Ini Bedanya IELTS Akademik dan TOEFL

16 November 2022 8:53
·
waktu baca 5 menit
sosmed-whatsapp-white
copy-link-circle
more-vertical
Ilustrasi toefl. Foto: Keisuke_N/Shutterstock
zoom-in-whitePerbesar
Ilustrasi toefl. Foto: Keisuke_N/Shutterstock
ADVERTISEMENT
Jika kamu ingin kuliah ke luar negeri, maka kamu harus mengikuti test untuk memastikan bahwa kamu memiliki tingkat Bahasa Inggris yang diperlukan dan bisa terlibat aktif dalam perkuliahan, kedua test itu dinamakan dengan IELTS dan TOEFL.
ADVERTISEMENT
Di mana IELTS adalah singkatan dari International English Language Testing System, sementara TOEFL adalah singkatan dari Testing of English as Foreign Language.
Walaupun kedua tes tersebut sama-sama untuk menguji kemampuan bahasa inggrismu, tetapi keduanya sangat berbeda, lho, dalam hal struktur maupun jenis pertanyaannya.
Lalu, apa perbedaannya, ya? Simak selengkapnya berikut ini.

Jenis pertanyaan test yang berbeda

IELTS memiliki berbagai jenis pertanyaan. Pertanyaan campuran ini akan muncul dalam tes listening dan reading, seperti pilihan ganda, matching, rencana, peta, pelabelan diagram, formulir, catatan, tabel, diagram alur, penyelesaian ringkasan, penyelesaian kalimat, ringkasan selesai, soal jawaban singkat, Benar/Salah/Tidak Diberikan, Ya/Tidak/Tidak Diberikan
Waktumu akan dibatasi selama 60 menit untuk menyelesaikan seluruh soal. Dalam reading section akan disajikan beberapa potongan teks panjang dan beberapa bentuk soal dari reading section.
ADVERTISEMENT
Bentuk pertama adalah pilihan ganda atau multiple choice. Seperti soal pilihan ganda pada umumnya, kamu hanya perlu memilih satu jawaban yang menurutmu benar. Tapi, ada juga soal yang memintamu untuk memberikan dua jawaban.
Bentuk kedua yakni identifying information atau mengidentifikasi informasi. Pada bagian ini, kamu harus memilih TRUE/FALSE/NOT GIVEN, berdasarkan teks yang disajikan. Bentuk ketiga ialah mencocokkan ide gagasan atau matching headings. Kamu akan diminta untuk menentukan ide pokok yang tepat dari setiap paragraf yang ada dalam teks.
Selanjutnya, terdapat bentuk soal sentence completion atau melengkapi kalimat. Jadi, kamu harus mencari kata yang tepat untuk melengkapi titik-titik yang kosong. Begitupun dengan bentuk soal kelima yang mengharuskan kamu mengisi kekosongan pada tabel atau paragraf.
ADVERTISEMENT
Selama mengerjakan soal reading, penting bagimu untuk memperhatikan soal dan perintah. Jangan sampai salah menjawab hanya karena kamu tidak membaca perintah dengan cermat.
Sedangkan TOEFL iBT hanya terdiri dari pertanyaan pilihan ganda, di mana kamu hanya akan memilih dan menjawab dari opsi, A, B, C atau D.

Bagian Listening IELTS vs TOEFL

Mitos yang umum adalah bahwa IELTS adalah bahasa Inggris (Inggris) dan TOEFL adalah bahasa Inggris (AS), tetapi kenyataannya adalah bahwa kedua tes memiliki berbagai aksen bahasa Inggris: aksen Amerika Utara, Inggris, Australia, dan Selandia Baru.
Jika tes IELTS, kamu akan mendengarkan rekaman dan menjawab pertanyaan sambil jalan, ada empat bagian dalam tes Listening IELTS, dengan masing-masing sepuluh pertanyaan.
ADVERTISEMENT
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Bagian 1 dan 2 dalam konteks bahasa Inggris umum. Bagian 3 dan 4 berada dalam konteks akademis. Bagian 1 dan 3 melibatkan lebih dari satu pembicara sedangkan untuk Bagian 2 dan 4 adalah monolog (hanya satu orang yang berbicara).
Kemudian, jika bagian listening TOEFL akan membuat kamu mendengarkan dan mencatat kuliah dari kelas universitas atau cuplikan percakapan di kampus. Setelah itu, kamu akan menggunakan catatan untuk menjawab pertanyaan pilihan ganda.
Tes terdiri dari: 3 hingga 4 kuliah dengan masing-masing enam pertanyaan, 2 hingga 3 percakapan dengan dua pembicara dengan lima pertanyaan per percakapan.

