Buzz
·
18 Februari 2021 9:00

Hobi Streaming Film? Ini Tips agar Nonton Lancar Tanpa Buffering

Konten ini diproduksi oleh kumparan
Hobi Streaming Film? Ini Tips agar Nonton Lancar Tanpa Buffering (10984)
searchPerbesar
Ilustrasi streaming film. Foto: Shutterstock
Menonton film di layanan streaming berbayar kini jadi hobi baru bagi banyak orang. Apakah kamu salah satunya?
Selain bisa mengusir rasa bosan saat di rumah aja, kita bebas memilih genre film setiap saat. Hari ini mau nonton film action bisa, besok mau nonton drama romantis juga boleh! Apalagi, harganya cenderung lebih terjangkau daripada saat kita nonton di bioskop.
Sayangnya, buffering kerap kali jadi masalah saat kita sedang asyik menonton. Salah satu penyebabnya tentu saja jaringan internet. Namun, tak perlu khawatir. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi buffering. Apa saja?

1. Bersihkan cache aplikasi

Hobi Streaming Film? Ini Tips agar Nonton Lancar Tanpa Buffering (10985)
searchPerbesar
Cache dapat memakan ruang penyimpanan perangkat smartphone, sehingga memengaruhi performa aplikasi untuk streaming film. Foto: Shutterstock
Keberadaan cache sejatinya bisa meningkatkan kinerja aplikasi, sehingga kita bisa lebih cepat membukanya. Namun, jika dibiarkan menumpuk, cache akan memakan ruang penyimpanan perangkat smartphone.
Tak hanya membuat ponsel jadi lebih lemot, tidak menghapus cache secara berkala juga dapat memengaruhi performa aplikasi untuk menonton film secara streaming. Oleh sebab itu, jangan lupa rutin membersihkan cache minimal satu bulan sekali agar kendala buffering bisa diminimalisir. Kamu bisa menghapusnya melalui aplikasi manajemen data yang disediakan secara resmi di handphone kamu.

2. Pilih provider yang tepat

Hobi Streaming Film? Ini Tips agar Nonton Lancar Tanpa Buffering (10986)
searchPerbesar
Salah satu provider yang bisa kamu gunakan adalah Indosat Ooredoo. Foto: Shutterstock
Satu hal yang perlu diingat agar tidak buffering selama streaming adalah menggunakan provider yang tepat. Pilih provider yang sudah mendukung jaringan 4G di wilayahmu. Salah satu provider yang bisa kamu gunakan adalah Indosat Ooredoo.
Dinobatkan sebagai Global Rising Star untuk Video Experience dalam Global Mobile Network Experience Awards 2020, Indosat Ooredoo konsisten melakukan peningkatan jaringan yang signifikan dengan pencapaian pengalaman jaringan berkualitas video (video grade network), perluasan jangkauan, peningkatan kapasitas 'end-to-end', perjalanan transformasi digital, serta penggelaran jaringan di wilayah terpencil untuk memenuhi kebutuhan digital.
Tidak heran jika peningkatan skor Video Experience Indosat Ooredoo mencapai 55,8 persen, pencapaian yang mengesankan dibandingkan rata-rata global sebesar 14,4 persen.
Indosat Ooredoo juga ditempatkan sebagai Global Rising Star untuk Download Speed Experience yang menunjukkan rata-rata kecepatan unduh yang dialami oleh pengguna di seluruh jaringan data seluler operator dan diukur dalam satuan Mbps. Hasilnya, Indosat Ooredoo menoreh angka sebesar 101,8 persen dibandingkan rata-rata global yang hanya 22,1 persen. Hal ini membuat Indosat Ooredoo menjadi salah satu dari tiga operator global yang menggandakan pengalaman kecepatan unduh mereka.
Tak hanya itu, untuk Upload Speed Experience, Indosat Ooredoo mencapai peningkatan sebesar 88,3 persen dibandingkan rata-rata global 27,4 persen. Dengan prestasi ini, kamu tak perlu khawatir lagi akan buffering saat sedang streaming film.
Di tahun 2021, Indosat Ooredoo akan melanjutkan peningkatan dan perluasan jaringan dengan fokus pada 4G/LTE dan video grade network untuk memberikan layanan internet yang semakin baik kepada pelanggan. Sehingga, kamu bisa lebih nyaman berselancar di internet.

3. Hapus aplikasi yang tidak terpakai

Hobi Streaming Film? Ini Tips agar Nonton Lancar Tanpa Buffering (10987)
searchPerbesar
Mengunduh banyak aplikasi ternyata memengaruhi kualitas jaringan internet. Foto: Shutterstock
Mengunduh banyak aplikasi ternyata memengaruhi kualitas jaringan internet. Sebab, data internet tetap tersedot meski aplikasi tidak digunakan. Akibatnya, terdapat banyak aplikasi berjalan otomatis di background system.
Hal tersebut lantas memperlambat koneksi internet saat kamu streaming film. Bukan tanpa alasan, aplikasi-aplikasi yang berjalan otomatis harus berbagi bandwith yang sama.

4. Sesuaikan kualitas video tontonan

Hobi Streaming Film? Ini Tips agar Nonton Lancar Tanpa Buffering (10988)
searchPerbesar
Makin rendah kualitasnya, masalah buffering makin cepat teratasi. Foto: Shutterstock
Layanan streaming film mempunyai fitur untuk menghemat data internet atau mengurangi kualitas streaming yang disajikan. Ya, makin rendah kualitasnya, masalah buffering makin cepat teratasi.
Kamu bisa menetapkan pengaturan kualitas rendah di setiap layanan streaming film, misalnya 240p atau 480p. Jika buffering sudah teratasi, kamu bisa kembali meningkatkan kualitas video menjadi 720p atau 1080p agar gambar yang disajikan bisa lebih jernih.
Artikel ini merupakan bentuk kerja sama dengan Indosat Ooredoo