Untitled Image

Goban Cosmetics Siap Bikin Perempuan Lebih Percaya Diri Saat Memakai Makeup

10 Oktober 2021 15:30
·
waktu baca 4 menit
sosmed-whatsapp-whitecopy-link-circlemore-vertical
Goban Cosmetics Siap Bikin Perempuan Lebih Percaya Diri Saat Memakai Makeup (27577)
searchPerbesar
Founder GOBAN Cosmetics Angel Chyntia dan Riady Kurniawan dok GOBAN Cosmetics
Perkembangan industri kecantikan di Indonesia semakin pesat sejak beberapa tahun belakang. Hal ini terbukti dari banyaknya brand-brand kosmetik lokal yang hadir memenuhi kebutuhan para beauty enthusiast. Salah satu brand lokal yang sukses mencuri perhatian lewat produk-produknya adalah Goban Cosmetics.
ADVERTISEMENT
Goban Cosmetics sendiri didirikan oleh Angel Chyntia dan Riady Kurniawan pada akhir 2016 silam. Sejak didirikan, Goban memiliki pesan khusus agar para perempuan merasa lebih percaya diri saat memakai makeup.
“Karena itu brand-nya kita namai Goban Cosmetics. Goban sendiri adalah akronim dari Gorgeous and Beautiful Angels. Lewat nama itu, kita ingin kasih pesan bahwa gorgeous and beautiful itu bukan sekadar wajah yang cantik, tapi juga harus confident,” ungkap Riady Kurniawan, Co-founder Goban Cosmetics, kepada kumparan.
Sementara itu, ide untuk membuat bisnis di bidang kosmetik bermula ketika Angel yang memiliki passion di bidang makeup pulang dari luar negeri, setelah belajar sebagai seorang makeup artist. Angel sebelumnya pernah sekolah makeup di Korea Selatan dan juga Paris, Prancis. Dari sanalah, ia pun banyak belajar dan mendalami ilmu seputar makeup.
ADVERTISEMENT
“Selama di Indonesia Angel ini sering membeli produk makeup import, sejak itu kita berpikir kenapa tidak membuat brand kecantikan sendiri? Karena kebetulan saya juga memiliki pengalaman di bidang produksi dan perizinan, sementara Angel punya passion di bidang makeup, jadi akhirnya kita mulailah bangun bisnis tersebut,” lanjut Riady.
Saat pertama kali mendirikan Goban, Riady dan Angel kabarnya telah memantapkan diri bahwa bisnisnya ini lebih fokus memproduksi makeup, ketimbang produk kecantikan lain seperti skin care. Alasannya, karena mereka percaya bahwa produk makeup lebih cepat dirilis dibanding skin care yang membutuhkan riset mendalam untuk diproduksi.
Selain itu, Riady dan Angel juga percaya bahwa bahwa lewat produk makeup, mereka bisa memberikan dampak nyata kepada masyarakat khususnya para perempuan di Indonesia.
ADVERTISEMENT
“Kita ingin kasih direct impact kepada masyarakat khususnya perempuan, di mana lewat brand ini mereka lebih confident, strong, berani untuk bersuara, dan bisa meng-influence orang-orang di sekitarnya. Jadi sebenarnya itu alasan kenapa kita mau fokusnya ke makeup,” tambahnya.

Goban Cosmetics gunakan pendekatan strategi lewat komunitas

Goban Cosmetics Siap Bikin Perempuan Lebih Percaya Diri Saat Memakai Makeup (27578)
searchPerbesar
Goban Cosmetics dok Goban Cosmetics
Dalam memasarkan produknya, Goban menggunakan berbagai platform online; seperti website, hingga marketplace. Selain itu, mereka juga menggunakan pendekatan strategi lewat komunitas.
“Jadi strategi kita itu dengan build community dan lebih engage ke customer. Kita fokus di situ, karena kita percaya bahwa harus ada kedekatan antara brand dan customer. Baik itu dalam menjaring customer baru, maupun me-maintain customer lama. Jadi, itulah kira-kira yang membedakan Goban dengan brand indie lain,” tegas Riady.
ADVERTISEMENT
Hingga kini, Goban Cosmetics telah merilis sekitar 33 produk, dari jenis makeup seperti concealer, powder, blush on, bronzer, eyeliner, lip gloss, lip tint, hingga lip cream. Selain itu, Goban juga pernah merilis produk kolaborasi bersama Sanrio lewat koleksi bertema Gudetama dan Hello Kitty. Menurut Riady, sebagian besar dari produk itu diproduksi di Indonesia, namun ada juga yang import dari luar.
“Ada beberapa produk kita itu yang import, contohnya eyeliner. Kenapa harus import? Karena sulit untuk mendapatkannya di sini. Jadi sebenarnya kendala utamanya itu karena packaging, dan packaging kan kebanyakan dari luar. Nah, karena packaging dari luar jadi biasanya harus diisi langsung dari sana,” papar Riady.
Meski baru merilis 33 produk makeup, namun Goban mampu menjual produk hingga 7 hingga 8 ribu makeup per bulan, dengan range harga mulai dari Rp 99 hingga 130 ribu.
ADVERTISEMENT
“Sebelum pandemi COVID-19 itu kita sebulan bisa 7 - 8 ribu produk, tapi karena COVID-19 mungkin sekitar 4 - 5 ribu produk. Turunnya hampir 40 persen saat lagi COVID-19,” terangnya.
Ke depannya, Riady dan Angel berharap bahwa Goban bisa terus berkembang bahkan menjadi salah satu international brand yang diakui oleh dunia. “Kita memiliki mimpi bahwa Goban bisa menjadi international brand, sehingga bisa menjadi kebanggaan tersendiri bagi Indonesia,” tutup Riady Kurniawan.
Goban Cosmetics Siap Bikin Perempuan Lebih Percaya Diri Saat Memakai Makeup (27579)
searchPerbesar
GOBAN Cosmetics Finalis UMKM Kecantikan Terbaik Local Brand Editor's Choice 2021 dok kumparan