IELTS vs TOEFL – Reading

Ada tiga bagian (teks) dalam tes IELTS Academic Reading dengan total sekitar 2.750 kata. Bagian satu dan dua masing-masing memiliki tiga belas pertanyaan.
ADVERTISEMENT
Bagian tiga memiliki empat belas pertanyaan. Ingatlah bahwa pertanyaan-pertanyaan ini akan mencakup berbagai jenis pertanyaan. Teks bacaan berasal dari buku, jurnal, majalah, surat kabar atau website. Kamu tidak diharapkan untuk mengetahui materi pelajaran dengan baik. Kamu dapat menjawab pertanyaan berdasarkan isi teks.
TOEFL iBT memiliki tiga atau empat bagian bacaan dengan total 700 kata masing-masing. Setiap bagian memiliki sepuluh pertanyaan pilihan ganda. Seperti halnya IELTS, kamu tidak diharapkan untuk mengetahui materi pelajaran dan akan dapat menjawab pertanyaan berdasarkan konten.

IELTS vs TOEFL – Writing

Ada dua tugas dalam tes IELTS dan TOEFL Writing. Tugas salah satu tes IELTS Academic Writing memiliki informasi yang disajikan dalam grafik, bagan, tabel atau diagram. Kamu memiliki waktu 20 menit untuk menyelesaikan tugas dan menulis minimal 150 kata.
ADVERTISEMENT
Dalam tugas dua kamu memiliki 40 menit untuk menulis minimal 250 kata untuk menjawab pertanyaan diskusi. Tugas dua bernilai dua kali lipat nilai tugas satu. Jika kamu mengikuti tes IELTS berbasis kertas, kedua tugas harus ditulis tangan.
Tugas TOEFL iBT satu sangat berbeda. Tugas ini terintegrasi dengan membaca dan mendengarkan. Kamu harus membaca bagian pendek dan mendengarkan ceramah singkat. Kemudian kamu harus menulis tanggapan berdasarkan apa yang telah kamu baca dan dengarkan. Tugas dua adalah menulis esai berdasarkan pengalaman atau pendapat pribadi tentang topik tertentu. Kamu memiliki total 50 menit untuk tes menulis.

IELTS vs TOEFL – Speaking

TOEFL yang sepenuhnya berbasis komputer berarti kamu tidak perlu berinteraksi dengan manusia yang sebenarnya. Sedangkan, untuk tes berbicara IELTS dilakukan secara tatap muka dengan penguji, yang dapat membuat gugup bagi sebagian orang.
ADVERTISEMENT

Skor IELTS vs TOEFL

Untuk IELTS kamu akan diberi skor band antara 0-9 untuk setiap keterampilan dan kemudian kamu diberi skor band keseluruhan. Kamu dapat menemukan informasi lebih lanjut tentang band-band ini dan deskriptornya di situs web IELTS.
Kemudian, jika dalam TOEFL iBT kamu akan diberikan rentang skor 0 hingga 30 untuk setiap keterampilan. Kamu dapat menemukan rincian skor TOEFL iBT yang lebih detail untuk setiap keterampilan dan artinya di situs web ETS.

Biaya Tes

Biaya yang harus dikeluarkan di Indonesia untuk mengambil tes TOEFL adalah Rp 3.382.000. Untuk IELTS Academic, biayanya adalah Rp 3 juta.
Laporan Mutiara Oktaviana
Baca Lainnya
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
·
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020
Sedang memuat...
S
Sedang memuat...
comment0 01 April 2020