Entertainment
·
30 Juli 2019 18:32

Gita Gutawa Jadi Super Teacher Quipper dan Mengajar Bahasa Indonesia

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Gita Gutawa Jadi Super Teacher Quipper dan Mengajar Bahasa Indonesia (155325)
Gita Gutawa jadi super teacher Quipper untuk pelajaran Bahasa Indonesia. Dok: Quipper Indonesia
Penggunaan bahasa campur antara Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia kini sudah jadi hal yang umum kita temukan sehari-hari. Bahkan belakangan, sempat muncul fenomena 'Bahasa Jaksel', yaitu kebiasaan menyelipkan istilah atau kalimat Bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari bercampur dengan Bahasa Indonesia di kalangan anak muda.
ADVERTISEMENT
Kecakapan penggunaan Bahasa Inggris dalam keseharian memang bukan hal yang buruk. Tapi sebuah fakta dari Kemendikbud menyebutkan, nilai rata-rata ujian nasional (UN) Bahasa Indonesia tingkat SMA hanya berbeda tipis dari angka standar kelulusan yaitu 55.
Nilai rata-rata UN Bahasa Indonesia 2019 kemarin, dari ranah IPS hanya 59,51, sedangkan dari IPA 69,69. Nampaknya, mata pelajaran Bahasa Indonesia masih dipandang sebelah mata.
Maka dari itu, Quipper sebagai salah satu perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pendidikan, ingin mendorong para pelajar agar lebih memahami Bahasa Indonesia enggak hanyadalam ranah pendidikan, namun juga fungsinya sebagai bahasa ibu.
Di Quipper sendiri, Rata-rata waktu menonton video Bahasa Indonesia masih jauh di bawah mata pelajaran lain seperti Matematika, Fisika dan Bahasa Inggris. Oleh sebab itu, Hanani Faiza selaku perwakilan dan Content Manager Quipper mengajak Gita Gutawa, untuk menjadi Quipper Super Teacher.
ADVERTISEMENT
Gita akan mengajar Bahasa Indonesia agar dapat mengajak pelajar lain melihat fenomena yang terjadi dalam kehidupan, dan kaitannya dengan ilmu pengetahuan yang dipelajari, agar lebih mudah dimengerti.
"Kita melihat Gita ini seorang yang mementingkan pendidikan dan peduli terhadap musik sebagai salah satu pendidikan informal. Visi dan misi kita juga sama, jadi Quipper ingin mengajak Gita untuk berkolaborasi," terang Hanani saat ditemui kumparan, Selasa (30/7) di kawasan Menteng, Jakarta Pusat.
Gita Gutawa, seorang penyanyi dan produser yang juga sempat membintangi beberapa judul film ini diketahui memang sosok yang berprestasi. Gita melanjutkan studi pascasarjananya di London School of Economics and Political Science (LSE), Inggris, dengan beasiswa LPDP, lho.
Kecintaan Gita pada pendidikan, Bahasa Indonesia, serta visi yang sama dengan Quipper membuatnya tertarik untuk bergabung menjadi super teacher, menyusul Tasya Kamila, Febby Rastanty dan Vidi Aldiano.
ADVERTISEMENT
"Dengan mengajar bahasa Indonesia, aku berharap bisa memberikan kontribusi yang positif dan mengedukasi anak muda untuk mencintai dan melestarikan Bahasa Indonesia sebagai identitas bangsa,” ujar Gita.