kumparan
search-gray
Entertainment15 Agustus 2019 14:00

Curahan Hati Iqbaal Mewakili Svmmerdose Terkait Konser LANY

Konten Redaksi kumparan
Iqbaal Ramadhan
Iqbaal Ramadhan di acara 'Hidup Sehat, Yuk!' Foto: Munady Widjaja
Konser LANY, grup musik asal Los Angeles, Amerika Serikat, di Indonesia memang udah berakhir. Namun, sejumlah protes masih dilayangkan kepada pihak promotor dan LANY.
ADVERTISEMENT
Seperti yang udah diberitakan kemarin, LANY dijadwalkan akan melangsungkan konsernya pada 13 dan 14 Agustus, namun karena ada kendala teknis maka penampilan pada 13 Agutsus harus ditunda. Alhasil, pada tanggal 14 Agustus, LANY dijadwalkan akan mengadakan dua kali penampilan, yaitu pada pukul 18.00 dan 21.00 di Tennis Indoor Senayan.
Grup musik Svmmerdose, sebelumnya dijadwalkan akan menjadi opening act dari LANY. Namun, kejanggalan dimulai ketika show pertama, Svmmerdose yang digawangi oleh Iqbaal, Agy, dan Rinrin ini enggak muncul.
Svmmerdose baru muncul pada show kedua, namun lagi-lagi penggemar dibuat bingung karena Rinrin sang vokalis harus tampil sendiri.
Iqbaal pun menuturkan kronologi kejadian lewat Insta Story miliknya. Iqbaal menjelaskan, kalau sempat terjadi diskusi yang alot antara dirinya, sang manager, promotor dan manager LANY.
ADVERTISEMENT
Menurut Iqbaal, pembatalan Svmmerdose pada show pertama (tanggal 13) dilakukan sepihak oleh management LANY yang berujung dengan pembatalan penampilan dari LANY juga.
Hingga pada akhirnya, Svmmerdose hanya dapat memainkan 2 channels (vokal dan gitar). Demi mengusahakan agar bisa tampil full-team, Iqbaal berusaha menjelaskan kepada pihak LANY kalau Svmmerdose memiliki sistem sendiri (routing, mixers, channerls, cables, dan lain-lain) yang enggak akan mengganggu sistem mereka, namun sayang, usaha Iqbaal sia-sia.
Melewati perdebatan panjang, Svmmerdose pun enggak mau melewati kesempatan ini dengan tetap tampil dengan 2 channels demi para fans Svmmerdose.
Dengan menyanggupi untuk tampil hanya 15 menit tanpa soundcheck, namun 5 menit sebelum tampil, Rinrin yang sudah mempersiapkan diri malah harus kembali dibatalkan lagi oleh pihak LANY karena alasan teknis.
Iqbaal Ramadhan dan bandnya Svmmerdose
Svmmerdose. Foto: Munady.
Negosiasi kembali dilakukan dengan menawarkan untuk memakai mixer sendiri untuk show ke-2 yang baru akhirnya disetujui oleh pihak LANY. Pihak LANY pun sempat kaget, karena alat yang dimiliki Svmmerdose lebih baik dari yang mereka gunakan.
ADVERTISEMENT
Rinrin mewakili Svmmerdose hanya diberikan waktu selama 20 menit untuk show ke-2 dengan soundcheck. Pihak LANY pun sempat menjanjikan akan memberikan kompensasi atas tindakan sepihak yang mereka lakukan namun nyatanya kompensasi itu enggak diwujudkan.
Rinrin tetap tampil dan menyanyikan 3 lagu secara akustik, baru kemudian Iqbaal dan Agy naik ke atas panggung untuk memberikan penghormatan kepada penonton dan fans yang kecewa.
Di akhir ceritanya Iqbaal menuliskan "Saya menulis ini sebagai seorang fans dari band ini juga sebagai musisi yang harusnya terlibat mensupport kesuksesan konser tour mereka di Indonesia. Saya gak nyangka kalau ternyata pihak LANY ignorant dengan promotor, band saya, bahkan fans mereka."
Bagaimana tanggapanmu atas kasus LANY dan Svmmerdose ini? Apakah kamu termasuk yang datang menonton konsernya kemarin?
ADVERTISEMENT
Tulisan ini berasal dari redaksi kumparan. Laporkan tulisan
sosmed-whatsapp-white
sosmed-facebook-white
sosmed-twitter-white
sosmed-line-white