Buzz
·
4 Juni 2021 12:27
·
waktu baca 1 menit

Charoen Pokphand Indonesia Bantu Mahasiswa UNS Belajar Budidaya Ayam Modern

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Charoen Pokphand Indonesia Bantu Mahasiswa UNS Belajar Budidaya Ayam Modern (2734)
Universitas Sebelas Maret Foto: Dok. Facebook UNS
PT. Charoen Pokphand Indonesia. Tbk (CPI) memberikan hibah kandang ayam close house beserta peralatannya, untuk mendukung perkuliahan di Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS).
ADVERTISEMENT
Pemberian ini juga untuk membantu sinergi antara dunia industri dan perguruan tinggi, yang sejalan dengan Merdeka Belajar.
Kandang close house dibangun di Desa Jatikuwung, Kecamatan Gondangrejo, Kabupaten Karanganyar.
Pada Kamis (3/6), dilaksanakan peletakan batu pertama di sana oleh Rektor UNS Jamal Wiwoho dan Sekertaris Jenderal CPI Foundation Andi Magdalena Siadari.

Kandang Close House dari Charoen Pokphand Indonesia untuk Sarana Belajar Mahasiswa

Kandang tersebut akan digunakan sebagai sarana penelitian, pengembangan praktik budidaya ayam, media aplikasi ilmu pengetahuan, serta sebagai gambaran miniatur dunia usaha.
Tim profesional CPI akan mendampingi dan mengajarkan pengetahuan teknis tentang budidaya ayam modern kepada mahasiswa.
Dengan adanya kandang ini, mahasiswa jurusan kuliah Peternakan di FP UNS dapat memasuki fase teknologi yang lebih tinggi. Sehingga diharapkan akan lebih meningkat kemampuannya, dan kualitas lulusannya lebih unggul.
ADVERTISEMENT
“Tidak hanya jurusan Peternakan yang memanfaatkan kandang closed house ini, (karena) terdapat berbagai macam ilmu yang dapat dipelajari. Ilmu Ekonomi, Teknik Sipil, Kelistrikan, dan lainnya," sebut Andi, dari keterangan yang diterima kumparan.
"Diharapkan hasil dari penelitian dapat dirasakan oleh masyarakat umum, dan masyarakat mengetahui bahwa ayam broiler hebat berasal dari Peternakan UNS," tambah Jamal.
Kerja sama tersebut sebenarnya telah ditandatangani sejak 2019 oleh Regional Head CPI Foundation Hartono Ludy, dan Samanhudi selaku Dekan Fakultas Pertanian UNS. Namun karena pandemi COVID-19, maka pembangunan kandang baru terealisasi pada tahun ini.
Selain itu, CPI Foundation juga memberikan beasiswa kepada 20 mahasiswa FP UNS yang telah dimulai sejak 2018.