Bikin Nostalgia, Ini 9 Rekomendasi Film Remaja Era 90-an hingga 2000-an

17 September 2022 16:27
·
waktu baca 6 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Ilustrasi menonton TV. Foto: Tero Vesalainen/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi menonton TV. Foto: Tero Vesalainen/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Film-film remaja adalah genre film yang paling banyak diminati oleh anak-anak muda. Sebab, genre film ini memberikan cerita mengenai masa-masa remaja yang relatable dengan kehidupan.
ADVERTISEMENT
Tak hanya film baru-baru ini saja yang menarik untuk ditonton, beberapa film remaja lawas era 90-an pun masih menarik dan patut untuk kamu tonton, lho.
Bukan hanya dari segi ceritanya saja yang berbeda, namun gaya busana khasnya juga menampilkan suasana retro dan terkesan begitu vintage tanpa adanya teknologi masa kini.
Kamu penasaran apa saja film-filmnya? Berikut daftarnya!

The Man in the Moon

Film remaja yang dirilis pada tahun 1991 ini menceritakan tentang kisah hidup gadis berusia 14 tahun bernama Dani (Reese Witherspoon). Sebagai seorang remaja, Dani memiliki rasa ingin tahu dan ketertarikan terhadap "urusan orang dewasa" yang dulu tidak pernah terpikirkan olehnya.
Layaknya remaja lain, Dani juga mulai mencari sosok ideal yang dapat dijadikan contoh untuk ditiru. Bagi Dani, ia ingin menjadi seperti kakaknya Maureen (Emily Warfield) yang terkenal cantik, pandai, dan memikat banyak laki-laki.
ADVERTISEMENT
Kemudian hidupnya berubah ketika seorang remaja laki-laki bernama Court Foster dan keluarganya tinggal di sebelah rumahnya. Hingga Dani jatuh cinta pada Court, namun ia menyadari bahwa cintanya hanya bertepuk sebelah tangan.

Dazed and Confused

Film Dazed and Confused rilis pada tahun 1993 yang ditulis dan disutradarai oleh Richard Linklater. Film yang mengambil latar belakang tahun 1976 itu mengisahkan tentang petulangan para remaja Lee High School di Austin, Texas, yang menghabiskan hari terakhir mereka di sekolah.
Selain itu, mereka juga merayakannya dengan mempermalukan anak-anak yang akan menjadi freshman di sekolah tersebut. Film bergenre komedi ini sudah ditayangkan pada tanggal 24 September 1993 dan menghadirkan berbagai aktor-aktor papan atas di tahun 2000-an.
ADVERTISEMENT
Film ini masuk dalam daftar 10 Film Terbaik versi majalah Sight & Sound dan Majalah Entertainment Weekly.

Clueless

Film yang dirilis pada 1995 ini dibintangi oleh Alicia Silverstone, Paul Rudd, Britanny Murphy, dan Stacey Dash. Clueless menjadi salah satu film terpopuler di era 90-an.
Film ini dimulai dengan cerita Cher Horowitz yang baru menginjak usia remaja. Ia mengalami banyak hal mulai dari masalah sahabat, first love, dan lain-lain. Suatu hari, Cher menyadari bahwa hal baik akan datang padanya jika ia membantu orang.
Saat mengetahui ada murid baru yang terlihat pemalu dan tidak mengerti fashion, Cher langsung mengajaknya berkenalan. Namun, banyak yang bertanya-tanya, apakah Cher membantu murid itu semena-mena karena niat baik atau hanya karena ia ingin terlihat baik?
ADVERTISEMENT

Wish Upon A Star

Film yang sudah ditayangkan pada tahun 1996 ini merupakan film yang bercerita tentang dua anak remaja perempuan kakak-beradik, bernama Alexia dan Hayley Wheaton. Mereka berdua sangat berbeda, di mana kakaknya sangat populer sedangkan adiknya bukanlah apa-apa.
Hingga suatu hari mereka tiba-tiba bertukar satu sama lain setelah adiknya berharap untuk bertukar tubuh dengan kakaknya. Film ini diperankan oleh aktris populer Katherine Heigl dan Danielle Harris sebagai pemeran utamanya.

Pleasantville

Pleasantville adalah sebuah film komedi fantasi Amerika Serikat yang rilis pada tahun 1998 dan disutradarai oleh Gary Ross. Film ini dibintangi oleh Tobey Maguire, Jeff Daniels, Joan Allen, William H. Macy, J. T. Walsh, dan Reese Witherspoon, dengan Don Knotts, Paul Walker, dan Jane Kaczmarek dalam peran pendukung.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Film ini menawarkan sebuah cerita yang unik, tentang bagaimana jika penonton masuk menjadi bagian di drama yang biasa ia tonton di televisi.
Gary Ross sang sutradara berhasil membuat film ini menjadi lebih hidup melalui perubahan-perubahan warna, meskipun endingnya agak aneh dan tidak rasional.
Tobey Maguire cukup baik memerankan David sebagai remaja si penggemar berat drama, Reese Witherspoon meskipun sering lepas namun secara umum masih bisa memainkan karakter Jennifer si remaja atraktif petualang dengan baik.

