berisikan gambaran singkat mengenai pendidikan yang telah kamu tempuh, pengalaman kerja, dan keterampilan relevan dengan bidang pekerjaan yang dilamar.
ADVERTISEMENT
Berbeda dengan CV, resume umumnya hanya digunakan untuk melamar pekerjaan. Makanya cuma terdiri dari satu halaman, dengan tambahan pas foto formal di pojok kiri, dan tanpa desain macam-macam.

Portofolio

Apa Bedanya CV, Resume, dan Portofolio? (56970)
Ilustrasi dok Tea Oebel Pexels
Portofolio merupakan kumpulan dokumen yang berisikan hasil karya terbaikmu. Biasanya dilampirkan bersama CV atau resume untuk menambah penilaian perusahaan.
Portofolio digunakan untuk melamar pekerjaan dan keperluan akademis yang membutuhkan keterampilan khusus.
Biasanya portofolio ini berwarna dan bisa menggunakan desain yang kreatif. Isinya terdiri dari daftar isi, CV atau resume, serta hasil karya dan penjelasannya. Maka itu portofolio terdiri dari banyak halaman.
Jangan lupa, hasil karya harus sesuai dengan bidang atau posisi yang dilamar, ya. Jadi kalau ingin bekerja sebagai fotografer, tunjukkanlah hasil fotomu selama ini dalam portofolio.
ADVERTISEMENT
Laporan: Afifa Inak