Entertainment
·
24 Januari 2020 15:15

Erigo Batalkan Penjualan Jaket Sukajan karena Kasus Plagiarisme Desain

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Erigo Batalkan Penjualan Jaket Sukajan karena Kasus Plagiarisme Desain (94588)
(kiri) jaket sukajan Erigo dan (kanan) ilustrasi karya Nora Potwora dok Twitter @NoraPotwora
Brand lokal, Erigo, lagi menjadi sorotan karena salah satu desainnya yang ternyata menjiplak karya orang lain. Desain untuk koleksi jaket sukajan terbaru itu, sama persis dengan karya dari seniman Polandia, Nora Potwora.
ADVERTISEMENT
Isu ini ramai dibicarakan sejak Potwora mengunggah kesamaan ini di akun Twitter pribadinya, @NoraPotwora. Ia mencuit bahwa Erigo mengambil karyanya tanpa izin, dan beberapa kali mengabaikan komentarnya.
"Menurut Erigo, mengambil karya orang lain tanpa izin adalah cara yang tepat untuk membuat produk baru. Keren, ya? Buatku, sih, enggak. Mereka terus mengabaikan komentarku," cuit dia.
Cuitannya itu langsung mendapat respons ramai dari khalayak. Erigo akhirnya juga menanggapi Potwora, dan mau bertanggung jawab atas kasus plagiarisme ini.
Dalam keterangan resmi yang diunggah Potwora di akun Twitternya, ia mengatakan bahwa Erigo telah membayar kompensasi, membatalkan penjualan jaket sukajan yang menggunakan karya Potwora, dan akan mendonasikan produk yang tersisa kepada yang membutuhkan.
ADVERTISEMENT
Di sisi lain, Erigo meminta maaf dan mengaku salah atas kasus plagiarisme ini. Ia memastikan kejadian tersebut enggak akan terulang lagi.
"Menghargai karya dan desain orang lain sangatlah penting, khususnya di industri ini. Menjiplak karya orang lain enggak bisa ditoleransi," tulisnya dalam keterangan yang diunggah di akun Instagram resmi Erigo, @erigostore.
kumparan telah mencoba menghubungi Erigo dan Nora Potwora, namun belum ada tanggapan.