10 Things I Hate About You

10 Things I Hate About You adalah sebuah film komedi romansa remaja Amerika Serikat tahun 1999 garapan Gil Junger dan diperankan oleh Julia Stiles, Heath Ledger, Joseph Gordon-Levitt, dan Larisa Oleynik.
ADVERTISEMENT
Salah satu film yang menjadi kejayaan era 90-an bagi genre komedi romantis di Hollywood ini menceritakan sebuah kisah percintaan remaja di sekolah, di mana Cameron (Joseph Gordon-Levitt) berusaha mengejar pujaan hatinya.
Bianca (Larisa Oleynik), sayangnya, tidak boleh berpacaran kecuali kakaknya, Kat (Julia Stiles) yang terkenal anti-sosial, juga melakukan hal yang sama. Hal ini mendorong Cameron untuk meminta pertolongan Patrick Verona (Heath Ledger) mendekati Kat, sehingga Bianca mendapat izin untuk berkencan dari ayahnya, Walter (Larry Miller), seorang duda yang cukup kewalahan menghadapi kelakuan kedua putrinya yang sama-sama masih remaja. Situasi menjadi rumit ketika Patrick justru mulai jatuh hati kepada Kat.

The Princess Diaries

Film The Princess Diaries termasuk film favorit remaja perempuan di era 2001, lho! Dibesut oleh Garry Marshall dan diproduseri oleh mendiang penyanyi Whitney Houston, film ini diperankan oleh Julie Andrews, Anne Hathaway, Héctor Elizondo, Heather Matarazzo, Mandy Moore, Caroline Goodall, dan Sandra Oh.
ADVERTISEMENT
Film ini mengisahkan tentang seorang remaja perempuan yang tidak mengetahui bahwa dirinya adalah keturunan bangsawan. Mia Thermopolis (Anne Hatheway) adalah seorang siswi SMA yang tinggal bersama ibunya di San Fransisco.
Di sekolah, Mia tergolong sebagai siswa yang culun, ceroboh, dan kerap kali diejek oleh siswa lainnya. Hingga suatu hari, ia mendapat panggilan telepon dari neneknya yang mengubah seluruh keberlangsungan hidupnya.
Mia terkejut ketika mengetahui bahwa neneknya, Clarisse (Julie Andrews), adalah ratu dari Kerajaan Genovia. Penampilan Mia yang berubah total membuatnya diperlakukan berbeda dari sebelumnya oleh siswa-siswa di sekolah. Kepada sahabatnya, ia meminta merahasiakan kebenaran bahwa ia adalah seorang putri kerajaan.

Mean Girls

Film ini dibintangi oleh Cady Heron yang rilis di tahun 2004. Selain Lindsay, film ini juga menjadi terobosan karier bagi dua aktris, Rachel McAdams dan Amanda Seyfried.
ADVERTISEMENT
Film ini mengisahkan tentang kehidupan remaja dalam lingkungan sekolah. Film tersebut memiliki plot cerita yang ringan tentang siswi baru yaitu Cady Heron yang berusaha untuk beradaptasi di sekolahnya. Ia pun bergabung dengan geng populer the Plastics yang diketuai oleh Regina George.

The Sisterhood of the Travelling Pants

The Sisterhood of the Traveling Pants merupakan film drama komedi yang diadaptasi dari novel berjudul sama karya Ann Brashares. Film yang dirilis pada 2005 ini disutradarai oleh Ken Kwapis.
Film tersebut menceritakan kisah seorang empat sahabat, Lena Kaligaris (Alexis Bledel), Tibby Rollins (Amber Tamblyn), Carmen Lowell (America Ferrera), dan Bridget Vreeland (Blake Lively).
Saat memasuki musim panas, mereka memutuskan untuk menghabiskannya secara terpisah. Lena mengunjungi kakek dan neneknya di Yunani, Bridget pergi ke camp sepak bola di California, Carmen mengunjungi ayahnya di Carolina Selatan, dan Tibby di rumah.
ADVERTISEMENT
Sebelum menjalankan agenda masing-masing, mereka menyempatkan untuk berbelanja. Saat itulah keempat gadis ini menemukan celana jeans yang pas untuk mereka semua. Lena, Bridget, Carmen, dan Tibby pun memutuskan untuk berbagi jeans secara merata selama musim panas. Saat mengenakan celana itu, Lena hampir tenggelam.
Laporan Mutiara Oktaviana
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020